x

Efek Nova Widianto! Ganda Campuran Malaysia Makin Ganas, Potensi Kangkangi Indonesia?

Senin, 6 Februari 2023 16:30 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
Usai Nova Widianto bergabung ke Pelatnas BAM, prestasi ganda campuran Malaysia makin menanjak sehingga berpotensi mengangkangi Indonesia.

FOOTBALL265.COM – Usai Nova Widianto bergabung ke Pelatnas BAM, prestasi ganda campuran Malaysia makin menanjak sehingga berpotensi mengangkangi Indonesia.

Nova Widianto sendiri resmi debut menjadi pelatih ganda campuran Asoasiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) pada ajang Malaysia Open yang dihelat Januari lalu.

Sadar, ganda campuran belum mampu berbicara banyak di turnamen dengan level tinggi, BAM dan Nova Widianto mengirimkan pebulutangkis Malaysia ke Iran Fajr International Challenge 2023.

Menariknya, Nova Widianto mampu menciptakan all Malaysian final di sektor ganda campuran, yakni Hoo Pang Ron/Teoh Mei Xing dan Chen Tang Jie/Toh Ee Wei.

Pertandingan final Iran Fajr International Challenge 2023 berhasil dimenangkan oleh Chen Tang Jie/Toh Ee Wei melalui dua gim langsung dengan skor 21-19, 21-15.

Baca Juga

Sementara itu, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei mengaku berambisi untuk menembus peringkat 50 besar. Sekadar informasi, saat ini ganda Malaysia ini berada di ranking 56 dunia.

“Tentu, ini adalah kemenangan yang sangat penting bagi Ee Wei dan saya. Namun, kami tidak boleh terbawa suasana. Kami harus rendah hati dan memotivasi satu sama lain,” ungkap Chen Tang Jie.

Baca Juga

Menariknya, anak asuh Nova Widianto ini melaju ke Iran Fajr International Challenge 2023 usai mengalahkan wakil ganda campuran Indonesia di babak semifinal.

Chen Tang Jie/Toh Ee Wei berhasil mengalahkan ganda campuran Indonesia, Adnan Maulana/Nita Violina Marwah melalui tiga gim dengan skor 20-22, 21-16, 21-9.

Sementara Hoo Pang Ron/Teoh Mei Xing mengalahkan ganda campuran Indonesia lainnya, Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata dua gim langsung, 21-16, 21-12.

Baca Juga

1. Ganda Campuran Indonesia Waspada

Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di India Open 2023. (Foto: PBSI)

Diketahui, mantan pelatih ganda campuran Indonesia, Nova Widianto, resmi bergabung Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) pada akhir tahun 2022 lalu.

Resmi bergabung dengan BAM, Nova Widianto diproyeksikan untuk menangani sektor ganda campuran Malaysia jelang Olimpiade Paris 2024.

Sementara itu, ajang debut Nova Widianto di Malaysia Open berhasil mencatatkan kenangan buruk bagi ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Ganda Pelatnas BAM, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei berhasil mengalahkan Rehan/Lisa di babak 16 besar dua gim langsung. Ini menjadi pertemuan perdana mantan pelatih dan anak asuh itu sebagai rival.

Sementara itu, di Iran Fajr International Challenge 2023, anak asuh Nova Widianto kembali mengalahkan dua wakil ganda campuran Indonesia di babak semifinal.

Baca Juga

Tentu, dengan pencapaian luar biasa ganda campuran Pelatnas BAM bisa menjadi ancaman bagi Indonesia yang saat ini belum diketahui secara pasti pelatih kepala usai Nova Widianto hengkang.

Sementara itu, ganda Malaysia di Pelatnas BAM paling tinggi peringkatnya adalah Hoo Pang Ron/Toh Ee Wei yang saat ini bertengger di ranking 28 dunia.

Baca Juga

Nova Widianto mengemban tugas berat untuk meloloskan dua ganda pelatnas BAM, dengan bertarung dengan pebulu tangkis non-pelatnas, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dan Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie.

Namun, kiprah Nova Widianto bersama ganda campuran Malaysia terbukti membuahkan hasil. Hal ini bisa menjadi ancaman ganda campuran Indonesia yang saat ini tengah merosot.

Ganda campuran Indonesia yakni Rehan/Lisa dan Rinov/Pitha mentok hanya mampu melaju hingga babak 16 besar di empat turnamen pada awal musim 2023.

Baca Juga

Sumber: NST

MalaysiaNova WidiantoBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Rinov Rivaldy/Pitha HaningtyasBerita BulutangkisRehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

Berita Terkini