x

Putuskan Mundur dari Prancis Terbuka Usai Huru-hara Media, Ini Kata Naomi Osaka

Selasa, 1 Juni 2021 12:52 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Petenis Naomi Osaka memutuskan mundur dari Prancis Terbuka setelah huru-hara perihal keengganananya berbicara dengan media usai pertandingan.

FOOTBALL265.COM - Petenis Naomi Osaka tampaknya tidak mau terlalu banyak membuang waktu soal keputusannya tidak berbicara ke media usai pertandingan. Atlet Jepang itu memutuskan mundur dari Prancis Terbuka 2021.

Pada Rabu (26/05/21), Naomi Osaka mengumumkan melalui media sosial miliknya kalau dirinya tidak akan menghadiri wawancara media wajib di Roland Garros, karena alasan kesehatan mental.

Baca Juga
Baca Juga

Naomi Osaka membuktikan pernyataannya dengan tidak melakukan konferensi pers usai pertandingan kontra petenis Rumania, Patricia Maria Tig, di putaran pertama French Open 2021. Petenis Jepang itu pun didenda 15 ribu dolar AS atau setara Rp214,1 juta.

Pihak Roland Garros kabarnya sudah meminta Naomi Osaka untuk mempertimbangkan keputusannya, tetapi mereka gagal meyakinkan wakil Jepang, bahkan untuk mengecek kesehatannya dan memahami secara spesifik apa yang menjadi masalahnya.

"Kami telah menasihati Naomi Osaka bahwa jika dia terus mengabaikan kewajiban medianya selama turnamen, dia akan mengekspos dirinya sendiri untuk kemungkinan konsekuensi pelanggaran Kode Etik lebih lanjut," kata pihak penyelenggara French Open 2021 dalam sebuah pernyataan resmi seperti dilansir dari Sky Sports.

"Seperti yang diharapkan, pelanggaran berulang akan menarik sanksi yang lebih keras termasuk default dari turnamen (Kode Etik artikel III T.) dan pemicu investigasi pelanggaran besar yang dapat mengakibatkan denda yang lebih besar dan penangguhan Grand Slam di masa mendatang (artikel Kode Etik) IV A.3.)," ujarnya melanjutkan.

Baca Juga
Baca Juga

Tak ingin berlarut-larut pada masalah media, Naomi Osaka pun mengambil keputusan tegas. Keputusan yang diambil peraih 4 gelar Grand Slam itu adalah mundur dari kompetisi Prancis Terbuka 2021.

Setelah memutuskan mundur dari French Open 2021, petenis Jepang itu pun membuat sebuah pernyataan lengkap yang dipostingnya di akun media sosial miliknya pada Juni (01/06/21).


1. Pernyataan Lengkap Naomi Osaka

Petenis Naomi Osaka memutuskan mundur dari Prancis Terbuka 2021.

"Halo semuanya, ini bukan situasi yang pernah saya bayangkan atau maksudkan ketika saya memposting beberapa hari yang lalu. Saya pikir sekarang hal terbaik untuk turnamen, para pemain lain dan kesejahteraan saya adalah saya mundur sehingga semua orang dapat kembali fokus pada tenis yang terjadi di Paris.

Saya tidak pernah ingin menjadi gangguan dan saya menerima bahwa waktu saya tidak ideal dan pesan saya bisa lebih jelas. Lebih penting lagi, saya tidak akan pernah meremehkan kesehatan mental atau menggunakan istilah itu dengan enteng.

Yang benar adalah bahwa saya telah lama menderita depresi sejak AS Terbuka pada 2018 dan saya mengalami kesulitan untuk mengatasinya.

Siapa pun yang mengenal saya tahu saya introvert, dan siapa pun yang pernah melihat saya di turnamen akan memperhatikan bahwa saya sering memakai headphone karena itu membantu mengurangi kecemasan sosial saya.

Meskipun pers tenis selalu baik kepada saya (dan saya ingin meminta maaf terutama kepada semua jurnalis keren yang mungkin telah saya sakiti),

Saya bukan pembicara publik yang alami dan mendapatkan gelombang kecemasan yang besar sebelum saya berbicara kepada media dunia.

Saya benar-benar gugup dan stres karena selalu berusaha terlibat dan memberi Anda jawaban terbaik yang saya bisa.

Jadi di sini, di Paris, saya sudah merasa rentan dan cemas, jadi saya pikir lebih baik melatih perawatan diri dan melewatkan konferensi pers.

Saya mengumumkannya terlebih dahulu karena saya merasa peraturannya agak ketinggalan jaman di beberapa bagian dan saya ingin menyoroti itu.

Saya menulis secara pribadi ke turnamen meminta maaf dan mengatakan bahwa saya akan sangat senang untuk berbicara dengan mereka setelah turnamen karena Slam intens.

Saya akan mengambil beberapa waktu di luar lapangan sekarang, tetapi ketika waktunya tepat saya benar-benar ingin bekerja dengan Tur untuk membahas cara-cara agar kami dapat membuat segalanya lebih baik bagi para pemain, pers, dan penggemar," tulis Naomi Osaka dalam sebuah pernyataan lengkap.

Keputusan petenis Jepang mundur dari Prancis Terbuka 2021, membuat Naomi Osaka harus lebih bersabar lagi untuk mengakhiri rekor buruknya di Roland Garros yang belum pernah mencapai semifinal.

JepangPrancis TerbukaNaomi OsakaTenisBerita OlahragaBerita SportBerita Tenis

Berita Terkini