x

Petik Gelar di Korea Open 2022, Ganda Campuran Malaysia Kini Dinaungi Kepercayaan Diri Level Dewa

Rabu, 13 April 2022 04:52 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
Tan Kia Meng merasa percaya dirinya pulih usai akhiri paceklik gelar panjang bersama Lai Pei Jing di ajang Korea Open 2022 lalu.

FOOTBALL265.COM - Euforia setelah menjadi juara di kategori ganda campuran pada ajang Korea Open 2022 rupanya masih dirasakan oleh Tan Kian Meng.

Bersama pasangannya, Lai Pei Jing, kini Kian Meng merasa sangat lega sekaligus dibanjiri rasa percaya diri yang tinggi.

Baca Juga

Sebuah kewajaran karena kombo asal Malaysia sudah lama sekali menantikan untuk bisa menjadi juara di ajang bergengsi. Lebih tepatnya lima tahun.

Kali terakhir Tan Kian Meng/Lai Pei Jing menaiki podium teratas adalah di Malaysia Masters pada 2017 silam dan setelah itu mereka paling banter hanya bisa menjadi runner-up seperti di Singapore Open 2019.

Ditempatkan sebagai unggulan kedua, Kian Meng/Pei Jing sukses menggulung wakil Korea Selatan, Ko Sung-hyun/Eom Hye-won, secara meyakinkan.

Baca Juga

Kian Meng/Pei Jing menang dua set sekaligus 21-15 dan 21-18. Sebelumnya di semi-final, keduanya juga tampil perkasa saat menyingkirkan wakil Indonesia yakni Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Kian Meng kini merasa jika ia dan Pei Jing bisa bersaing dengan pasangan kelas dunia lain meski kini mereka sebenanya masih punya peringkat dunia yang tinggi, peringkat 9.

"Menang di Korea Open adalah pembangkit semangat dan kepercayaan diri kami. Itu artinya kami masih bisa diadu dengan para pasangan terbaik lainnya," beber Tan Kian Meng pada The Star.

Baca Juga

"Sebelum Korea Open, kami sudah punya sejumlah hasil bagus namun menjadi juara adalah puncaknya. Kini target selanjutnya adalah Badminton Asia Championship,"

"Itu adalah turnamen yang sangat besar dan akan banyak pemain hebat berpartisipasi. Kami berdua harus bisa menjaga konsistensi dan tampil apik di Manila nanti," tambah atlet 27 tahun itu lagi.


1. Persiapkan Diri Untuk Kejuaraan Asia

Ganda campuran Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Hanya saja Tan Kian Meng/Lai Pei Jing tidak akan mengikuti ajang Korean Masters kali ini. Keduanya tidak ingin menodai sukses mereka di Korea Open apabila gagal nanti.

Pei Jing memutuskan untuk beristirahat sembari mempersiapkan untuk kejuaraan Asia namun Kiang Mei tetap akan ambil bagian.

Baca Juga

Bersama Tan Wee Kiong, ia akan berjuang di nomor ganda putra. Keduanya adalah pasangan yang tak bisa diremehkan karena sudah bisa meraih perak di Dutch Open tahun lalu.

Motivasi Kiang Mei/Wee Kiong mengikuti Korean Masters jelas untuk menggenjot peringkat mereka karena notabene masih baru dibentuk.

“Kami tidak akan bertanding di nomor ganda campuran Korea Masters pekan ini karena Pei Jing butuh istirahat,” ujar Kian Meng dilansir dari NST.

Baca Juga

“Namun, saya akan bersaing di ganda putra dengan Tan Wee Kiong karena kami perlu mengumpulkan poin peringkat,” tambah Kian Meng.

Nasib boleh dibilang belum akan berpihak pada Kiang Mei/Wee Kiong karena mereka harus langsung berjumpa dengan lawan hebat di ronder pertama Korean Masters.

Lawan tersebut adalah unggulan ketiga sekaligus ganda putera muda dari Indonesia yakni Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan.

Baca Juga

Kendati masih berusia tidak lebih dari 22 tahun, namun keduanya sudah menunjukkan potensi besar dan kini menduduki peringkat 20 dunia.

Pramudya/Yeremia bahkan sanggup menjuarai Spain Masters 2021 lalu yang masuk kategori Super 300 plus Belgian International 2021. 


2. Indonesia Umumkan Skuat untuk Badminton Asia Championships

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. Foto: PBSI

Badminton Asia Championships akan dilaksanakan di Manila, Filipina pada tanggal 26 April sampai 1 Mei 2022. Ajang ini merupakan Kejuaraan Asia Perorangan 2022, dimana setiap negara hanya bisa mengirimkan maksimal 4 wakil di setiap sektor.

Selain itu, sistem untuk atlet bisa bergabung dalam kompetisi juga harus berdasarkan undagan dari Federasi Bulutangkis Asia (BAC). Indonesia sendiri sudah mengirimkan empat wakil di lima sektor untuk ajang Badminton Asia Championships 2022.

Pada sektor tunggal putra, Indonesia mengirimkan empat wakilnya yaitu Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Shesar Hiren Rhustavito, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting masih dijadikan andalan skuad Indonesia di sektor tunggal putra. Selanjutnya, sektor tunggal putri didominasi oleh alumnis Kejuaraan Bultangkis Beregu Asia (BATC) 2022.

Wakil Indonesia di sektor tunggal putri diantaranya adalah Gregoria Mariska Tunjung, Stephanie Widjaja, Putri Kusuma Wardani serta Komang Ayu Cahya Dewi.

Baca selengkapnya: Bertabur Bintang, Berikut Skuad Indonesia di Badminton Asia Championships

MalaysiaBadminton Asia ChampionshipsTan Kian Meng/Lai Pei JingKorea Open 2022

Berita Terkini