x

Korea Masters 2022: All Indonesian Final Lagi di Ganda Putra, Bisa?

Rabu, 13 April 2022 07:20 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Dunia bulutangkis kini diramaikan gelaran Korea Masters 2022. Diwarnai 3 wakil Indonesia, bisakah tercipta All Indonesian Final lagi di ganda putra? (Foto: Badminton Photo)

FOOTBALL265.COM – Dunia bulutangkis kini diramaikan gelaran Korea Masters 2022. Diwarnai 3 wakil Indonesia, bisakah tercipta All Indonesian Final lagi di ganda putra?

Seiring berakhirnya turnamen Korea Open 2022 yang tuntas pada Minggu (10/04/22) lalu, dunia bulutangkis kini masih mengarahkan fokus ke Korea Selatan.

Baca Juga

Pasalnya, pekan ini digelar turnamen kedua dalam rangkaian kompetisi di negeri ginseng tersebut, yakni Korea Masters.

Ajang berlevel BWF World Tour Super 300 ini akan dilangsungkan di Gwangju, tepatnya di Stadion Universitas Wanita Gwangju, Selasa (12/04/22) hingga Minggu (17/04/22).

Tim bulutangkis Indonesia tentu saja mengirim kontingennya untuk mengikuti turnamen ini. Namun, jika dibandingan dengan kontingen yang mengikuti Korea Open pekan lalu yang berisi 10 wakil, pasukan Merah Putih di Korea Masters 2022 terbilang kecil.

Baca Juga

Pasalnya, hanya ada 5 wakil Indonesia di ajang ini, dengan rincian 2 ganda campuran dan 3 ganda putra, yang seluruhnya merupakan pasangan muda.

Tiga wakil ganda putra tersebut adalah Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Sementara itu, kedua ganda campuran yang diturunkan adalah Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Baca Juga

Namun meski hanya menurunkan kontingen kecil, ada catatan menarik terkait kelima wakil Indonesia ini. Yakni, seluruh pasangan tersebut masuk ke dalam status unggulan.

Di ganda putra, Pramudya/Yeremia menjadi unggulan ketiga, diikuti secara beruntun oleh Bagas/Fikri dan Leo/Daniel yang menjadi unggulan 4 dan 5. Sementara itu di ganda campuran, Rinov/Pitha menjadi unggulan 6 dan Adnan/Mychelle unggulan 7.


1. Pebulutangkis Indonesia Belum Pernah Juara di Korea Masters

Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

Sayangnya, dari 5 wakil itu, 1 pasangan sudah kandas di babak 32 besar yang digelar di hari pertama, Selasa (12/04/22), yakni Adnan/Mychelle.

Berstatus sebagai unggulan 7, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso kalah dua set langsung dari ganda non unggulan asal Korea, Shin Tae-yang/Chang Ye-na 19-21 18-21.

Baca Juga

Di sisi lain, di hari pertama kemarin, dua wakil Indonesia sukses melaju ke babak 16 besar, yakni Bagas/Fikri dan Rinov/Pitha.

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri lolos ke babak 16 besar usai mengalahkan Kim Jae-hwan/Kim Young-hyuk 21-17 21-17.

Sementara itu Rinov Rivaldi/Pitha Haningtyas Mentari langsung lolos usai ganda India lawan mereka di babak pertama mengundurkan diri.

Baca Juga

Pada hari Rabu (13/02/22) yang masih akan menggelar pertandingan babak pertama alias 32 besar, 2 wakil Indonesia akan turun berlaga.

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan akan menghadapi Tan Kiang Meng/Tan Wee Kiong, sementara Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin bertemu Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi.

Indonesia sendiri belum pernah memenangi satu gelar pun di ajang Korea Masters sejak pertama kali digelar pada 2007. Namun, melihat perkembangan belakangan ini, peluang kini cukup terbuka di nomor ganda putra.

Baca Juga

Seperti diketahui, ganda putra Indonesia memang tampil apik dalam beberapa waktu terakhir. Bagas/Fikri sukses juara di All England, setelah memenangi All Indonesian Final melawan Ahsan/Hendra, sementara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juara di Swiss Open.

Bahkan di Korea Open 2022 pekan lalu, Indonesia sempat mengirim 3 wakil di semifinal ganda putra, meski akhirnya gelar juara justru jadi milik wakil tuan rumah.


2. 4 Unggulan Tersisa di Ganda Putra, 3 dari Indonesia

Pasangan ganda putra, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Dengan prestasi yang bagus belakangan ini, peluang ganda putra Indonesia merebut gelar di Korea Masters 2022 cukup terbuka. Bahkan, peluang menciptakan All Indonesian Final pun tidak kecil.

Secara bagan turnamen pun All Indonesian Final mungkin terjadi karena ketiganya tidak berada di satu pool. Bagas/Fikri berada di pool atas, sedangkan Pramudya/Yeremia dan Leo/Daniel di pool bawah.

Baca Juga

Berstatus unggulan, peluang Bagas/Fikri, Pramudya/Yeremia, dan Leo/Daniel melaju jauh di Korea Masters 2022 cukup besar.

Apalagi, di sisi lain ada 3 unggulan lain yang mengundurkan diri termasuk Ong Yew Sin/Teo Ee Yi sang unggulan pertama. Sementara itu, unggulan 6 yakni Liu Cheng/Zhang Nan sudah kalah di babak pertama.

Dengan demikian, hanya 4 unggulan yang tersisa, dengan Ko Sung-hyun/Shin Baek-cheol (unggulan 2) menjadi satu-satunya unggulan non-Indonesia.

Baca Juga

Di pool atas, peluang Bagas/Fikri untuk melaju hingga final cukup terbuka. Pasangan ini tengah dalam tren bagus dengan menjuarai All England dan menembus Korea Open.

Tak hanya itu, mereka kini menjadi satu-satunya unggulan yang tersisa di pool atas, setelah Liu Cheng/Zhang Nan kandas. Bermodalkan keunggulan rangking dan performa apik, Bagas/Fikri tentu diharapkan bisa melaju jauh.

Sementara itu di pool bawah, Leo/Daniel berpeluang bertemu dengan unggulan kedua Ko Sung-hyun/Shin Baek-cheol di perempat final. Kedua pasangan ini belum pernah bertemu, tapi Ko/Shin unggul secara peringkat BWF yakni 21 berbanding 25.

Baca Juga

Jika lolos dari hadangan Ko/Shin, Leo/Daniel berpeluang bertemu Pramudya/Yeremia di semifinal. Jika gagal, maka Pramudya/Yeremia-lah yang berpeluang bertemu Ko/Shin di semifinal. Kedua pasangan ini juga belum pernah bertemu, tapi Pramudya/Yeremia unggul peringkat BWF yakni 20 berbanding 21.

Dengan ketiga wakil Indonesia tidak berada di pool yang sama, dan minimnya unggulan lain, situasi ini pun wajib dimanfaatkan Bagas/Fikri, Leo/Daniel, dan Pramudya/Yeremia, untuk melaju jauh termasuk menciptakan All Indonesian Final di ganda putra Korea Masters 2022.

Korea MastersBulutangkisLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBerita BulutangkisPramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche RambitanBagas Maulana/Muhammad Shohibul FikriKorea Masters 2022

Berita Terkini