x

Panitia Prancis Terbuka Tanggapi Mundurnya Naomi Osaka dari Turnamen

Selasa, 1 Juni 2021 23:19 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Naomi Osaka di salah satu turnamen tenis Spanyol, Februari 2020.

FOOTBALL265.COM – Panitia penyelenggara Prancis Terbuka, menanggapi keputusan petenis asal Jepang, Naomi Osaka, mundur dari turnamen Grand Slam di Roland Garros tersebut.

Ketua Federasi Tenis Prancis, Gilles Moretton, merilis pernyataan resmi pada hari Selasa (01/06/21), menyusul keputusan mundur Naomi Osaka setelah membuat huru-hara di media karena menolak konferensi pers jelang pertandingan.

Baca Juga
Baca Juga

Moretton mengatakan bahwa pihak Roland Garros sangat menyesal dan sedih atas keputusan petenis berusia 23 tahun tersebut. Sebab, Osaka sendiri sejatinya sudah mengamankan babak kedua sebelum mundur.

“Pertama, kami turut berduka cita dan sedih untuk Naomi Osaka. Hasil dari mundurnya Naomi dari Prancis Terbuka ini sangat disayangkan,” kata Moretton dalam pernyataan tertulis, yang dilansir dari Tenniswoldusa.com

“Kami mencoakan yang terbaik dan pemulihan secepat mungkin, dan kami menantikan Naomi di turnamen kami tahun depan,” lanjut Moretton.

“Seperti semua Grand Slam, WTA, ATP, dan ITF, kami tetap sangat berkomitmen untuk semua kesejahteraan atlet dan untuk terus meningkatkan setiap aspek pengalaman pemain di turnamen kami, termasuk dengan media, seperti yang selalu kami upayakan.”

Naomi Osaka diketahui memutuskan mundur dari kompetisi French Open 2021. Melalui akun media sosialnya, Osaka menjelaskan soal keputusannya tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya pikir sekarang hal terbaik untuk turnamen, para pemain lain dan kesejahteraan saya adalah saya mundur sehingga semua orang bisa kembali fokus pada tenis yang sedang berlangsung di Paris," tulis Naomi Osaka pada pernyataan resminya itu.

"Saya tidak pernah ingin menjadi pengalih perhatian dan saya menerima bahwa waktu saya tidak ideal dan pesan saya bisa lebih jelas. Lebih penting lagi, saya tidak akan pernah meremehkan kesehatan mental atau menggunakan istilah itu dengan enteng," katanya.


1. Naomi Osaka dan Denda Tak Lakukan Konferensi Pers

Naomi Osaka di turnamen tenis di China.

Keputusannya mundur dari Prancis Terbuka ini sendiri berkaitan dengan keputusan yang dia ambil beberapa hari sebelumnya soal dirinya enggan melakukan wawancara usai pertandingan di Roland Garros.

Hal ini memang dibuktikan dengan Naomi Osaka tidak bersedia diwawancarai media usai memenangkan pertandingan putaran pertama melawan petensi Rumania, Patricia Maria Tig, secara dua set langsung 6-4,7(7)-6(4).

Atas keputusannya ini, pihak Roland Garros menjatuhkan denda sebesar 15 ribu dolar AS (Rp214,1 juta) kepadanya. Namun Osaka, dalam pernyataannya mengatakan dendanya itu diharapkan bisa digunakan untuk amal kesehatan mental.

Selain itu, keputusan petenis Jepang mundur dari Prancis Terbuka 2021 membuat Naomi Osaka harus lebih bersabar lagi untuk mengakhiri rekor buruknya di Roland Garros yang belum pernah mencapai semifinal.

JepangPrancis TerbukaRoland GarrosNaomi OsakaFrench OpenTenisBerita Tenis

Berita Terkini