x

Tingkah Kevin Sanjaya Jadi Kontroversi, Rekan Herry IP Buka Suara: Sah-sah Saja

Kamis, 29 September 2022 09:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Kevin Sanjaya dan Herry IP.

FOOTBALL265.COM - Attitude atau kelakuan Kevin Sanjaya yang tengil jadi kontroversi, namun rekan Herry IP, Sigit Pamungkas mengakui bahwa hal itu sah-sah saja.

Nama Kevin Sanjaya Sukamuljo mendadak jadi trending topik di media sosial. Pasalnya, perseteruannya dengan pelatih Herry Iman Pierngadi akhirnya terungkap di media.

Baca Juga

Kevin dikabarkan tidak akur dengan sang pelatih, bahkan sudah tidak pernah lagi berlatih bersama Herry IP di Pelatnas.

Menurut sudut pandang Herry IP, ia tak terima karena Kevin Sanjaya tidak datang dalam latihan, sehingga ia sudah menutup kesempatan untuk anak asuhnya tersebut.

Sementara dari sudut pandang Kevin Sanjaya, ia tak terima karena Herry IP mengkritiknya langsung di media, dan akhirnya mulai tercipta perang dingin.

Baca Juga

Persoalan indisipliner Kevin Sanjaya bukan satu-satunya sifat yang membuat atlet ganda nomor satu dunia itu dikritik. Ia juga sering menuai kontroversi karena aksi tengil.

Kevin kerap memancing emosi lawannya di lapangan, dengan gerakan-gerakan yang provokatif dan membuat penonton ikut geregetan melihat aksi tengilnya itu.

Namun, menurut mantan pelatih ganda putra Pelatnas, Sigit Pamungkas, kelakuan tengil Kevin Sanjaya adalah hal biasa saja.

Baca Juga

"Kalau saya sih sah-sah saja (melihat aksi Kevin). Kan di situ ada wasit, kalau beliau tidak suka, ada kartu merah, kartu kuning," jelas Sigit Pamungkas via Jebreeet Media.

"Dia kalau nggak begitu, nggak bisa main. Dia kalau sopan, nanti kalah terus, gimana."

"Nanti yang pendiem disuruh, kamu tengil dikit dong, ya kagak bisa dia. Kayak Hendra (Setiawan), suruh dia tengil, mana bisa main dia," blak-blakan Sigit Pamungkas lagi.


1. Sigit: Beri Perlakuan Berbeda untuk Kevin Sanjaya

Pelatih Herry IP dan Kevin/Marcus

Menyinggung soal Hendra, Sigit Pamungkas adalah sosok pelatih yang mengantarkan pasangan Hendra Setiawan/Markis Kido meraih medali emas Olimpiade 2008.

Menurut Sigit, ada strategi khusus untuk melatih pasangan Hendra Setiawan/Markis Kido, sampai akhirnya mencapai puncak kejayaannya di sektor ganda putra dunia.

Baca Juga

"Dia (Kido dan Hendra) itu belum jadi (juara), sudah bisa beli mobil, tapi sama saya nggak boleh, awas kalau kamu beli mobil, saya nggak latih, dia pun menurut."

"Nanti setelah juara, (sesuai yang) saya minta, oke kamu boleh, kesampaian dia, baru bisa beli mobil," kenang Sigit lagi.

"Karena biasanya gitu, sudah bisa kebeli mobil, hawanya tuh, fokus latihannya hilang, maunya bawa mobil aja," ungkap Sigit saat hadir di kanal Youtube Jebreeet Media TV.

Baca Juga

Sementara untuk kasus Kevin Sanjaya, Sigit menekankan bahwa perlu ada perlakukan yang berbeda untuk Kevin yang memang sudah bekerja keras sejak usia muda.

"Kevin itu sewaktu saya masih di Pelatnas, saya sudah mendengar di Djarum ini anak spesial, berbakat," kata Sigit Pamungkas.

"Kalau saya melihat orang berbakat itu bukannya bakat asli, mereka melihat bakat setelah orang sudah jadi, padahal bakat itu proses dari awal, dari kecil," tegas Sigit.

Baca Juga

Maka dari itu, menurut Sigit, tidak ada masalah andai Pelatnas PBSI memberikan perlakuan yang sedikit berbeda pada Kevin Sanjaya yang sudah jadi pemain bintang.

"Binpres turun tangan, panggil keduanya, duduk berdua. Kevin bagaimana maunya, pelatih gimana maunya. Pelatih harus bijak, pemainnya juga harus bertanggung jawab."


2. 3 Partner yang Cocok Dampingi Kevin Sanjaya

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Jika hubungan Kevin Sanjaya dan Herry IP sudah tak bisa diperbaiki lagi, maka salah satu dari mereka mungkin harus keluar dari Pelatnas, dan hal itu menjurus pada Kevin.

Kevin Sanjaya bisa melanjutkan karirnya sebagai pemain profesional, namun, tentu ia tak bisa lagi bersama Marcus Gideon yang saat ini berstatus pemain Pelatnas PBSI.

Beberapa opsi mulai muncul. Kevin Sanjaya bisa kembali berpasangan dengan partner lawasnya, Alfian Eko Prasetya, yang baru saja menjuarai International Series 2022.

Kevin Sanjaya juga mungkin CLBK dengan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira, seperti sebelumnya saat mereka pernah meraih titel juara Indonesia Masters 2016 silam.

Kevin Sanjaya juga bisa berpindah haluan, menjajal ganda campuran dengan Melati Daeva Oktavianti, karena Praveen Jordan kini masih pemulihan cedera pinggang.

Hendra SetiawanKevin SanjayaPelatnasMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoPelatihKevin Sanjaya/Marcus GideonHerry IPSigit PamungkasHerry Iman PierngadiBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini