x

Lee Zii Jia dan Jonatan Out dari BAC 2023, Anthony Ginting: Persaingan Masih Ketat

Kamis, 27 April 2023 09:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, mengatakan persaingan di BAC 2023 masih ketat meski Jonatan Christie mundur dan Lee Zii Jia tumbang. (Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM – Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, mengatakan bahwa persaingan di Badminton Asia Championships (BAC) 2023 masih ketat meski Jonatan Christie mundur dan Lee Zii Jia tumbang di babak pertama.

Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie dan Lee Zii Jia merupakan tiga unggalan teratas nomor tunggal putra yang beraksi di Badminton Asia Championships 2023 di Dubai (25-30 April 2023).

Namun hanya Anthony Ginting yang mampu melaju ke babak kedua atau 16 besar setelah mengalahkan Wang Tzu Wei dari Thailand dengan skor 21-16, 21-17 pada Rabu (26/04/23).

Selanjutnya, tunggal putra nomor 2 dunia tersebut akan menghadapi wakil Jepang, Kenta Nishimoto di babak 16 besar yang akan digelar Kamis (27/04/23).

Sementara Jonatan Christie terpaksa mundur dari sebelum bertanding dari turnamen tersebut karena mengalami infeksi dan sempat dilarikan ke rumah sakit.

Baca Juga

Ada pun Lee Zii Jia dari Malaysia harus mengubur mimpinya mempertahankan gelar juara usai kandas di tangan pemain Hong Kong, Ng Ka Long Angus dengan skor 19-21, 16-21.

Diketahui, Lee Zii Jia dan Jonatan Christie adalah juara dan runner-up BAC tahun lalu. Tersingkirnya duo unggulan ini membuat Ginting difavoritkan meraih gelar tahun ini.

Baca Juga

Namun Ginting ogah bersikap jemawa.  Baginya, persaingan antarpemain tunggal putra se-Asia sangatlah ketat karena kekuatannya saat ini hampir merata di semua negara.

“Persaingan sama saja akan ketat walau juara dan runner up tahun lalu (Lee Zii Jia dan Jonatan Christie) sudah tidak lanjut, karena semua pemain memiliki kualitas yang bagus,” ujar Ginting dalam keterangan resmi PBSI.

“Top ranking juga kan kebanyakan dari Asia jadi kekuatan merata. Tadi lawan saya juga cukup berat dan besok lawan Nishimoto. Coba lebih fokus ke diri sendiri dulu,” tambahnya.

Baca Juga

1. Tidak Mudah Menaklukkan Wang Tzu Wei

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting di laga perdana All England pada Selasa (14/3/2023) waktu Inggris. (Foto: PBSI)

Anthony Sinisuka Ginting sendiri melalui babak pertama dengan tidak mudah. Dia harus menghadapi Wang Tzu Wei yang berperingkat 22 dunia tapi kerap menyulitkan lawan.

Hal ini terlihat saat Wang bangkit dan memberi perlawanan untuk meraih sejumlah poin tambahan guna memperkecil kedudukan di interval gim pertama.

Wang juga sempat memberi ancaman serius di awal gim kedua lewat perubahan pola permainann yang merepotkan Ginting hingga interval.

“Di gim kedua Wang Tzu Wei mengubah permainan dan memimpin hingga interval. Dari situ saya coba mengubah strategi dengan coba pegang kendali kontrol di bola depannya,” ujar Ginting.

Untungnya, Ginting masih bisa mempertahankan keunggulan setelah turun minum. Dia memanfaatkan beberapa kesalahan Wang untuk mengunci kemenangan.

Baca Juga

Ginting pun merasa bersyukur bahwa dia bisa melalui pertandingan babak 32 besar BAC 2023 ini dengan baik dan tanpa mengalami cedera.

Selain mengatasi perlawanan Wang, Ginting juga berusaha mengatasi shuttlecock yang kencang hingga fokus mengontrol pukulan.

Baca Juga

“Mengucap syukur bisa bermain dengan baik dan menyelesaikan pertandingan tanpa cedera,” kata Ginting.

“Memang harus lebih tepat sih tadi dari segi strategi bermainnya karena dari segi shuttlecock juga kencang. Jadi harus lebih fokus dalam penerapan pukulan-pukulannya biar bisa terkontrol kekuatan tenaga tangannya. Dan Puji Tuhan hari ini berhasil,” tambahnya.

Hasil ini membuat Ginting unggul 6-2 dalam duel kontra Wang Tzu Wei sejak pertama bertemu di Kuching International Challenge 2013.

Menghadapi Kenta Nishimoto nantinya, Anthony Ginting juga memegang keunggulan head to head 5-2 dari pemain yang dianggap mirip Taufik Hidayat tersebut.

Baca Juga
Anthony Sinisuka GintingJonatan ChristieBadminton Asia ChampionshipsBulutangkisLee Zii JiaBerita Bulutangkis

Berita Terkini