x

Miris! Ganda Putra China Terancam Tanpa Perwakilan di Kejuaraan Dunia 2022

Jumat, 22 Juli 2022 13:40 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Menyambut perhelatan akbar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, ada yang menarik ketika China sebagai ‘juara umum’ terancam tanpa perwakilan sektor ganda putra.

FOOTBALL265.COM – Menyambut perhelatan akbar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, ada yang menarik ketika China sebagai ‘juara umum’ terancam tanpa perwakilan sektor ganda putra.

Sebagai informasi, sejak pertama kali digelar pada 1977, Kejuaraan Dunia Bulutangkis menempatkan China sebagai pengoleksi terbanyak medali emas dengan jumlah 67.

Baca Juga

Rinciannya adalah 14 medali emas tunggal putra, 15 emas tunggal putri, 10 emas ganda putra, 21 emas ganda putri, dan 9 medali emas ganda campuran,

Sementara, Indonesia mengekor di peringkat kedua dengan total 23 medali emas Kejuaraan Dunia. Serta ada Denmark, Korea Selatan, dan Jepang di bawahnya.

Kini, pada tahun 2022, China kembali berkesempatan untuk menguatkan dominasinya di ajang Kejuaraan Dunia yang bakal digelar pada 22-28 Agustus 2022 di Tokyo Metropolitan Stadium.

Baca Juga

Kejuaraan Dunia Bulutangkis mengadopsi sistem undangan pemain. Jika pemain dan federasi yang diundang setuju, maka mereka memenuhi syarat untuk bermain.

Sejumlah nama atlet andalan China di bawah naungan CBA, telah terundang oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) untuk bisa kembali membidik medali emas.

Seperti Chen Yu Fei (tunggal putri), Zheng Siwei/Huang Yaqiong (ganda Campuran), Shi Yuqi (tunggal putra), hingga Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (ganda putri).

Baca Juga

Sayangnya, pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 ini, China terancam tanpa perwakilan di sektor ganda putra yang biasanya rajin untuk menyumbangkan medali di major event ini.

Hal itu karena sejumlah ganda putra China yang diundang BWF berdasarkan sistem peringkat, menolak berpartisipasi. Siapa saja?


1. Ganda Putra China Decline Kejuaraan Dunia 2022

Dilansir dari laman BWF Corporate, ada lima ganda putra China yang memastikan untuk menolak undangan berpartisipasi di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Dilansir dari laman BWF Corporate, ada lima ganda putra China yang memastikan untuk menolak undangan berpartisipasi di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Mereka adalah He Ji Ting/Tan Qiang, Liu Cheng/Huang Kaixiang, Liu Cheng/Zhang Nan, dan Ou Xuan Yi/Zhang Nan, dan Di Zijian/Wang Chang.

Baca Juga

Kelima ganda putra kombinasi 'lama' China tersebut berstatus decline, yang artinya tidak bisa ikut Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Mereka bisa berpartisipasi, jika kembali menjadi partner awal mereka. 

Karena sebagaimana diketahui, China telah melakukan perombakan besar di sektor ganda, terutama di ganda putra, termasuk lima ganda putra yang tersebut di atas.

Selain itu, Liu Cheng juga mengubah statusnya sebagai pemain independen, dan telah pensiun sebagai pemain pelatnas di Asosiasi Bulutangkis China.

Baca Juga

Dilansir dari media lokal China, Sohu, meskipun ada ganda putra racikan baru Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi yang baru menyabet gelar Indonesia Open 2022, tetapi mereka juga terancam tak bisa ikut Kejuaraan Dunia.

“Meskipun pasangan baru yang dipimpin Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi telah menunjukkan potensi yang baik, bagaimana pun, peringkat dunia hanya meningkat secara bertahap setelah bergabung tahun ini."

“Sehingga mereka tidak memenuhi syarat untuk berpartisipasi (di kejauraan Dunia Bulutangkis 2022),” demikian tulis di artikel Sohu, dengan judul Daftar Kejuaraan Dunia Bulutangkis Nasional Akan Segera DIrilis!

Baca Juga

Saat ini, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi yang baru debut di ajang German Open 2022, berada di peringkat 23 dunia, dan menjadi salah satu dari ganda putra racikan baru China.

Selain mereka ada pula nama-nama seperti Liang Wei Keng/Wang Chang, He Ji Ting/Zhou Hao Dong, Ren Xian Yu/Tan Qiang sebagai ganda generasi baru China.


2. Atlet China Terundang BWF di Kejuaraan Dunia 2022

Daftar atlet China yang terundang BWF di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Dilansir dari laman media Sohu, berikut daftar atlet China yang terundang BWF di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Baca selengkapnya: Sedang Dihukum Karena Kontroversi, Shi Yuqi Langsung Comeback di Kejuaraan Dunia 2022

ChinaBulutangkisBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis China (CBA)Liu YuchenKejuaraan Dunia BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini