x

Lengser dari Ranking 1 Dunia, Kevin/Marcus Catatkan Deretan Rekor di Luar Nalar yang 'Mustahil' Terkejar

Minggu, 18 September 2022 15:15 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Indonesia Masters 2021

FOOTBALL265.COM – Ganda putra bulutangkis asal Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, akhirnya lengser dari ranking 1 dunia BWF. Meski begitu, The Minions sukses mencatatkan banyak rekor sensasional. 

Selama bertakhta, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon catatkan deretan rekor di luar nalar yang nyaris ‘mustahil’ untuk dikejar.

Baca Juga

The Minions sebelumnya sempat berhenti bermain bulutangkis buntut cedera yang dialami Marcus pada tulang kecilnya mengganggu performa sang pebulu tangkis.

Ya, Marcus mengalami masalah pertumbuhan tulang kecil yang tidak sewajarnya pada pergelangan kaki kanan dan kirinya.

Oleh sebab itu, The Minions mengambil keputusan untuk absen di Korea Open 2022 dan Kejuaraan Asia 2022 pada bulan April dan Mei lalu.

Baca Juga

Kevin/Marcus sendiri akhirnya melakukan comeback pada Kejuaraan Dunia 2022 di Jepang, tetapi mereka tersingkir oleh wakil asal Inggris, Ben Lane/Sean Vendy, di delapan besar.

Langkah Kevin/Marcus kembali terhenti di Japan Open 2022 kala bertemu dengan mantan penghuni peringkat kedua dunia, Kim Gi Jung/Kim Sa Rang.

Kini The Minions harus rela takhtanya digeser oleh wakil asal Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, buntut dari belum menemukan performa terbaik dan bisa dibilang tersingkir sedikit lebih awal.

Baca Juga

Meski begitu, Kevin/Marcus mencatatkan sejarah sebagai salah satu atau mungkin ganda putra terbaik dalam sejarah dunia bulutangkis. Mari kita mengenang deretan rekor Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang ‘mustahil’ terkejar oleh pebulu tangkis mana pun.


1. Deretan Rekor Ciamik Kevin/Marcus yang Sulit Terpecahkan

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Kabar lengsernya Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sempat digelorakan oleh admin Badmintalk_com melalui postingan Instagramnya.

Dalam postingan tersebut, admin menulis caption, “Selamat kepada Takuro Hoki/Yugo Kobayashi atas pencapaian karier tertinggi di peringkat nomor 1 dunia per minggu depan.”

Baca Juga

“Dengan kadaluarsanya poin ranking dunia pekan 40 hingga pekan 43 tahun 2019, maka sebagian poin Minions akan hangus pekan depan, dan hasilnya Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dari Jepang akan memuncaki ranking dunia sektor ganda putra pekan depan.”

Dengan demikian, kejayaan The Minions selama hampir lima tahun bakal segera berakhir. Hal ini menjadikan rekor baginya yang tentu membanggakan Tanah Air sekalian.

Kevin/Marcus mencetak rekor 226 pekan duduk nyaman di takhta ranking nomor 1 yang mana The Minions bertengger di puncak sejak 28 September 2017 silam, atau dengan kata lain Kevin/Marcus berada di puncak selama lima tahun.

Baca Juga

Dari 226 pekan tersebut, ia mencatatkan rekor yang nyaris sulit dipecahkan oleh pebulu tangkis mana pun, yaitu 214 pekan beruntun tidak pernah terlempar dari posisi nomor satu dunia.

Tidak hanya itu, The Minions juga mencatatkan rekor delapan kemenangan dari sembilan kompetisi dalam satu tahun kalender BWF 2019.

Sebelumnya rekor tersebut sempat dipegang oleh ganda putra asal Korea Selatan, Lee Young Dae/Yoo Yeon Seong yang mengumpulkan enam gelar turnamen dalam setahun.

Baca Juga

Selain itu, The Minions juga merupakan ganda putra pertama yang bisa mengumpulkan 100 ribu poin lebih dalam ranking BWF.

Sebagai perbandingan, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan kini mengumpulkan 96.445 poin dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengoleksi 84.775 poin.

Mereka adalah bukti bahwa dua pentolan ternama belum bisa menggapai 100 ribu poin sejak absennya The Minions di berbagai kompetisi karena cedera yang dialami Marcus.

Baca Juga

Rekor tersebut bisa dibilang begitu sangar nan hebat sebab legenda pebulu tangkis asal Tiongkok, Cai Yun/Fu Haifeng, tidak bisa menggapai poin di angka 100 ribu.

Kendati demikian, generasi baru akan terus melampaui generasi sebelumnya sehingga entah cepat atau lambat, diharapkan bakal ada pebulu tangkis asal Indonesia yang bisa menggoyahkan rekor Kevin/Marcus tersebut.


2. Intip Ganda Jepang Pelengser Takhta The Minions

Pasangan bulutangkkis Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi

Mengenal duo Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang baru saja menggeser pasangan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dari peringkat 1 BWF.

Seperti diketahui, pasangan ganda putra bulutangkis Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo baru saja tergeser dari peringkat 1 dunia versi BWF.

Tahta tertinggi di bulutangkis ganda putra kemudian resmi bergeser kepada pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang kini memimpin di puncak.

Hal ini dikonfirmasi usai poin ranking dunia pekan ke-40 hingga 43 pada September 2019 dinyatakan kadaluarsa.

Tentunya ini membuat poin dari pasangan Indonesia Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang akrab dijuluki The Minions ini kemudian hangus dan membuat mereka lengser ke posisi kedua peringkat dunia ganda putra versi BWF.

Baca selengkapnya: Profil Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, Ganda Jepang yang Lengserkan Marcus/Kevin dari Ranking 1 Dunia

BWFKevin SanjayaMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoKevin Sanjaya/Marcus GideonBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini