x

Sedang di Episode Kelam, Kento Momota Disebut Hiatus Sampai Akhir 2022

Minggu, 9 Oktober 2022 16:42 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Sedang berada di episode kelam kariernya, baru-baru ini tunggal putra Jepang, Kento Momota, disebut bakal hiatus atau rehat dari kompetisi sampai akhir 2022.

FOOTBALL265.COM –  Sedang berada di episode kelam kariernya, baru-baru ini tunggal putra Jepang, Kento Momota, disebut bakal hiatus atau rehat dari kompetisi sampai akhir 2022.

Sudah bukan rahasia jika Kento Momota yang dijuluki ‘paduka’ oleh badminton lovers Indonesia, merupakan salah satu tunggal putra terbaik asal Jepang.

Baca Juga

Gaya bermainnya yang khas dan pantang menyerah, membuat Momota meraih beragam gelar prestisius seperti dua kali gelar sebagai juara dunia BWF (2018,2019).

Hingga akhirnya nama Kento Momota masuk ke dalam Guinness Book of World Records untuk ‘gelar tunggal  putra bulutangkis terbanyak dalam satu musim’ pada 2019.

Momota juga pernah menempati ranking satu BWF sejak 27 September 2018 sebelum akhirnya lengser di akhir tahun 2021 oleh pebulutangkis Denmark, Viktor Axelsen.

Baca Juga

Anjloknya ranking Momota ditenggarai banyak faktor, utamanya karena mental yang terganggu pasca atlet badminton berusia 28 tahun itu terlibat kecelakaan nahas di Malaysia pada Januari 2020.

Pada tahun 2022,  sebagai tunggal putra ranking tujuh BWF, Kento Momota gagal meraih gelar juara dalam 12 turnamen bulutangkis.

Tragisnya, dari 12 turnamen tersebut, delapan turnamen di antaranya mencatat Kento Momota terdepak di babak 32 besar.

Baca Juga

Buruknya performa Momota disinyalir membuat Kento Momota memutuskan mundur dari Denmark Open 2022 (18-23 Oktober) dan French Open 2022 (25-30 Oktober).

Asosiasi Bulutangkis Jepang (NBA) sudah resmi mengumumkan pengunduran diri Kento Momtoa dari dua turnamen bulutangkis Super 750 itu.


1. Pengunduran Diri Momota yang Menarik Atensi Publik

Pengunduran diri Kento Momota dari Denmark Open dan French Open 2022, menarik atensi publik dari seluruh penjuru dunia.

Pengunduran diri Kento Momota tersebut, membuat Jepang harus bertumpu pada Kanta Tsuneyama. Kenta Nishimoto, dan Kodai Naraoka di Denmark Open 2022 dan French Open 2022.

Pada sisi lain, pengunduran diri Kento Momota tersebut juga menarik atensi publik dari seluruh penjuru dunia. Apakah benar lantaran sang atlet masih kesulitan untuk kembali ke top performanya?

Baca Juga

Apalagi dikutip dari media Aiyuke, dalam sebuah wawancara belum lama ini, Kent Momota disebut ‘kehilangan gairahnya’ dalam bermain bulutangkis.

Atlet badminton kebanggaan BWF itu disebut sedang dalam masa di mana dia tidak dapat menemukan kebahagiaan dari bulutangkis.

Maka dari itu, Kento Momota tidak akan berpartisipasi dalam sisa turnamen BWF tahun ini, termasuk French Open 2022 dan Denmark Open 2022.

Baca Juga

Sebenarnya jika dikulik lagi dalam beberapa wawancara pasca kekalahan kelamnya, Kento Momota tidak pernah menyebut spesifik rencana masa depannya.

Dia hanya ingin menikmati setiap penampilan dengan harapan bisa menemukan kembali gairahnya dengan harapan kembali percaya diri dan juara.

“Mengenai masa depan, saya ingin lebih tenang dan memikirkannya lagi,” ucap Kento Momota dilansir dari laman media Jepang,  Badminton Spirit.

Baca Juga

“Dulu saya terlalu mudah untuk memenangkan kejuaraan, seperti (seakan) itu hal yang wajar. Tapi sekarang sangat sulit, karena saya tidak bisa memenangkannya untuk waktu yang cukup lama.”

“Sebenarnya banyak orang ingin menjadi juara sepanjang hidup mereka, tetapi mungkin mereka tidak bisa melakukannya. Jadi itu sebabnya saya tidak berpikir saya bisa menangkan gelar (di masa depan),” ucapnya.

Namun apapun itu, jika Momota tidak berpartisipasi dalam sisa turnamen bulutangkis pada 2021, maka peringkat BWF-nya berpotensi akan semakin anjlok.


2. Tiga Kekalahan Menyakitkan Momota Tahun 2022

Tiga Kekalahan Menyakitkan Kento Momota Tahun 2022.

Kento Momota mengalami tahun yang cukup sulit, termasuk yang terkini terdepak dari Japan Open 2022. Dia tersingkir cepat di putaran 32 besar dari tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo.

Di pertandingan yang digelar pada Selasa (31/08/22) tersebut, Kento Momota kalah lewat dua gim langsung 21-15, 22-20. Sebagai informasi, ini adalah kekalahan kedua yang diderita oleh Kento Momota dari Chico Aura Dwi Wardoyo.

Sebelumnya, mereka pernah bertemu di Badminton Asia Championships 2022, di mana saat itu wakil Indonesia meraih kemenangan melalui rubber game.

Setelah kekalahan di 32 besar Japan Open 2022, Momota pun angkat bicara dan membeberkan alasan ia takluk lagi di tangan Chico.

Baca selengkapnya: Sedih! Termasuk Japan Open, 3 Kekalahan Paling Menyakitkan Kento Momota Tahun 2022

 

JepangBWFKento MomotaBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini