x

Pernah Guncang Apriyani/Fadia, Ganda Putri Malaysia Hengkang dari Pelatnas BAM

Kamis, 5 Januari 2023 23:15 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Pernah sulitkan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di SEA Games 2019, Yap Cheng Wen putuskan mundur dari pelatnas Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM).

FOOTBALL265.COM – Pernah sulitkan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di SEA Games 2019, Yap Cheng Wen putuskan mundur dari pelatnas Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM).

Melansir laman Bernama, atlet badminton berusia 27 tahun tersebut mengumumkan keputusannya setelah menerima saran dari para ahli medis terkait cederanya.

Tanpa merinci tentang langkah karier selanjutnya, Yap Cheng Wen tidak menyangkal kemungkinan mengejar minatnya sebagai pelatih.

“Tapi saya juga punya rencana lain yang ingin saya lakukan untuk karier saya,” ucap Yap Cheng Wen melansir laman Bernama.

Sebelumnya, Yap Cheng Wen juga telah mengunggah curahan hatinya meninggalkan BAM melalui unggahan instagram lima hari lalu, Sabtu (31/12/22).

Baca Juga

“Saya telah mengundurkan diri sebagai pemain Nasional Bulutangkis dari Asosiasi Bulutangkis Malaysia,” tulis mantan partner Lee Meng Yean.

Direktur kepelatihan ganda Asoasiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Rexy Mainaky, menyampaikan kepada wartawan tentang kebenaran status Yap Cheng Wen.

Baca Juga

“Dia (Yap Cheng Wen) sudah mulai merencakana sejak awal 2022, katanya akan bertahan sepanjang 2022,” ucap Rexy Mainaky.

“Tetapi jelas bahwa hasil pemindahan magnetic resonance imaging (MRI) terakhirnya menunjukkan bahwa ada robekan di bahu kirinya.”

“Dia sudah merasa tidak nyaman bermain selama Kejuaraan Malaysia International Challenge 2022 (13-18 Desember). Dia tidak memiliki masalah lain di BAM, jadi dia benar-benar menyerah pada bulutangkis,” kata Rexy Mainaky.

Baca Juga

1. Total Ada 15 Pemain Tinggalkan BAM Per 2022

Total ada15 pemain tinggalkan BAM Per 2022.

Yap Cheng Wen sebelumnya memang pernah bersinar dengan beberapa pemain di sektor ganda putri dan ganda campuran.

Dia pernah sukses berpasangan dengan Vivian Hoo hingga menyabet medali perunggu SEA Games 2019 usai dikalahkan Greysia Polii/Apriyani Rahayu dengan skor 18-21, 19-21.

Yap Cheng Wen juga pernah berpasangan dengan Lee Meng Yean, Anna Cheong,  hingga Loo Bing Kun sebelum pengunduran dirinya dari pelatnas Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM).

Selain Yap Cheng Wen, dua pebulutangkis Malaysia putuskan hengkang dari BAM akhir 2022. Tunggal putri Kisona Selvaduray dan pemain ganda putra Low Hang Yee.

“Kisona terus-menerus terkena cedera lututnya dan dia juga berjuang di Bangladesh International (2 pekan lalu) karena masalah yang sama,” kata Direktur Kepelatihan Tunggal BAM, Wong Choong Hann.

Baca Juga

“Kami telah berdiskusi dengannya dan Kisona ingin melanjutkan perawatan (cedera) di luar (pelatnas BAM),” sambungnya.

“Dari pihak kami, kami telah mencapai kesepakatan bahwa dia juga akan diizinkan untuk melanjutkan perawatan dan rehabilitasi di National Sports Institute (NSI),” tambah Wong Choong Hann.

Baca Juga

Kemudian ada 12 pebulutangkis yang didegradasi BAM per 2023. Jadi total pemain yang tinggalkan BAM per awal 2023 ini adalah 15 termasuk Yap Cheng Wen.

Selain pemain, pelatih ganda campuran Teo Kok Siang juga memutuskan hengkang dari pelatnas BAM melalui instagramnya.

Atas keputusannya, Rexy Mainaky mengatakan hak itu tidak akan mempengaruhi susunan kepelatihan ganda campuran di BAM karena masuknya pelatih ganda campuran Nova Widianto.

Baca Juga
Rexy MainakyMalaysiaBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Berita Bulutangkis

Berita Terkini