x

Tontowi Ahmad Pensiun, Ini Deretan Mantan yang Tak Terlupakan

Senin, 18 Mei 2020 12:54 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
Resmi memutuskan pensiun, berikut deretan mantan partner Tontowi Ahmad yang pernah memberikan gelar juara.

FOOTBALL265.COM - Resmi memutuskan pensiun, berikut deretan mantan partner Tontowi Ahmad di ganda campuran yang pernah memberikan gelar juara badminton. Siapa sajakah mereka?

Kabar bakal pensiunnya Tontowi Ahmad sendiri memang telah terdengar sejak beberapa waktu lalu, di mana ia sudah menyampaikan keinginan berhenti kepada pelatih ganda campuran PBSI, Richard Mainaky. 

Namun pada Senin (18/05/20), pebulutangkis Tontowi Ahmad akhirnya secara resmi mengumumkan keputusan mundur dari dunia yang telah membesarkan namanya itu.

Baca Juga
Baca Juga

"Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk sesuatu yang saya tekuni lebih dari setengah umur saya, yang membuat hidupku menjadi lebih berwarna," tulis Tontowi Ahmad di laman media sosialnya.

"Kadang susah, kadang senang tapi saya bangga dengan apa yang sudah saya capai, di mana saya bisa meraih puncak prestasi yang saya dan orangtua juga keluarga harapkan," tambahnya.

Selama aktif sebagai pemain, Tontowi Ahmad memang dikenal sebagai salah satu pasangan ganda campuran yang paling disegani dunia, tidak heran jika beberapa gelar bergengsi BWF sukses ia menangkan.

Meski namanya melambung tinggi setelah berpasangan dengan Liliyana Natsir, namun selain itu ada beberapa pebulutangkis putri lain yang juga sempat memberikan kejayaan bersama Tontowi Ahmad.

Lantas siapa sajakah mantan partner Tontowi Ahmad yang pernah memberikan gelar juara tersebut? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta menulisnya.

Shendy Puspa Irawati
Bersama Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad memang berhasil mencapai puncak kejayaan di dunia badminton. Terbukti beberapa gelar juara mulai dari All England, medali emas Olimpiade hingga Kejuaraan Dunia pernah ia menangkan.

Namun pada tahun 2008 lalu, Tontowi Ahmad pernah dipasangkan dengan Shendy Puspa Irawati. Tak hanya itu, bahkan pada tahun itu pula, Tontowi bersama Shendy sukses meraih gelar Vietnam Open 2008.

Sayangnya, waktu bermain mereka tidak begitu lama, sebab di tahun berikutnya, Tontowi Ahmad sudah kembali berganti pasangan. 

Setelah tak lagi berpasangan dengan Tontowi, Shendy sempat berpasangan dengan Fran Kurniawan dan mencapai ranking tertinggi di ranking 9 dunia.

Yulianti
Pada tahun 2006, Tontowi Ahmad juga sempat berpasangan dengan Yulianti dan berhasil meraih beberapa gelar juara di ajang BWF International Challenge dan BWF Grand Prix.

Bahkan mungkin bisa dibilang jika Yulianti merupakan pasangan ganda campuran yang paling sering membawa Tontowi naik podium setelah Liliyana Natsir.

Total ada enam kali partai final yang dimainkan Tontowi dan Yulianti, dengan tiga diantaranya berhasil menjadi juara yakni di ajang Vietnam Open, Indonesia International dan Smiling Fish International pada tahun 2007.

Baca Juga
Baca Juga

Richi Puspita Dili
Terakhir ada Richi Puspita Dili yang menjadi tandem Tontowi pada tahun 2009. Bersama dengan Richi, ia juga berhasil menorehkan prestasi dengan meraih gelar juara di Vietnam International Challenge.

Mereka meraih gelar juara usai mengalahkan rekan senegara, Fran Kurniawan/Pia Zebadiah di partai final. Tahun 2016, Richi masih aktif sebagai pebulutangkis dan sempat memenangkan beberapa turnamen internasional dengan Riky Widianto.

Tetapi saat ini, Richi sudah memilih hiatus dari dunia bulutangkis dan lebih fokus pada keluarga kecilnya bersama dengan Ahmad Hendro.

Tontowi AhmadTontowi Ahmad/Liliyana NatsirBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini