x

Era Lin Dan dan Chen Long Berakhir, Saatnya Shi Yuqi Jadi Tunggal Putra Nomor 1 China

Sabtu, 18 September 2021 16:40 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
Tunggal putra China, Shi Yuqi.

FOOTBALL265.COM Shi Yuqi sebentar lagi nampaknya akan menjadi pebulutangkis tunggal putra nomor satu di China, karena era Lin Dan dan Chen Long dianggap telah berakhir.

China nampaknya tak perlu takut kehilangan keperkasaan mereka terutama di sektor tunggal putra, karena selalu memiliki pemain muda dan hebat yang mampu membantu regenerasi pemain.

Hal itu nampaknya akan segera terjadi dengan Shi Yuqi bakal menyingkirkan para seniornya seperti Lin Dan dan Chen Long, yang sebelumnya menjadi tungga putra nomor satu di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Kemampuan Shi Yuqi memang boleh diacungi jempol, ia terus menunjukkan peningkatan performa meski sempat menderita cedera. Terbaru ialah mampu dibuktikan kala berhasil menaklukan Chen Long di ajang Pesta Olahraga Nasional China ke -14.

Shi Yuqi yang mewakili tim Jiangsu mampu menghentikan langkah Chen Long, peraih medali perak Olimpiade Tokyo 2020 di babak semifinal pada Kamis (16/09/21) kemarin.

Tak hanya itu, Yuqi juga sukses menumbangkan Lu Guangzu di babak final dengan skor 21-9 dan 21-13 sehingga membuatnya sukses meraih medali emas di Pesta Olahraga Nasional China ke -14.

Baca Juga
Baca Juga

Bagi Chen Long, ini akan menambah rentetan kegagalannya meraih medali emas sejak pertama kali keikutsertaannya pada tahun 2015 di multievent empat tahunan itu, dan membuat ia diyakini tidak akan tampil di Olimpiade Nasional berikutnya.

“Selamat kepada Shi Yuqi, dia bermain sangat baik. Tidak ada penyesalan kalah dari Shi Yuqi yang lebih muda dan lebih baik. Saya berharap Shi Yuqi dapat memainkan levelnya sendiri di final dan memenangkan kejuaraan,” kata Cheng Long kepada Shi Yuqi, dilansir Breaking Latest News.


1. Shi Yuqi Raih Kemenangan Usai Sempat Dikalahkan Lin Dan

Pebulutangkis tunggal putra China, Shi Yuqi

Tak hanya itu, raihan ini tentu memperpanjang performa apik Shi Yuqi, setelah ia sempat kalah dari Lin Dan di turnamen sebelumnya.

Berdasarkan informasi dari Badminton Planet, Lin Dan sempat mendominasi Olimpiade Nasional selama empat edisi beruntun yakni 20005, 2009, 2013 dan 2017.

Kemenangan ini pun disambut bahagia oleh Shi Yuqi, dan mengaku bahwa ia nyaman dengan gaya permainannya sekarang dan tengah mempersiapkan diri untuk turnamen akbar lainnya.

“Empat tahun lalu saya kalah dari Lin Dan, mungkin saat itu saya gugup. Tapi sekarang saya bermain lebih nyaman. Ada banyak pemain muda luar biasa di China, dan kami mempersiapkan diri untuk turnamen selanjutnya seperti Piala Sudirman dan Thomas.

“Saya memiliki tanggung jawab yang lebih besar di pundak saya. Cedera pergelangan kaki saya belum pulih sempurna, tapi selepas dari Olimpiade 2020 saya meluangkan diri untuk menenangkan diri dan yoga sebagai salah satu persiapan saya,” tambah Shi Yuqi.

Perkembangan performa Shi Yuqi pun tak membuat sektor tunggal putra China merasa khawatir. Ia dianggap sudah pantas menjadi pemain nomor satu, selepas pensiunnya Lin Dan pada 2020 lalu, dan Chen Long mengalami degradasi performa karena mulai dimakan usia.

ChinaLin DanChen LongShi YuqiBerita Bulutangkis

Berita Terkini