x

Deretan 'Mantan Terindah' Kevin Sanjaya dengan Gemilang Prestasinya

Selasa, 3 Mei 2022 06:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Sukses jadi ganda putra ranking 1 dunia bersama Marcus Gideon, pebulu tangkis Kevin Sanjaya ternyata punya sederet mantan terindah yang mengharumkan Indonesia.

FOOTBALL265.COM – Sukses jadi ganda putra ranking satu dunia bersama Marcus Gideon, pebulu tangkis Kevin Sanjaya ternyata punya sederet mantan terindah yang mengharumkan Indonesia.

Sebelumnya, perlu diketahui, Marcus Gideon adalah partner Kevin Sanjaya sejak 2015. Beragam gelar prestisius telah diraih keduanya sejak dipasangkan.

Baca Juga

Seperti saat keduanya menjuarai India Open 2016, Australia Open 2016, China Open 2016, All England 2017, dan masih banyak lagi.

Hal itu membuat duet Kevin Sanjaya/Marcus Gideon menjadi raja ganda putra dunia sejak 27 September 2017 hingga saat ini.

Namun fakta yang tak bisa dipungkiri, selain bersama Marcus Gideon, Kevin Sanjaya juga memiliki mantan terindah dengan bergelimang prestasi.

Baca Juga

Dilansir dari catatan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), sepanjang karier profesionalnya, Kevin Sanjaya pernah dipasangkan dengan 14 pemain berbeda di Indonesia.

Lalu siapakah sajakah deretan ‘mantan terindah’ Kevin Sanjaya dengan bergemilang prestasi di berbagai turnamen bulutangkis internasional?

  1. Lukhi Apri Nugroho

Kevin Sanjaya pernah dipasangkan dengan Lukhi Apri Nugroho pada 2011. Mereka mencapai final turnamen Singapore International Series 2011.

Baca Juga

Saat itu  Kevin Sanjaya/Lukhi Apri Nugroho harus puas sebagai runner-up usai dikalahkan Marcus Gideon/Agripina Pamungkas di final.

2. Rafiddias Akhdan Nugroho

Kevin Sanjaya pernah dipasangkan dengan Raffidias Akhdan Nugroho pada 2012. Deretan prestasi keduanya di antaranya runner up Indonesia Junior International 2012.


1. 3. Arya Maulana Aldiartama

Mantan pebulutangkis Arya Maulana yang menjadi eks partner Kevin Sanjaya.

Kevin Sanjaya dipasangkan dengan Arya Maulana Aldiartama pada tahun 2013. Berlatih bersama di pelatnas PBSI Cipayung, keduanya mampu mengukir berbagai prestasi internasional.

Seperti  ketika bisa meraih medali perunggu Asia Junior Championship 2013 dan medali emas Asean University Games 2014 di Palembang, Indonesia.

Baca Juga

Sayangnya pada 2014, mereka berganti partner. Saat Kevin Sanjaya berhasil bertahan hingga saat ini, namun Arya Maulana Aldiartama memutuskan pensiun dini untuk berkarier sebagai pelatih.

4. Masita Mahmudin

Kevin Sanjaya juga pernah berduet dengan Masita Mahmudin di sektor ganda campuran pada tahun 2013-2014. Beragam prestasi pun pernah disabet oleh Kevin Sanjaya/Masita Mahmudin.

Seperti saat menjadi juara Tangkas Spech 2013, hingga menyabet medali perak Kejuaraan Dunia Junior 2013. Saat itu, keduanya kalah di final oleh pebulu tangkis China, Huang Kaixiang/Chen Qing Chen.

Baca Juga

5. Selfanus Geh

Sukses berkarier pada 2013, Kevin Sanjaya yang memasuki level senior, berusaha menjaga konsistensinya ketika dipasangkan dengan Selfanus Geh pada 2014.

Pebulu tangkis Indonesia asal Banyuwangi tersebut memenangkan gelar perdananya bersama Selfanus Geh di ajang Vietnam International Challenge 2014.

Baca Juga

Gelar kedua Kevin Sanjaya/Selvanus Geh disabet di ajang New Zealand Open 2014, sekaligus pencapaian pertama mereka di ajang Grand Prix.

Kevin Sanjaya/Selvanus Geh juga meraih gelar ketiganya di ajang Bulgarian International 2014. Mereka berhasil mengalahkan kompatriotnya, Ronald Alexander/Edi Subaktiar.


2. Juara Indonesia Masters 2016 dengan Pasangan Dadakan

Kevin Sanjaya juara Indonesia Masters 2016 dengan Wahyu Nayaka sebagai partner dadakan.

Setelah dipasangkan dengan banyak atlet bulutangkis sepanjang kariernya, akhirnya sejak 2015, Kevin Sanjaya bertahan dalam kerjasamanya dengan Marcus Gideon.

Sayangnya, pada tahun 2016, Marcus Gideon tertimpa cedera lutut yang membuatnya harus beristirahat selama beberapa lama.

Selaku pelatih ganda putra PBSI, Herry Iman Pierngadi, berpikir untuk memasangkan Kevin Sanjaya dengan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira di Indonesia Masters 2016.

Meski baru dipasangkan, Kevin Sanjaya/Wahyu Nayaka mendapat tempat spesial sebagai unggulan kelima di Indonesia Masters 2016.

Dengan bekal pengalaman masing-masing, Kevin Sanjaya/Wahyu Nayaka berhasil menembus final dan akhirnya keluar sebagai juara.

Baca selengkapnya: Throwback Jelang Piala Thomas 2022, Kevin Sanjaya Pernah Langsung Juara dengan Pasangan Dadakan

Kevin SanjayaKevin Sanjaya Sukamuljo/Wahyu Nayaka Arya PankaryaniraTRIVIABulutangkisBerita BulutangkisWahyu Nayaka Arya Pangkaryanira

Berita Terkini