x

Daftar Juara Bertahan All England di Edisi Terakhir, Fikri/Bagas Bisa Pertahankan Gelar?

Selasa, 14 Maret 2023 18:01 WIB
Editor: Juni Adi
Logo All England.

FOOTBALL265.COM - Daftar juara bertahan All England yang mampu merebut gelar di edisi terakhir, apakah Bagas/Fikri bisa mempertahankan gelarnya?

Salah satu ajang bulutangkis paling bergengsi di dunia, All England 2023, telah dimulai hari ini Selasa (14/03/23) hingga Minggu (19/03/23) mendatang.

All England sendiri gengsinya cukup tinggi mengingat ini adalah salah satu kejuaraan bulutangkis tertua di dunia. 

Menurut catatan National Badminton Museum, kompetisi ini dapat dikatakan sebagai turnamen bulutangkis tertua di dunia yang telah digelar sejak 1899 di London Scottish Drill Hall.

Mulanya, pada 1898, salah satu klub bulutangkis Guildford Badminton Club menyelenggarakan turnamen bulutangkis terbuka yang pertama di Guildford, Inggris. Saat itu, ajang yang dipertandingan hanyalah ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Baca Juga

Tidak disangka, turnamen ini sukses besar hingga Asosiasi Bulu Tangkis di Inggris memutuskan untuk menggelar turnamen mereka sendiri pada tahun berikutnya.

Saat itulah, menjadi turnamen resmi pertama yang diadakan di London Scottish Drill Hall, tepatnya pada 4 April 1899.

Baca Juga

Mengadopsi turnamen pada 1898, gelar yang diperebutkan hanya untuk regu ganda putra, putri, dan campuran. Belum ada regu tunggal putra dan putri saat itu.

Tahun berikutnya, kejuaraan ini mulai memperkenalkan pertandingan untuk regu tungga putra dan tunggal putri. Kemudian, waktu pertandingan ditambah menjadi dua hari, hingga kini menjadi kurang lebih satu pekan.

Untuk edisi tahun 2023, All England akan digelar di Utilita Arena, Birmingham, Inggris. Indonesia awalnya mengirim 16 wakil tetapi berkurang karena pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon memutuskan untuk mundur.

Baca Juga

Dengan demikian, ganda putra kini diwakili oleh lima pasangan. Mereka adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Juara jelas menjadi target utama Indonesia untuk mengulangi sukses edisi tahun lalu. Pada All England 2022, Indonesia meraih gelar juara dari ganda putra setelah menciptakan all Indonesian final antara Bagas/Fikri melawan Ahsan/Hendra.

Sementara itu, Jepang keluar sebagai juara umum dengan meraih tiga gelar dan tidak ada wakil China yang berhasil menjadi juara. Untuk mengingat kembali, berikuta daftar juara bertahan All England di edisi 2022 yang kembali tampil di edisi 2023:


1. Tunggal Putra

Ganda putra Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di Malaysia Open 2023. (Foto: PBSI)

Tahun 2022 menjadi salah satu tahun terbaik dari tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen. Sejumlah turnamen bulutangkis bergengsi ia dapatkan salah satunya All England 2022.

Ia keluar sebagai juara tunggal putra All England 2022 usai menaklukan putra India, Lakshya Sen dua set langsung dengan skor akhir 21-10 dan 21-15 dalam durasi 53 menit.

Tunggal Putri

Jepang sangat berjaya di All England 2022 dengan menyabet tiga gelar bergengsi salah satunya dari tunggal putri. 

Tunggal putri andalan mereka, Akane Yamaguchi, keluar sebagai juara usai mengalahkan wakil Korea Selatan, An Se Young lewat permainan dua set langsung 21-15 dan 21-15. 

Pertandingan final tunggal putri ini berlangsung selama 44 menit. Kemenangan itu membuat dirinya semakin menahbiskan diri menjadi tunggal putri terbaik dunia.

Baca Juga

Ganda Putra

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana mengukir sejarah baru dalam karier mereka. Debut pada All England 2022, ganda putra andalan Indonesia ini langsung menjadi juara pada turnamen bulu tangkis tertua tersebut.

Baca Juga

Indonesia mampu merebut satu gelar di All England 2022 lalu melalui ganda putra, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana.

Pasangan yang akrab disapa BaKri itu menang usai mengalahkan seniornya, Mohamad Ahsan/Hendra Setiawan.

Fikri/Bagas menang dua set langsung dengan skor 21-19 dan 21-13. Akankah Fikri/Bagas mampu mempertahankan gelar All England tahun ini?

Ganda Putri

Nami Matsuyama/Chiharu Shida yang merupakan unggulan ketujuh sukses menjadi juara All England 2022.

Baca Juga

Nami/Chiharu berhasil mengatasi perlawanan ganda putri China, Zhang Shu Xian/Zheng Yu dua set langsung dengan skor 21-13 dan 21-9. Pertarungan ganda putri ini berlangsung cukup alot selama 41 menit.

Ganda Campuran

Pertarungan Jepang vs. China kembali terjadi di sektor ganda campuran. Yuta Watanabe/Arisa Higashino menang atas pasangan China, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping pada laga final All England 2022.

Yuta/Arisa menang dua set langsung dengan skor cukup ketat 21-19 dan 21-19. Kedua ganda campuran unggulan ini bertanding selama 58 menit.

Baca Juga
All EnglandViktor AxelsenBulutangkisBagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Berita Terkini