x

Juara Malaysia Masters 2022, Chico Aura Dwi Wardoyo Disebut ‘Kerasukan’ Lee Zii Jia

Minggu, 10 Juli 2022 15:21 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo, disebut-sebut sempat 'kerasukan' andalan tuan rumah, Lee Zii Jia, saat berjuang meraih gelar Malaysia Masters.

FOOTBALL265.COM – Tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo, disebut-sebut sempat kerasukan andalan tuan rumah, Lee Zii Jia, saat berjuang memenangkan gelar Malaysia Masters 2022.

Chico Aura Dwi Wardoyo membuat Indonesia bangga setelah berhasil meraih gelar juara BWF World Tour pertamanya di ajang Malaysia Masters 2022.

Baca Juga

Bertanding di Axiata Arena, Minggu (10/07/22), pebulu tangkis berdarah Papua ini dipertemukan dengan andalan Hong Kong yang juga keturunan Indonesia, Ng Ka Long Angus.

Butuh waktu sekitar 44 menit bagi Chico Wardoyo mengatasi perlawanan Ka Long Angus. Chico pun berhasil menang secara straight game dengan skor 22-20, 21-15.

Baca Juga

Chico Aura Dwi Wardoyo memang sesekali tampak kesulitan menghadapi Ng Ka Long Angus yang sudah berpengalaman dan sekali juara di ajang yang sama pada 2017 lalu.

Namun, dia mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk lepas dari tekanan Ng Ka Long. Termasuk, kemampuannya beradu net yang sering membuat Ng Ka Long terjebak dengan self-error.

Baca Juga

Selain beradu net dan drive cepat, pebulu tangkis berusia 24 tahun ini juga sesekali melakukan backhand hingga backhand smash untuk mematikan bola dan menambah poin.

Bukan hanya itu, Chico melakukan pukulan backhand dengan sangat berkelas. Dia memutar tubuhnya untuk mengejar bola saat backhand itu dilakukan.


1. Chico Aura Lakukan Backhand Mirip Lee ZIi Jia

Chico Aura Lakukan Backhand Mirip Lee ZIi Jia

Pukulan backhand yang diperlihatkan Chico Aura Dwi Wardoyo ini rupanya mencuri perhatian netizen yang ikut tegang selama pertandingan final Malaysia Masters 2022 tersebut.

Baca Juga

Beberapa netizen mengira bahwa Chico Aura Dwi Wardoyo sedang kerasukan tunggal putra ruan rumah, Lee Zii Jia, karena backhand yang dia lakukan.

Menariknya, backhand ini dilakukan Chico dengan gerakan memutar 360 derajat persis seperti yang pernah dilakukan Lee Zii Jia di pertandingan. 

Baca Juga

Bukan hanya itu, karena aksinya itu sampai-sampai komentator BWF Gillian Clark sempat salah menyebut Chico dengan Lee Zii Jia dalam komentarnya. 

Perlu diketahui, teknik backhand merupakan salah satu teknik pukulan yang cukup sulit. Tak semua atlet bulu tangkis lihai mengaplikasikan teknik ini.

Teknik pukulan backhand kerap menjadi andalan salah satu pebulu tangkis legendaris Indonesia yakni Taufik Hidayat.

Namun dengan Taufik Hidayat pensiun, teknik backhand tersebut saat ini melekat pada sosok Lee Zii Jia.

Baca Juga

Pebulu tangkis tunggal putra asal Negeri Jiran berperingkat lima dunia itu kerap mengandalkan pukulan backhand untuk meraih poin.

Lee Zii Jia sendiri memutuskan absen di ajang Malaysia Masters, serta Singapor Open dan Commonwealth Games demi persiapan ke Kejuaraan Dunia di Tokyo bulan depan.


2. Chico Aura Dwi Wardoyo Catat Sejarah

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo di Malaysia Masters 2022, Jumat (08/07/22). Foto: PBSI

Terlepas dari teknik backhand yang dipakai Chico Aura Dwi Wardoyo, kemenangan atas Ng Ka Long Angus di partai final Malaysia Masters ini membuatnya mencatat sejarah tersendiri.

Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi pebulu tangkis Indonesia keturunan Papua pertama yang sukses menjuarai gelar World Tour lewat Malaysia Masters.

Selain itu, dia menjadi pemain tunggal putra Indonesia ketiga yang menjadi juara di Malaysia Masters setelah Alamsyah Yunus (2013) dan Simon Santoso (2014).

Chico Aura Dwi WardoyoBulutangkisLee Zii JiaNg Ka Long AngusBerita BulutangkisMalaysia Masters 2022

Berita Terkini