x

Gara-gara Lee Zii Jia, Veteran Malaysia Ini Langsung ‘Nganggur’ Usai Gantung Raket

Kamis, 27 April 2023 16:16 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Pebulutangkis veteran Malaysia, Liew Daren, langsung menganggur usai gantung raket seiring dengan kandasnya Lee Zii Jia di Badminton Asia Championships 2023.

FOOTBALL265.COM – Pebulutangkis veteran Malaysia, Liew Daren, langsung menganggur usai memutuskan gantung raket seiring dengan kandasnya Lee Zii Jia di Badminton Asia Championships (BAC) 2023.

Liew Daren, yang juga merupakan pelatih dan sparring partner tungal putra nomor 4 dunia, Lee Zii Jia baru-baru ini memutuskan pensiun.

Hal ini dikarenakan peringkatnya terus merosok ke urutan 34 dunia dan gagal lolos ke Badminton Asia Championships 2023 di Dubai pekan ini.

Selain itu, melansir dari The Star, Liew Daren mengonfirmasi keputusannya pensiun ini karena dirinya ingin fokus membimbing Lee Zii Jia sebagai pelatih.

 “Saya bisa mengonfirmasi bahwa saya pensiun,” kata Daren, singkat.

Baca Juga

“Tapi untuk saat ini, saya tidak ingin berkomentar lebih lanjut karena saya saat ini berada di Duba,” lanjutnya.

Sebelumnya, Liew Daren memang menjalani peran ganda sebagai pemain dan pelatih Lee Zii Jia sejak awal tahun ini, setelah Zii Jia berpisah dengan Indra Wijaya.

Baca Juga

Liew Daren saat ini memang tengah Dubai, Uni Emirat Arab, karena dia memiliki tanggung jawab mendampingi Lee Zii Jia yang bertanding di BAC 2023.

Namun tugasnya tak berlanjut lebih lama lantaran Lee Zii Jia gagal melaju jauh di ajang yang berhasil dia menangkan pada edisi tahun lalu.

Lee Zii Jia harus mengubur mimpinya mempertahankan gelar juara usai kandas di tangan pemain Hong Kong, Ng Ka Long Angus dengan skor 19-21, 16-21.

Baca Juga

1. Liew Daren Masih Akan Melatih Lee Zii Jia?

Daren Liew, tunggal putra Malaysia.

Setelah Lee Zii Jia kandas di babak pertama BAC 2023, praktis Liew Daren tidak memiliki banyak tugas selama keberadaannya di Dubai.

Selain itu, belum juga diketahui apakah Liew Daren masih tetap akan membimbing Lee Zii Jia untuk menatap turnamen berikutnya pada Mei mendatang.

Pasalnya, Lee Zii Jia sendiri sudah bergabung di pemusatan latihan di pelatnas bulutangkis Malaysia (BAM) meski statusnya masih pemain independen.

Pihak BAM juga belum memutuskan apakah Lee Zii Jia akan dibimbing oleh pelatih yang sama dengan tunggal putra nasional, seperti halnya Ng Tze Yong dilatih Hendrawan.

Lee Zii Jia diketahui bergabung lagi dengan pelatnas Malaysia karena dirinya dipanggil untuk membela negaranya di Piala Sudirman 2023 yang akan digelar di Suzhou, China, 14-21 Mei 2023.

Baca Juga

Di sisi lain, Liew Daren memutuskan pensiun karena dirinya sempat berjuang mengatasi cedera dalam setahun terakhir. Dirinya juga beberapa kali sempat memberi kode akan gantung raket.

Sebelum gantung raket, Liew Daren tercatat sempat berkompetisi di German Open, All England, hingga Swiss Open 2023.

Baca Juga

Pernah menjadi tunggal putra top 10 dunia, pencapaian tertinggi yang pernah diraih oleh Liew Daren adalah memenangkan gelar French Open 2012 setelah mengalahkan Viktor Axelsen di final.

Dirinya juga pernah memenangkan medali perunggu di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2018 di Nanjing, China, serta jadi bagian dari tim Malaysia saat menjadi runner-up di Piala Thomas 2014.

Baca Juga
MalaysiaBadminton Asia ChampionshipsDaren LiewBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Lee Zii JiaBerita Bulutangkis

Berita Terkini