x

China Bawa Skuat Bintang ke Piala Sudirman 2023, Liu Yuchen Tulis Pesan Menohok

Minggu, 7 Mei 2023 16:17 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
Ganda putra China, Liu Yuchen tulis pesan menohok meski tim bulutangkis Tiongkok menurunkan skuat bintang di Piala Sudirman 2023.

FOOTBALL265.COM – Ganda putra China, Liu Yuchen tulis pesan menohok meski tim bulutangkis Tiongkok menurunkan skuat bintang di Piala Sudirman 2023.

Seperti diketahui, tim bulutangkis China yang berambisi mempertahankan trofi juara menurunkan pemain paling komplet di Piala Sudirman 2023.

Skuat China bisa dibilang bintang karena menurunkan pemain top di lima sektor. Di mana mayoritas pemain berada di peringkat top 10 BWF.

Salah satunya ganda putra yang turut menjadi sektor andalan China di Piala Sudirman 2023 menurunkan Liu Yuchen/Ou Xuanyi dan Liang Weikeng/Wang Chang.

Ya, dua pebulutangkis ganda putra itu memang dua teratas di China di mana Liu Yuchen/Ou Xuanyi berada di ranking 6 dunia sementara Liang Weikeng/Wang Chang di peringkat 7.

Baca Juga

Kendati demikian, salah satu penggawa ganda putra China, Liu Yuchen menuliskan komentar menohok di akun sosial media, Weibo miliknya pada Jumat (05/05/23).

2017-2019 (ikut Piala Sudirman), terdepak dari skuat di 2021, sekarang 2023, saya akan kembali, ayo tim bulutangkis China,” tulis Liu Yuchen.

Baca Juga

Liu Yuchen menuliskan pesan menohok karena tak diikutsertakan di edisi 2021 karena penurunan performa. Di mana kala itu ia masih berpasangan dengan Li Junhui.

Sementara di Piala Sudirman 2023, Liu Yuchen membuktikan dapat menjadi ancaman di sektor ganda putra bersama pasangan barunya, Ou Xuanyi.

Sekadar informasi, China sendiri berstatus sebagai juara bertahan dan bukan hal yang mustahil dapat kembali merebut Piala Sudirman 2023. Apalagi dengan menurunkan skuat paling sempurna.

Baca Juga

1. Tim China Rebut Piala Sudirman 2023?

Ganda putra China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi.

Sebagai informasi, China menjadi tim bulutangkis tersukses dalam sejarah Piala Sudirman. Yakni berhasil menyabet 12 trofi sejak kejuaraan ini dimulai pada 1989.

Sementara di posisi kedua ada Korea Selatan yang berhasil meraih empat gelar Piala Sudirman (1991, 1993, 2003, 2017) dan Indonesia dengan satu gelar (1989).

Tak hanya itu, China sukses meraih dua gelar Piala Sudirman beruntun yakni pada 2019 dan 2021 di mana pada dua edisi tersebut mengalahkan Jepang di final.

Pada edisi terakhir, China berhasil mengalahkan Jepang dengan skor 3-1 padahal tidak dihuni pemain andalannya seperti Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan Li Junhui/Ou Xuanyi.

Kala itu, Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan Li Junhui/Ou Xuanyi dianggap tampil kurang memuaskan dan memilih Wang Yilyu/Huang Dongping dan He Jiting/Tan Qiang sebagai ganda utama.

Baca Juga

Namun, China tampaknya tak main-main di Piala Sudirman 2023 kali ini dengan berambisi memperpanjang rekor kemenangan dalam dua edisi terakhir.

Selain Liu Yuchen/Ou Xuanyi dan Liang Weikeng/Wang Chang yang menjadi andalan di sektor ganda putra, China turut menurunkan ganda putri terbaiknya, Chen Qingchen/Jia Yifan hingga Zheng Yu/Zhang Shuxian.

Baca Juga

Sementara dua ganda campuran andalan China juga dipastikan turun yakni Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan Feng Yanzhe Huang Dongping.

Lalu, di sektor tunggal putri ada Chen Yufei hingga He Bingjiao dan sektor tunggal putra masih mengandalkan Shi Yuqi hingga Li Shifeng.

Sekadar informasi, tim bulutangkis China sendiri berstatus sebagai unggulan pertama dan tergabung di Grup A bersama dengan Denmark, Singapura dan Mesir dan besar kemungkinan dapat lolos ke fase gugur sebagai juara grup dan memastikan gelar juara di Piala Sudirman 2023.

Baca Juga

Sumber: Weibo Liu Yuchen

ChinaPiala SudirmanBulutangkisBerita BulutangkisLiu YuchenLiu Yuchen/Ou Xuanyi

Berita Terkini