x

Tim Bulutangkis Putri Gagal Rebut Emas SEA Games 2023, Rionny Mainaky Beri Petuah

Kamis, 11 Mei 2023 17:55 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Subhan Wirawan
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky beri petuah kepada tim bulutangkis putri usai gagal merengkus medali emas SEA Games 2023.

FOOTBALL265.COM – Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky beri petuah kepada tim bulutangkis putri usai gagal merengkus medali emas SEA Games 2023.

Seperti diketahui, tim bulutangkis putri Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor 3-0 di babak final SEA Games 2023 yang dihelat di Kamboja.

Dengan ini, tim putri harus puas kembali meraih medali perak yang turut memperpanjang rekor buruk Ester Nurumi Tri Wardoyo dkk dari Thailand di SEA Games 2023.

Meski kembali gagal meraih medali emas usai takluk dari Thailand, Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky mengungkapkan puas dengan hasil yang diraih anak didiknya.

“Hasil ini memberikan pengalaman bagi pemain-pemain putri kita. Mereka kan pemain muda, harus buat lebih yakin dalam bermain,” kata Rionny dalam rilis PBSI.

Baca Juga

Ya, mayoritas pemain putri yang dibawa ke SEA Games 2023 merupakan pemian pelapis yang masih berusia belia seperti Ester Nurumi Tri Wardoyo hingga Komang Ayu Cahya Dewi.

Sekadar informasi, Thailand sendiri menurunkan tim tangguhnya seperti Lalinrat Chaiwan di tunggal utama yang sukses menaklukkan Komang Ayu Cahya Dewi di partai pembuka.

Baca Juga

Sementara di pertandingan kedua ada Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi yang kalah kelas dengan ganda nomor satu Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

Lalu, perjuangan tim bulutangkis putri Indonesia terhenti usai Ester Nurumi Tri Wardoyo takluk dari tunggal Thailand, Supanida Kathethong.

Meski kembali gagal meraih emas di SEA Games 2023, tim bulutangkis putri Indonesia telah menunjukkan penampilan yang maksimal karena secara kualitas Thailand memang jauh lebih unggul.

Baca Juga

1. Petuah Rionny untuk Tim Putri

Rionny Mainaky, Kabid Bimpres PBSI

Usai takluk dari Thailand di nomor beregu putri, Rionny Mainaky yang turut mendampingi tim putri Indonesia memberikan evaluasi terutama di sektor tunggal putri.

Komang Ayu Cahya Dewi yang menjadi wakil pertama Indonesia di partai pembuka tak bisa banyak bicara melawan Juara Asia Junior 2019 itu.

Menurut Rionny Mainaky, faktor utama yang menjadi penyebab kekalahan Komang Ayu Cahya Dewi dari Lalinrat Chaiwan adalah kurang bisa mengembangkan permainan dan tak berani bermain menekan.

“Tadi semua yang turun cukup kasih tekanan ya ke lawan, harusnya bisa ramai bahkan bisa menang menurut saya,” kata Rionny Mainaky di SEA Games 2023.

“Komang tadi main bagus tapi masih harus mengembangkan cara menekannya, saat memimpin harus lebih lagi tekanannya,” sambungnya.

Baca Juga

Sementara itu, di partai kedua SEA Games 2023 ada Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi yang tak berkutik melawan Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

Menurut Rionny, penampilan Febriana/Amalia yang belum konsisten menjadi penyebab utama kekalahan dari ganda putri nomor satu Thailand itu.

Baca Juga

“Untuk Ana/Tiwi, start kurang bagus, setelah itu mulai menemukan ritme tapi masih banyak salah sendiri, belum konsisten,” kata Rionny.

Terakhir, ada Ester Nurumi Tri Wardoyo yang dianggap bermain cukup baik namun kurang melakukan variasi yang membuat Supanida Kathethong bermain lebih dominan.

“Untuk Ester tadi bagus, pukulan dan pola main sudah benar tapi masih kurang variasi. Ini harus terus diperbaiki dan ditingkatkan di perorangan. Saya harap kalau bertemu lagi dengan lawan tadi, kita bisa revans,” pungkas Rionny Mainaky di SEA Games 2023.

Baca Juga

Sumber: PBSI

BulutangkisBerita BulutangkisEster Nurumi Tri WardoyoKomang Ayu Cahya DewiRionny MainakyFebriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya PratiwiSEA Games 2023

Berita Terkini