x

Profil Tim Piala Sudirman 2021: India, Skuat Mini yang Tampil Pincang

Rabu, 22 September 2021 21:17 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
Pasangan ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

FOOTBALL265.COM – India menjadi salah satu tim dari sejumlah negara yang berpartisipasi di Piala Sudirman 2021. Berikut profil singkat skuat India di ajang bulutangkis bergengsi tersebut.

Turnamen lambang supremasi bulutangkis beregu campuran, Piala Sudirman 2021, akan segera bergulir sebentar lagi yakni pada 26 September hingga 3 Oktober mendatang.

Ajang Piala Sudirman sendiri merupakan turnamen yang digelar 2 tahun sekali, di mana pertama kali kejuaraan ini dicetuskan oleh Indonesia dan pertama kali di gelar di Istora Gelora Bung Karno pada 24-29 Mei 1989, dan pada tahun tersebutlah menjadi satu-satunya gelar yang diraih Tanah Air.

Baca Juga
Baca Juga

Piala Sudirman 2021 sendiri akan menjadi turnamen ke-17, di mana pada edisi kali ini hanya akan ada 16 tim yang akan bertanding dan dibagi ke dalam empat grup berbeda.

Salah satunya ialah India, yang menjadi peserta dan tergabung di dalam Grup A bersama sang juara bertahan China, kemudian ada Thailand dan tuan rumah Finlandia. Berikut profil singkat tim India di Piala Sudirman 2021:

  1. Rekam Jejak

Sepak terjang India di ajang Piala Sudirman tak begitu apik, karena belum pernah melangkah jauh maupun mendaftarkan namanya sebagai peraih gelar juara sejak ajang itu pertama kali dimulai pada 1989.

Meski tak pernah menjadi turnamen andalan, namun India sempat mencatatkan pencapaian terbaiknya ialah hingga babak perempat final.

Baca Juga
Baca Juga

Momen bersejarah itu terjadi pada Piala Sudirman edisi 2011 dan 2017, di mana Saina Nehwal dkk terpaksa takluk dari China dalam dua periode tersebut.

Pada edisi 2011, China mampu mengalahkan India dengan skor 3-0. Kemudian momen mimpi buruk itu kembali terjadi pada 2017 dengan India kalah telak 3-0.

Sejak saat itu, India belum pernah lagi merasakan momen terbaiknya atau setidaknya mencapai babak semifinal dan peringkat tertinggi mereka ialah posisi kelima yang dicapai pada 2011 dan 2017.


1. 2.Skuat dan Sektor Unggulan

Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, ganda putra andalan India.

Sektor yang paling kuat dimiliki oleh India saat ini ialah ganda putra. Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy menjadi ganda putra andalan saat ini.

Shetty/Rankireddy saat ini berada di peringkat 10 dunia. Peringkat tertingginya ialah posisi ketujuh pada 2019 lalu. Pasangan ini juga merupakan mantan anak didik pelatih Indonesia, Flandy Limpele yang sempat berkarier di India.

Ganda putra nomor 1 India ini pernah mengalahkan sebagian besar penghuni 10 besar ranking dunia, seperti Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan pasangan Jepang Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (ranking 4).

Selain itu Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy juga memiliki riwayat penampilan yang cukup apik setelah berhasil mencapai dua semifinal sepanjang 2021.

Sejatinya sektor tunggal putri cukup menjadi andalan bagi India karena adanya PV Sindhu dan Saina Nehwal. Namun keduanya memilih absen di Piala Sudirman 2021.

Berikut skuat India di Piala Sudirman 2021:

Putra

Putri


2. 3. Prediksi

Piala sudirman 2021

India diprediksi bakal menjalani pertandingan sulit di Piala Sudirman 2021. Pasalnya, mereka tergabung dengan Grup A bersama China dan Thailand yang juga diunggulkan.

Sementara Finlandia yang tampil sebagai tuan rumah tentu membidik hasil apik dalam debutnya di salah satu ajang bulutangkis bergengsi ini.

India juga hanya membawa skuat mini yang tampil pincang karena tak ada dua pemain andalannya yakni PV Sindh yang memutuskan untuk absen karena ingin memulihkan diri pasca meraih perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

Sedangkan Saina Nehwal memutuskan hanya akan mengikuti Piala Uber 2020. Dua pemain senior absen, namun India masih memiliki harapan bahwa menurunkan para pemain muda yang diharapkan bisa memberikan kejutan.

Meski nampaknya peluang tersebut sulit mengingat China sangat dominan dalam turnamen ini dan berstatus sebagai juara bertahan di Piala Sudirman.

Sedangkan Thailand sendiri juga cukup kuat dan berpotensi sebagai kuda hitam. Mereka juga punya tren positif sejak edisi 2013 karena selalu mampu menembus babak semifinal.

Sekadar informasi, India sendiri akan berhadapan dengan Thailand pada 26 September, melawan China pada 27 September dan menghadapi Finladia pada 29 September di babak Grup Piala Sudirman 2021.

IndiaPiala SudirmanBerita OlahragaBerita SportSatwiksairaj Rankireddy/Chirag ShettyBerita BulutangkisChirag ShettyPiala Sudirman 2021

Berita Terkini