x

Lee Zii Jia Kena Rujak Lagi dari Legenda Malaysia, Kali Ini Disebut 'Kurang Bimbingan'

Sabtu, 11 Maret 2023 18:41 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Tunggal putra asal Malaysia, Lee Zii Jia, disarankan segera mencari pelatih untuk membimbingnya usai tersingkir di babak 16 besar German Open 2023.

FOOTBALL265.COM – Tunggal putra asal Malaysia, Lee Zii Jia, disarankan segera mencari pelatih untuk membimbingnya usai tersingkir di babak 16 besar German Open 2023.

Usai tidak pernah lolos ke perempat final di tiga turnamen awal musim 2023, Lee Zii Jia kembali mengulang hasil buruk di German Open 2023.

Bertanding di Mulheim an der Ruhr pada Kamis (09/03/23), Lee Zii Jia kandas dari wakil pebulutangkis ranking 49 dunia asal Chinese Taipei, Chia Hao Lee, dengan skor 21-15, 20-22, 21-23.

Di gim pertama, Lee Zii Jia cukup menang menghadapi Chia Hao Lee yang masih meraba kekuatan Lee Zii jia sebagai rival bebuyutannya sejak junior.

Namun di gim kedua, Lee Zii Jia yang sempat unggul 20-16, justru tertikung tajam dan akhirnya kalah 20-22 dari Chia Hao Lee.

Baca Juga

Menjalani gim ketiga, Lee Zii Jia yang terus tertinggal, sejatinya bisa menyamakan kedudukan di poin krusial 21-21.

Namun Chia Hao Lee bermain lebih nothing to lose, sehingga mampu menyegel dua poin beruntun dan memastikan kemenangan.

Baca Juga

Legenda asal Malaysia, Ong Ewe Hock, mengomentari permainan Lee Zii Jia yang terlalu selalu berada di bawah tekanan di babak 16 besar German Open 2023 kemarin.

Suasana ini membuat Lee Zii Jia lebih sering terserang secara mental, sehingga membuat konsentrasinya kerap buyar di poin-poin penting pertandingan.

“Dari segi permainan, performa Lee Zii Jia masih bagus, hanya kurang di aspek mental,” ujar Ong Ewe Hock dilansir dari Bharian.

Baca Juga

1. Agar Tak Jadi Momota Jilid 2, Lee Zii Jia Butuh Pelatih

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Ong Ewe Hock menilai Lee Zii Jia tidak seharusnya membiarkan hal ini. Jika terus menerus terjadi, Lee Zii Jia bakal bernasib sama dengan Momota yang masih berjuang menemukan kepercayaan diri.

Bahkan, Momota yang mulai merekrut trainer pribadi mulai menunjukkan kebangkitannya dengan berhasil menembus semifinal German Open 2023.

“Itu bukan hal yang mudah untuk diatasi dan butuh waktu. Jangan biarkan berlarut-larut terlalu lama karena saya khawatir dia akan seperti (pemain Jepang) Kento Momota yang masih menemukan tingkat kepercayaan dirinya,” sambung Ong Ewe Hock,

Oleh karenannya, jawara Malaysia Open dua kali (1996 dan 2001) itu menyarankan Lee Zii Jia agar segera menemukan pelatih berpengalaman yang bisa mengatasi aspek mentalnya.

“Dalam pandangan saya, salah satu solusinya adalah menunjuk pelatih berpengalaman untuk membantunya,” lanjutnya.

Baca Juga

Pelatih yang dimaksud Ong Ewe Hock ini bukanlah sembarang pelatih. Artinya, Lee Zii Jia tidak bisa mengandalkan pelatih plus pemain sebagai sparring partner.

Lee Zii Jia membutuhkan pelatih yang membantunya untuk menemukan cara menang. Skill inilah yang dibutuhkan Lee Zii Jia saat dirinya mulai tertetan di poin krusial.

“Dia butuh seseorang untuk membantunya memberi tahu cara menang karena semua orang tahu cara bermain. Elemen ini akan menentukan dalam pertandingan, terutama saat memasuki poin penting selain memiliki kekuatan mental tingkat tinggi.

Baca Juga

"Jadi, dia membutuhkan seseorang untuk membimbingnya karena jika dia sendirian, akan sulit baginya untuk mengatasi masalah yang dihadapinya sekarang," ujar Ewe Hock.

Kandasnya Lee Zii Jia sendiri telah menimbulkan kehebohan di kalangan pecinta bulutangkis (BL) baik di Malaysia maupun di dunia.

Sebab, German Open 2023 bisa dikatakan jadi ajang pemanasan sebelum dirinya diuji kebolehannya di turnamen BWF Super 1000 All England di Birmingham pada 14-19 Maret 2023 mendatang.

Baca Juga

Sumber: BHarian 

MalaysiaBulutangkisLee Zii JiaBerita BulutangkisOng Ewe HockGerman Open

Berita Terkini