x

Capai 29 Tahun, Bisakah Jonatan Christie dan Anthony Ginting Buka Puasa Gelar All England?

Sabtu, 4 Maret 2023 16:52 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
Pebulutangkis Indonesia, Jonatan Christie berhasil menjadi juara sektor tunggal putra Indonesia Masters 2023 mengalahkan rekan senegaranya Chico Aura Dwi Wardoyo di Istora Senayan, Minggu (29/01/23).

FOOTBALL265.COM – Sektor tunggal putra akan menghadapi tantangan besar di All England 2023, terutama soal buka puasa gelar yang terakhir kali didapat di tahun 1994.

Sektor tunggal putra bulutangkis Indonesia menjadi sorotan, mengingat mereka tak kunjung mendapatkan gelar sejak 1994 lalu.

Gelar terakhir tunggal putra Indonesia sendiri dicetak oleh Hariyanto Arbi yang memenangkan dua gelar beruntun di tahun 1993 dan 1994.

Tentu saja, Indonesia harus kembali meraih gelar, usai selama 30 tahun selalu pulang dengan tangan hampa dari All England.

Pada gelaran All England terbaru, tepatnya pada tahun 2022, Indonesia hanya sampai di babak perempat final.

Baca Juga

Dua jagoan tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie rontok di babak perempat final dengan kekalahan menyakitkan.

Jonatan Christie harus menerika kekalahan menyakitkan dari pemain China Taipei, Chou Tien Chen dengan skor cukup telak 10-21 dan 15-21

Baca Juga

Kekalahan yang lebih mengenaskan didapat oleh Antony Sinisuka Ginting yang dibabat oleh sang unggulan pertama sekaligus kampiun All England 2022, Viktor Axelsen dengan 4-21 dan 9-21.

Tentu saja, kekalahan menyakitkan ini tak boleh diulangi kontingen Indonesia, sembari berharap bisa setidaknya mencapai babak final.

Menilik undian All England, tunggal putra Indonesia memang berpotensi untuk mencapai babak final.

Baca Juga

1. Prediksi Tunggal Putra Indonesia di All England 2023

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting di Badminton Asia Mixed Team Championships 2023. (Foto: PBSI)

Sebagai catatan, Indonesia menurunkan 4 wakil, yaitu Antony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Hanya saja, Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo akan tergabung dalam section yang berat dan dihadapkan pada pemain top.

Pada babak awal, Jojo akan menghadapi pemain China, Weng Hong Yan, sedangkan Chico akan menghadapi pemain gaek Malaysia, Darren Liew.

Jika mampu memenangi laga kali ini, Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo akan saling berhadapan di babak kedua atau 16 besar.

Otomatis, dari section ini, Indonesia akan mengirim satu wakil ke perempat final dan akan bertemu satu dari tiga pemain top, yaitu Shi Yu Qi, Kento Momota, atau Kunlavut Vitidsarn.

Baca Juga

Sementara, Anthony Sinisuka Ginting juga akan menghadapi section yang lebih berat dan dikelilingi oleh tiga negara, yaitu India, China Taipei, dan Denmark.

Anthony Sinisuka Ginting akan lebih dulu menghadapi pemain asal Thailand, Kantaphon Wangcharoen dan berpotensi menghadapi pemenang antara Wang Tzu-Wei (China Taipei) dan Prannoy H.S (India)

Baca Juga

Jika mampu memenangi laga 16 besar, Anthony Ginting akan menghadapi satu dari tiga pemain top bulutangkis tunggal putra, yaitu Chou Tien Chen (China Taipei), Lakshya Sen (India), atau Anders Antonsen (Denmark).

Satu pemain lagi yang patut diamati adalah Shesar Hiren Rhustavito yang dikelilingi dua pemain top, Loh Kean Yew dan Victor Axelsen.

Undian ini akan cukup menyulitkan di All England, meskipun dua unggulan, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie bisa membuat kejutan dengan sampai ke babak final.

Anthony Sinisuka GintingJonatan ChristieAll EnglandChico Aura Dwi WardoyoShesar Hiren Rhustavito

Berita Terkini