x

Jelang Malaysia Open 2023, Rinov/Pitha Rela Tak Liburan demi Penuhi Janji

Jumat, 6 Januari 2023 09:47 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Jelang Malaysia Open 2023, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, ingin membuktikan jika mereka pantas menjadi ganda campuran terbaik. (Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM - Jelang Malaysia Open 2023, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, ingin membuktikan jika mereka pantas menjadi ganda campuran terbaik.

Sebagaimana diketahui, ajang bulutangkis Malaysia Open 2023 level Super 1000 akan segera dihelat pada 10-15 Januari 2023. 

Indonesia mengirimkan line up terbaiknya untuk memborong banyak poin di pembuka tahun 2023, termasuk sektor yang menjadi sorotan, yakni ganda campuran.

Ganda campuran mulai terombang-ambing sejak pelatih Nova Widianto memutuskan hengkang ke Malaysia. Sampai kini belum diketahui siapa sosok pelatih penggantinya.

Di tengah situasi tak mengenakkan itu, pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari justru mencapai prestasi tertinggi mereka, sebagai peringkat 9 terbaik dunia.

Baca Juga

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari resmi menjabat sebagai ganda campuran terbaik di Indonesia, menyalip pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Namun, tak dapat dipungkiri, Rinov/Pitha juga masih belum meraih gelar di sepanjang tahun 2022. Capaian terbaik mereka adalah semifinalis BWF World Tour Finals 2022 lalu.

Baca Juga

Satu-satunya podium yang mereka capai adalah runner-up Malaysia Masters 2022. Kala itu, Rinov/Pitha tumbang di tangan Zheng Siwei/Huang Yaqiong di final.

Rinov/Pitha sadar jika peringkat Top 9 itu hanya sebatas poin, bukan karena prestasi. Apalagi mereka belum pernah juara di tahun 202 maka mereka tak mau besar kepala.

Oleh karena itu, memasuki tahun 2023, Rinov/Pitha berjanji akan tampil lebih konsisten dan ingin membuktikan jika mereka layak jadi ganda campuran terbaik Indonesia.

Baca Juga

1. Rinov/Pitha Rela Tak Liburan Demi Malaysia Open 2023

Pasangan ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di laga Malaysia Open, Minggu (10/07/22). Foto: PBSI

Sebagai ganda campuran terbaik dari Indonesia, Rinov Rivaldy mengaku tak mau terbebani dan akan bekerja keras agar bisa mencapai prestasi lebih baik dari tahun lalu.

"Saya pribadi prestasinya belum sangat menonjol, hanya secara peringkat saja yang menjadikan kami nomor satu," ucap Rinov.

"Bukan berarti mau melepas tanggung jawab sebagai nomor satunya, tapi saya berpikir jangan jadi bebanlah," tambah Rinov pada Kamis (05/01/23), via Antara.

Rinov/Pitha merasa pencapaiannya pada tahun 2022 masih kurang, sehingga mereka berkomitmen untuk bermain lebih baik agar bersaing dengan ganda campuran papan atas.

Bahkan, pasangan peringkat kesembilan itu memilih untuk terus berlatih di akhir tahun, dan merelakan jatah liburnya agar punya persiapan matang menghadapi tahun 2023.

Baca Juga

Sebagai pembuka, Rinov/Pitha akan tampil di Malaysia Open 2023. Lawan pertama yang akan mereka hadapi ialah unggulan Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue.

"Persiapan sudah lumayan oke. Kemarin kami tidak sempat liburan, jadi kami bisa latihan secara maksimal," ungkap atlet bulutangkis berusia 23 tahun tersebut.

Baca Juga

"Kami tidak terlalu memikirkan soal peringkat, sebisa mungkin kami harus bisa mengangkat ganda campuran Indonesia. Jadi memang sudah tugasnya," ujarnya.

Pasangan bulutangkis Rinov/Pitha yakin bisa mengimbangi para atlet unggulan dunia, tetapi mereka juga mengaku butuh lebih banyak pengalaman agar memiliki mental yang lebih matang.

"Kalau secara teknik kan semuanya sama, yang beda hanya dari segi pengalaman dan ketenangan di lapangan. Faktor non-teknis lebih banyak berpengaruh," kata Rinov Rivaldi.

Baca Juga
Rinov RivaldyBulutangkisMalaysia OpenRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasBerita BulutangkisPitha Haningtyas MentariMalaysia Open 2023

Berita Terkini