x

Demi Selamatkan Muka Indonesia di Semifinal BAC 2023, Dejan/Gloria Siapkan Hal Ini

Sabtu, 29 April 2023 09:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja di Badminton Asia Championships (BAC) 2023. Foto: PBSI.

FOOTBALL265.COM - Jadi tulang punggung Indonesia yang tersisa di babak semifinal Badminton Asia Championships (BAC) 2023, Dejan/Gloria menyiapkan faktor non-teknis.

Sebagaimana diketahui, Indonesia awalnya mengirimkan sembilan wakil terbaiknya di babak perempat final Badminton Asia Championships, Jumat (28/04/23).

Namun, satu per satu wakil Merah Putih berguguran. Saat ini hanya tersisa Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Anthony Sinisuka Ginting yang ke semifinal.

Perjuangan Dejan/Gloria untuk melangkah ke semifinal BAC 2023 pun tidak mudah.

Menghadapi kuda hitam India, Rohan Kapoor/Reddy Sikki, awalnya Dejan/Gloria bisa menaklukkan pasangan tersebut di game pertama.

Baca Juga

Hanya saja di game kedua, Dejan terlihat kurang fokus dan akhirnya pasangan India berhasil mencuri kemenangan penting. Laga pun dilanjutkan ke game ketiga.

Memasuki game ketiga, Dejan/Gloria tampil lebih tenang setelah mendapat arahan dari pelatih Vita Marissa. Mereka pun berhasil memenangkan laga dengan skor 21-18, 19-21, 21-15.

Baca Juga

Pengalaman Gloria Widjaja menjadi salah satu faktor kemenangan di BAC 2023. Ia bisa membimbing Dejan Ferdinansyah sehingga kembali fokus ke strategi.

"Puji Tuhan hari ini saya bisa fokus ke diri sendiri, tetap tenang dan tidak ikut goyah ketika Dejan tidak bisa mengeluarkan performa terbaiknya," ungkap Gloria.

"Saya juga coba terus menenangkan dia tadi," ucap pebulu tangkis senior berusia 29 tahun tersebut.

Baca Juga

1. Dejan Siapkan Faktor Non-Teknis

Pasangan ganda campuran Indonesia, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja jadi tulang punggung di semifinal Badminton Asia Championships (BAC) 2023. (Foto: PBSI)

Perjuangan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja di BAC 2023 memang tidak sepenuhnya mulus. Mereka berjumpa unggulan China, Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping di babak pertama.

Lalu kemudian Dejan/Gloria bermain sengit menghadapi ganda asal Thailand, Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran di babak 16 besar, skor akhir 21-18, 17-21, 22-20.

Pertarungan sengit juga kembali terjadi di babak perempat final. Dejan mengaku tak bisa mengeluarkan performa terbaiknya.

"Kalau secara performa, saya merasa kurang puas karena permainan saya tidak keluar sama sekali. Di luar ekspektasi dan strategi yang disiapkan," ungkap Dejan.

"Saya merasa tegang, tidak bisa kontrol diri, beruntung pelatih dan partner saya bisa menenangkan saya, membuat saya kembali fokus ke diri sendiri," jelas pemain 23 tahun itu.

Baca Juga

Saat ditanya, apakah hasil sengit melawan ganda Thailand di 16 besar berpengaruh pada permainannya saat melawan Rohan Kapoor/Reddy Sikki, Dejan menampiknya.

"Tidak ada terbawa pengaruh pertandingan kemarin, itu kan sudah lewat, tapi memang di babak ini saya tegang setelah di babak pertama main bagus dan kemarin main ramai." 

Baca Juga

"Ini jadi pelajaran buat saya untuk besok menyiapkan hal-hal non-teknis juga," tegas Dejan Ferdinansyah lagi.

Memasuki babak semifinal BAC 2023, Sabtu (29/04/23) Dejan/Gloria akan menghadapi ganda China, Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin. Secara head to head, kedua pasangan ini masih berimbang.

"Besok (Sabtu) kami ketemu Jiang/Wei dari China, rekor pertemuan kan 1-1, tapi terakhir bertemu kami kalah, jadi semoga besok bisa revans," harap Gloria Emanuelle Widjaja.

Baca Juga
Badminton Asia ChampionshipsBulutangkisBerita BulutangkisDejan Ferdinansyah/Gloria Widjaja

Berita Terkini