x

Heboh Tak Ada Ganda Non-Pelatnas di Skuat Piala Sudirman, PBSI Banjir Sosotan

Kamis, 13 April 2023 13:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Tidak dipanggilnya ganda campuran non-pelatnas di skuad Piala Sudirman 2023 membuat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) jadi sorotan badminton lovers (BL).

FOOTBALL265.COM – Tidak dipanggilnya ganda campuran non-pelatnas di skuad Piala Sudirman 2023 membuat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) jadi sorotan badminton lovers (BL).

PBSI merilis daftar skuad Indonesia di Piala Sudirman 2023. Wakil Merah Putih menurunkan 20 pemain untuk turnamen yang berlangsung di Suzhou, China, pada 14-21 Mei 2023 itu.

Sebayak 12 pemain putra dan delapan pemain putri diturunkan di ajang ini. Dari sektor ganda campuran, Merah Putih akan diwakili tiga pasangan pelatnas.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Adnan Maulana/Violina Marwah, Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati sengaja tidak dipanggil karena mereka diproyeksikan meraih medali di ajang SEA Games di Kamboja.

Baca Juga

Dipanggilnya Adnan/Violina dan Amri/Winny untuk mendampingi Rinov/Pitha yang berperingkat 9 dunia justru banyak dipertanyakan oleh BL di dunia maya.

Alih-alih memanggil kedua pasangan pelapis PBSI tersebut, BL mempertanyakan mengapa PBSI tidak menyertakan dua pasangan non-pelatnas yakni Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Baca Juga

Diketahui, Dejan/Gloria dan Praveen/Melati merupakan ganda campuran dari klub PB Djarum yang memiliki sepak terjang cukup apik sejauh musim ini.

Dejan/Gloria tercatat sempat mencapai semifinal Malaysia Open 2023 sementara Praveen/Melati menjadi runner-up di ajang Spain Masters.

Tak pelak, BL pun ramai-ramai menyoroti keputusan PBSI tidak memanggil kedua pasangan ini yang dinilai terlalu pilih kasih alis tidak membiarkan atlet non-pelatnas beraksi di ajang beregu.

Baca Juga

1. BL Pertanyakan Keputusan PBSI

Pasangan ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di laga perdana All England. (Foto: PBSI)

Seorang BL meyakini bahwa PBSI tidak memanggil dua ganda campuran non-pelatnas ke skuad Piala Sudirman 2023 karena dilandasi rasa gengsi. 

Dipahami. Praveen/Melati dan Gloria Emanuelle sebelumnya memang bagian dari pelatnas Cipayung sebelum didedgradasi di awal tahun 2022 lalu. 

Seiring berjalannya waktu, Praveen/Melati yang sempat absen lama karena cedera mulai bangkit sedangkan Gloria kembali ke performa terbaiknya sejak menggandeng Dejan. 

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, Piala Sudirman 2023 adalah ajang bulutangkis beregu yang akan dihelat pada 14-21 Mei 2023 di China.

Sementara itu, skuat bukutangkis Indonesia juga berpartisipasi di ajang multievent SEA Games 2023, pada 5-17 Mei 2023 di Phnom Penh, Kamboja, dengan target medali emas.

Jadwal dua turnamen besar yang bentok membuat PBSI harus membagi kekuatan pemain, siapa yang diturunkan di SEA Games dan siapa ke Piala Sudirman.

Baca Juga

Sebelumnya, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI Rionny Mainaky mengatakan skuat Piala Sudirman ditentukan berdasarkan pengalaman para pemain.

“Jadi bisa dilihat sudah. Mereka sudah berpengalaman. Tapi gak kalah pengalaman sama yang SEA Games," kata Rionny di Jakarta, Rabu (12/04/23).

"Di sana yang terkuat. Menjadi kekuatan membentuk tim yang kuat menjadi lebih percaya diri dan untuk lawan juga mengganggu karena kekuatan kita merata," ujar Rionny menambahkan.

Ada pun Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti sendiri diketahui mendapatkan kesempatan tampil di Badminton Asia Championships.

Baca Juga
PBSIPiala SudirmanPraveen Jordan/Melati DaevaBulutangkisBerita BulutangkisDejan Ferdinansyah/Gloria Widjaja

Berita Terkini