x

Sanggupkah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin Jadi The Next Kevin/Marcus?

Kamis, 25 Juni 2020 15:53 WIB
Editor: Coro Mountana
Pasangan ganda putra, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

FOOTBALL265.COM – Mencari The Next Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, sanggupkah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menggantikan ganda putra andalan Indonesia itu?

Sektor ganda putra selama ini selalu menjadi andalan bulutangkis Indonesia untuk meraih kesuksesan. Maklum saja di sektor ini, Indonesia sampai memiliki 3 pasangan yang memiliki kualitas tingkat dunia dan sanggup meraih sejumlah gelar bergengsi.

Mulai dari Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, hingga Fajar Alfian/Rian Ardianto, adalah 3 pasangan ganda putra terbaik yang dimiliki bulutangkis Indonesia saat ini. Akan tetapi kita tentu tak boleh terbuai karena masa dari 3 pasangan itu tentu tak akan abadi.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan kata lain, mencari penerus dari ketiga pasangan emas ganda putra Indonesia menjadi PR bagi PBSI agar regenerasi bisa terus berjalan. Utamanya untuk pasangan Kevin/Marcus yang saat ini tengah menjadi ganda putra terbaik di tingkat dunia.

Mencari The Next Kevin/Marcus secepat mungkin agar ganda putra Indonesia tetap berada di puncak dunia. Sejatinya dengan adanya turnamen Mola TV PBSI Home Tournament yang sedang berlangsung saat ini, kita bisa melihat siapa saja calon atau bibit The Next Kevin/Marcus.

Atau bahkan sebelum turnamen di Pelatnas Cipayung itu digelar, kita sudah bisa memprediksi siapa yang berhak menyandang status The Next Kevin/Marcus. Jika berbicara peforma sejak tahun lalu, maka namanya akan mengerucut pada Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Baca Juga
Baca Juga

Pertanyaannya kini, sanggupkah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menggantikan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon pada masa depan? Berikut kami jabarkan analisisnya hanya untuk anda.


1. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, The Next Kevin/Marcus

Pasangan ganda putra, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Sepanjang tahun 2019, peforma Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin memang banyak mengundang decak kagum hingga akhirnya dinobatkan sebagai pemain muda terbaik. Akibatnya, banyak pengamat yang mulai memprediksi kalau pasangan ini bisa jadi penerus Kevin/Marcus.

Prediksi itupun agaknya tidaklah berlebihan karena memang sepanjang tahun 2019, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin sukses menggondol sejumlah prestasi bergengsi. Mulai dari juara di ajang Asia Junior Championship 2019 hingga World Junior Championship 2019.

Di Asia Junior Championship 2019, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin sukses mengalahkan rival terberatnya di babak final asal China, Di Zijian/Wang Chang. Di partai final itu, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menang 21-9, 15-21, dan 21-19.

Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin

Di ajang World Junior Championship 2019, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin kembali ditantang wakil China itu pada babak final. Tak perlu sampai memainkan rubber game, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin keluar sebagai juara usai menang 21-19, 21-18.

Tak hanya menjuarai Asia Junior Championship dan World Junior Championship, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga berhasil memenangkan sejumlah gelar bergengsi lain. Seperti India Junior Grand Prix 2018, Bangladesh IC 2019, Turkey 2018 IC, hingga Malaysia Junior IC 2019.

Berbekal pencapaian peforma menakjubkan itu, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin pun sempat masuk dalam nominasi Eddy Choong Most Promising Player of the Year 2019. Penghargaan itu sendiri merupakan bentuk apresiasi BWF terhadap pebulutangkis muda.

Semakin menarik, karena Daniel Marthin ternyata kerap disandingkan dengan Kevin Sanjaya berkat gaya permainan yang sangat tengil. Meski begitu, Daniel Marthin mengaku kalau sebenarnya ia lebih suka disandingkan dengan Hendra Setiawan.

“Saya enggak tengil, sebenarnya main biasa saja. Saya masih jauh dari Kevin, ya enggak jauh-jauh banget sih,” sebut Daniel sembari tertawa saat ditemui INDOSPORT, Rabu (20/11/19).

Daniel Marthin kerap kali disebut sebagai the next Kevin Sanjaya karena ulah tengilnya di lapangan.

Kesempatan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin pun untuk menjadi generasi penerus Kevin Sanjaya/Marcus Gideon terbilang besar. Soalnya Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga dilatih pelatih yang sama dengan Kevin/Marcus yaitu Herry IP dan Aryono Miranat.

Ibaratkan cetakan kue, Herry IP tinggal memoles Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin untuk mengambil tongkat estafet yang cepat atau lambat bakal ditinggalkan Kevin/Marcus.

Apalagi dengan adanya turnamen Mola TV PBSI Home Tournament, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin bisa belajar banyak dari seniornya. Meski Leo Carnando yang berpasangan dengan Mohammad Ahsan dan Daniel Marthin yang berduet dengan Rian Ardianto berada di papan bawah dalam turnamen itu.

Akan tetapi, pengalaman bermain sebagai senior yang seharusnya dipetik pelajarannya oleh Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Berbekal prestasi di level junior, bimbingan pelatih bertangan dingin dan senior, serta konsisten untuk menjaga sikap baik itu di dalam atau luar lapangan, niscaya Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin bisa menjadi The Next Kevin/Marcus.

Kevin SanjayaFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoMohammad Ahsan/Hendra SetiawanKevin Sanjaya/Marcus GideonHerry IPIn Depth SportsFeatureBulutangkisLeo Rolly CarnandoDaniel MarthinLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinMola TV PBSI Home Tournament

Berita Terkini