x

Hasil Final Piala Thomas 2022: Kena Mental, Anthony Ginting Kalah dari 'Bocah Ajaib' India

Minggu, 15 Mei 2022 14:24 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting di laga final Piala Thomas 2022. Foto: PBSI

FOOTBALL265.COM - Berikut hasil pertandingan final Piala Thomas 2022 di mana Anthony Sinisuka Ginting kalah dari Lakshya Sen. Indonesia pun tertinggal 0-1 dari India.

Bermain di lapangan Impact Arena, Thailand, Anthony Sinisuka Ginting dipermalukan oleh Lakshya Sen si Bocah Ajaib dengan skor 21-8, 17-21, 16-21, Minggu (15/05/22).

Baca Juga

Padahal, Anthony Sinisuka Ginting bermain gemilang di game pertama. Ia meraih poin di awal dengan sangat mencolok, shuttlecock telak mengenai wajah Sen.

Sayangnya, setelah itu Lakshya Sen tak tinggal diam lagi. Pemain yang dijuluki 'bocah ajaib' itu membuat Ginting harus jatuh bangun dan meraih tiga poin beruntun.

Namun hal yang paling mencuri perhatian, bagaimana upaya Lakshya Sen untuk meng-cover bola-bola sulit. Ia rela jatuh bangun dan akhirnya meraih hasil skor 6-6.

Baca Juga

Berikutnya, Anthony Ginting tak mau lagi terbawa dalam permainan Sen. Ia benar-benar fokus, menguasai arah bola, dan akhirnya unggul 10-7 atas pemain India itu.

Hanya dalam sebelas menit saja, Anthony Ginting menutup interval game pertama dengan skor 11-7.

Setelah turun minum, bukannya membaik, Sen justru membuat kesalahan beruntun, fokusnya menurun dan tak sanggup mengembalikan bola. Skor 15-7 untuk Ginting.

Baca Juga

Lakshya Sen sempat tergelincir dan gagal mengembalikan bola. Namun, itu bukanlah sebuah toleransi. Anthony Ginting terus membabat wakil unggulan India tersebut.

Indonesia hanya memberi satu poin untuk Sen paska turun minum. Anthony Ginting bisa menutup game pertama dengan keunggulan 21-8, hanya dalam 17 menit saja.


1. Jalannya Game Kedua

Pebulutangkis India yang sempat buat ketar-ketir Indonesia di Badminton Asia Team Championships 2020

Jalannya game kedua tidak banyak berubah, Anthony Sinisuka Ginting menmpilkan fokus yang cukup baik. Akan tetapi, Lakshya Sen juga telah menemukan formula terbaiknya.

Beberapa kesalahan minor dari Anthony Sinisuka Ginting membuat Lakshya Sen unggul lebih dulu di angka 2-4, di awal game kedua partai final Piala Thomas 2022.

Baca Juga

Power dan kecepatan yang ditampilkan Lakshya Sen di game kedua, membuat Anthony Ginting semakin tertinggal 3-7. Maka, wajar jika ia dijuluki sebagai 'bocah ajaib'.

Ginting seolah kehilangan ketajamannya. Kesalahan bertubi-tubi yang dilakukan membuatnya makin tertinggal 5-10. Sen menutup interval game kedua di angka 7-11.

Melihat Lakshya Sen mengeluarkan powernya, Ginting juga terpancing untuk menambah kecepatan. Berhasil, Indonesia mempersempit ketertinggalan jadi 11-12.

Baca Juga

Jalannya pertandingan semakin sengit, kedua pemain sama-sama bekerja keras untuk meraih poin, tapi Anthony Ginting mulai kesulitan dan tertinggal 13-17.

Hilang fokus, Anthony Ginting makin tertinggal 15-20. Game point untuk Lakshya Sen. Atlet 20 tahun asal India itu makin nyaman mengendalikan arah pertandingan.

Baca Juga

Siapa sangka, Ginting yang begitu perkasa di game pertama, harus kalah 17-21 dari Lakshya Sen di game kedua. Laga berlanjut di game ketiga sebagai penentuan.


2. Jalannya Game Ketiga

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting. Foto: PBSI

Sejatinya, Anthony Sinisuka Ginting mengawali babak rubber Piala Thomas 2022 dengan apik. Wakil Indonesia itu langsung unggul 5-1 atas Lakshya Sen dari India.

Dengan menambah powernya, Anthony Ginting menjaga jarak dan unggul 7-3. Tapi dua kesalahan beruntun membuatnya memberi poin cuma-cuma pada Sen.

Anthony Ginting berhasil menjaga keunggulan 11-7 atas Sen saat interval game ketiga.

Turun minum, Ginting justru melakukan beberapa kesalahan minor, bola keluar lapangan atau malah membentur net. Skor makin memanas, kini beranjak jadi 12-11.

Pebulutangkis 25 tahun itu juga gagal dalam rally panjang. Ia dibuat jatuh bangun dan skor berimbang jadi 12-12. Lakshya Sen kemudian menyalip skor jadi 12-13. Berada di bawah tekanan, Anthony Ginting semakin tertinggal 14-18 dari Lakshya Sen.

Game ketiga ditutup dengan skor 16-21 untuk kemenangan Lakshya Sen atas Anthony Ginting. Indonesia tertinggal 0-1 dari India di partai final Piala Thomas 2022.

Piala ThomasAnthony Sinisuka GintingIndiaAnthony GintingBulutangkisBerita BulutangkisLakshya Sen

Berita Terkini