x

All England: Eks Rival Taufik Hidayat Soroti Kans Juara 3 Pemain Ini, dari Indonesia?

Rabu, 8 Maret 2023 16:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Mantan rival Taufik Hidayat, Peter Gade, menyoroti peluang tiga pemain di turnamen bergengsi German Open dan All England 2023.

FOOTBALL265.COM – Mantan rival Taufik Hidayat, Peter Gade, menyoroti peluang tiga pemain di turnamen bergengsi German Open dan All England 2023. Apakah di antaranya dari Indonesia?

Legenda bulutangkis asal Denmark, Peter Gade, baru-baru ini jadi narasumber dalam tayangan bertajuk “Badminton Weekly Ep.8 | Euro Leg Predictions" garapan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) melalui akun YouTube BWF TV.

Edisi kali ini menyoroti serangkaian turnamen Eropa yang bergulir pada bulan Maret, dimulai dengan German Open (07-12 Maret) dan dilanjutkan dengan All England (14-19 Maret mendatang.

Bisa dibilang, kedua turnamen tersebut jadi dua dari serangkaian turnamen pemanasan sebelum dimulainya Kualifikasi Olimpiade 2024 Paris yang akan dimulai Mei mendatang.

Sebagai pebulutangkis yang pernah berjaya satu dekade silam, Peter Gade menyinggung sejumlah pemain tunggal yang memiliki performa impresif sejak awal tahun.

Baca Juga

Jawara German Open 1997 tersebut menyebut Kunlavut Vitidsarn dari Thailand untuk sektor tunggal putra serta dua tunggal putra, An Se-young dan Akane Yamaguchi.

Menurut Peter Gade, Kunlavut Vitidsarn terus menanjak dalam beberapa bulan terakhir sehingga Kunlavut sudah tidak bisa disebut “underdog”.

“Saya tidak merasa jeda dua bulan akan memengaruhi momentum (Kunlavut Vitidsarn),” ujar Peter Gade.

Baca Juga

Gade menekankan bahwa keberhasilannya meraih gelar India Open 2023 dengan menaklukkan pemain nomor satu dunia Viktor Axelsen (Denmark), jadi bukti nyata bahwa Kunlavut sudah berada di jajaran elite dunia.

“Tekanan tentu saja ada di pundaknya dan saya pikir itu aspek yang menarik untuk dilihat apakah dia mampu menangani tekanan itu. Sejujurnya, dengan tiba-tiba menjadi favorit di sebagian besar turnamen yang Anda ikuti menunjukkan dia benar-benar berbeda,” jelas Gade.

Kunlavut Vitidsarn sendiri merupakan juara bertahan German Open tahun lalu. Dia jadi favorit mempertahankan gelar juara edisi 2023 dengan babak pertama akan menghadapi Li Shi Feng (China).

Baca Juga

1. Rivalitas An Se-young dan Akane Yamaguchi di All England

Akane Yamaguchi berhasil menjadi juara sektor tunggal putri Indonesia Open 2019 usai mengalahkan tunggal India, P.V. Sindhu pada babak final dengan skor 21-16 dan 21-15 di Istora Senayan, Minggu (21/07/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Dari sektor tunggal putri, Peter Gade tertarik dengan rivalitas dua pemain top Akane Yamaguchi dari Jepang dan An Se-young dari Korea Selatan.

Di atas kertas, Akane mencatat rekor kemenangan lebih banyak dalam 17 pertemuan melawan An Se-young, yakni 11 kemenangan.

Namun Akane menelan kekalahan dari An Se-young di pertemuan terakhir, tepatnya di babak final India Open 2023 di mana Se-young menang tiga set 15-21, 21-16, dan 21-12.

Menariknya, Akane dan An Se-young menjadi unggulan pertama dan kedua di ajang German Open dan All England, dengan keduanya berpeluang besar bertemu di babak final.

“Persaingan ini (Akane vs An Se-young) bagi saya menjadi motivasi besar di tunggal putri dan saya sangat senang melihat mereka bertarung lagi,” ujar jawara All England 1999.

Baca Juga

“Tetapi saya pikir, pertanyaan utama (soal rivalitas Akane dan An Se-young) akan mengarah ke strategi bagaimana menggunakan German Open (persiapan) menuju All All England,” lanjutnya.

"Sangat menarik jika tercipta final pertemuan kedua pemain di All England mendatang," tanggapnya.

Baca Juga

Sekedar informasi, Akane Yamaguchi merupakan juara bertahan All England 2022, sementara An Se-young harus puas dengan status runner-up di ajang tersebut.

Setelah German Open dan All England, turnamen berikutnya di Eropa adalah Swiss Open Super 300 (21-26 Maret), serta Spanyol Masters Super 300 (28 Maret-2 April).

Selain syarat perolehan poin peringkat turnamen selama masa kualifikasi satu tahun, penentuan pemain yang akan tampil di Olimpiade juga menjadi hak asosiasi bulu tangkis setiap negara.

Baca Juga

Sumber: YouTube BWF TV 

All EnglandAkane YamaguchiPeter GadeBulutangkisAn Se-youngBerita BulutangkisKunlavut VitidsarnGerman Open

Berita Terkini