x

3 Legenda Bulutangkis Jadi Patung Lilin Madame Tussauds, Ada dari Indonesia

Jumat, 5 Mei 2023 10:20 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Tiga atlet bulutangkis dunia yang diabadikan dalam bentuk patung lilin di Madame Tussauds, dari Lee Chong Wei hingga legenda Indonesia Rudy Hartono.

FOOTBALL265.COM - Tiga atlet bulutangkis dunia yang diabadikan dalam bentuk patung lilin di Madame Tussauds, dari Lee Chong Wei hingga legenda Indonesia Rudy Hartono.

Prestasi dan dedikasi seorang atlet bulutangkis bisa dihargai dengan beragam cara, dari pemberian sebuah trofi, hadiah uang, piagam, hingga dibuatkan patung sebagai bentuk penghormatan.

Memang ada atlet bulutangkis yang dibuatkan patung? Jawabannya ada, namun mungkin belum banyak. Seperti tiga tokoh bulutangkis dunia yang dibuatkan museum patung lilin Madame Tussauds.

Tiga tokoh bulutangkis yang dibuatkan patung liling Madam Tussauds adalah Lee Chong Wei, Lin Dan, dan Rudy Hartono.

Mereka dibuatkan patung lilin bersanding dengan  ribuan tokoh terkenal dunia yang diberikan penghargaan atas prestasi dan inovasinya.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT merangkumkan dalam daftar tiga atlet bulutangkis yang diabadikan dalam patung lilin di Museum Madame Tussauds.

1. Lee Chong Wei
Legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei mendapatkan kehormatan diabadikan dalam patung lilin di Museum Madame Tussauds.

Baca Juga

Melansir instagram Djarum Badminton pada Kamis (4/5/23), patung lilin Madame Tussauds Lee Chong Wei diketahui sudah lama di Musem Madame Tusauds Hong Kong sejak Juni 2020 silam.

Patung lilin tersebut dibuat setelah Lee Chong Wei gantung raket pada Januari 2020. Melansir laman Madame Tussauds, penghargaan pada Lee Chong Wei diberikan atas prestasinya di dunia bulutangkis.

Lee Chong Wei disebut memecah rekor selama 349 minggu sebagai atlet top dunia, dan 199 minggu di puncak ranking tunggal putra.

Dengan mencapai 69 gelar super series, Lee Chong Wei juga mewakili Malaysia senagai duta besar UNICEF (United Nations Children’s Fund).

Baca Juga

1. Diramaikan Legenda Indonesia

Tak hanya legenda bulutangkis Malaysia dan China saja yang punya patung lilin. Ada juga patung lilin legenda tunggal putra Indonesia, Rudy Hartono. di Museum Madam Tussauds.

2. Lin Dan

Masih dilansir dari instagram Djarum Badminton, legenda bulutangkis China, Lin Dan, sudah menorehkan deretan prestasi apik di kariernya.

Merangkum, Lin Dan adalah juara Olimpiade dua kali, juara dunia (50, juara All England (6), dan masih banyak lagi prestasinya.

Sebelum pensiun pada 2020, patung lilin Lin Dan mulai dipajang di Museum Madame Tussauds yang berada di Shanghai China pada tahun 2016.

Atau bersamaan dengan dibukanya museum keenam Madame Tussauds yang ada di dunia saat itu, menyusul museum yang berada di London, Amsterdam, New York, Hong Kong, and Las Vegas.

Di Museum Madame Tussauds Shanghai itu, Lin Dan bersanding dengan dua atlet terbaik China lainnya, pebasket NBA, Yao Ming dan pelari juara Olimpade, Liu Xiang.

Baca Juga

3. Rudy Hartono

Tak hanya legenda bulutangkis Malaysia dan China saja yang punya patung lilin. Ada juga patung lilin tunggal putra legendaris Indonesia, Rudy Hartono. di Museum Madam Tussauds.

Patung lilin Rudy Hartono sudah ada di Museum Madame Tussauds sejak 2016. Rudy Hartono saat itu menjadi orang kedua asal Indonesia yang mendapatkan penghormatan serupa setelah Presiden Soekarno.

Baca Juga

Penampakan patung lilin Rudy Hartono di Museum Madame Tussauds tak lepas dari prestasinya untuk bulutangkis Indonesia di kancah dunia.

Prestasi Rudy Hartono di antaranya adalah menjuarai turnamen bulutangkis All England secara tujuh kali berturut-turut mulai dari tahun 1968 hingga 1974.

Rudy Hartono juga turut serta dalam keberhasilan Indoensia merengkuh empat gelar juara Piala Thomas (1970, 1973, 1976, 1979) serta podium kedua (1967, 1982).

Baca Juga

Sumber: Madame Tussauds, Djarum Badminton

Lee Chong WeiLin DanRudy HartonoBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini