x

Indonesia vs China di Piala Sudirman 2023, Legenda Bulutangkis Tulis Komentar Menohok

Jumat, 19 Mei 2023 13:49 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
Tunggal putra Indonesia di Piala Sudirman 2023, Anthony Sinisuka Ginting.

FOOTBALL265.COM – Legenda bulutangkis, Debby Susanto, menuliskan pesan menohok usai diumumkan hasil drawing perempatfinal Piala Sudirman 2023 yang mempertemukan Indonesia vs China.

Seperti diketahui, undian perempatfinal Piala Sudirman 2023 baru saja dihelat pada Kamis (18/05/23) malam WIB usai laga China vs Denmark.

Indonesia yang lolos ke perempatfinal sebagai runner-up Grup B harus melakoni partai berat melawan China yang keluar sebagai juara Grup A.

Tentu, hasil undian ini tak menguntungkan Indonesia. Apalagi, line-up Piala Sudirman 2023 bisa dibilang lebih menguntungkan China di mana menaruh ganda campuran di partai pembuka.

Hal ini turut menjadi sorotan legenda bulutangkis Indonesia di sektor ganda campuran, Debby Susanto, yang menyoroti undian maut perempatfinal.

Debby Susanto beri komentar tentang hasil drawing yang mempertemukan Indonesia vs China di perempatfinal Piala Sudirman 2023.
Baca Juga

Memang jodoh ya (Indonesia vs China),” tulis Debby Susanto, melansir unggahan di Instagram Story-nya.

Tentu, Debby Susanto paham betul rasanya bertemu China di Piala Sudirman. Mantan partner Praveen Jordan itu pernah berhadapan di edisi 2015.

Baca Juga

Kala itu, Indonesia harus bertemu China di semifinal. Namun, Greysia Polii dkk harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 1-3.

Selain itu, laga kali ini akan menjadi berat bagi Indonesia. Pasalnya, belum ada sejarah China gagal di semifinal dalam 28 tahun terakhir.

Terakhir kali kalah di semifinal yakni pada edisi 1989, 1991 dan 1993. Setelahnya, China selalu melaju ke final dan berhasil menorehkan 12 gelar juara Piala Sudirman.

Baca Juga

1. Indonesia Turunkan Skuat Terbaik

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung di Piala Sudirman 2023. (Foto: PBSI)

Sadar undian tak menguntungkan di perempatfinal Piala Sudirman 2023, tim bulutangkis Indonesia menyebutkan bakal menurunkan skuat terbaiknya.

China sendiri kuat di sektor ganda campuran dan diprediksi menurunkan Zheng Siwei/Huang Yaqiong yang akan berlaga di partai pertama.

Lalu, di sektor tunggal putri, China memiliki Chen Yufei dan He Bingjao yang di atas kertas lebih unggul dari tunggal utama Indonesia, Gregoria Mariska.

Akan tetapi, Indonesia memiliki kesempatan di dua sektor yakni tunggal putra di mana Anthony Ginting diprediksi bakal turun kali ini. Sementara wakil China, Shi Yuqi dan Li Shifeng tidak berada dalam top performa.

Lalu, di ganda putra, pelatih Herry IP mengungkapkan akan menurunkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sebagaimana dalam rilis PBSI.

Baca Juga

“Kita tinggal mengadu saja dan melihat susunan seperti apa pemain lawan. Bagi saya, siapa pun lawan yang akan ditemui, kami akan turunkan Fajar/Rian. Mereka ini tetap yang terbaik,” kata Herry IP.

China sendiri diprediksi menurunkan dua wakil terbaiknya yakni Liu Yuchen/Ou Xuanyi atau Liang Weikeng/Wang Chang. Di atas kertas, Fajar/Rian lebih unggul.

Baca Juga

Sementara sektor terakhir ada ganda putri. Meski Chen Qingchen/Jia Yifan lebih unggul, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti memiliki kans untuk menang.

Pasalnya, pasangan Apriyani/Fadia sendiri pernah mengalahkan Chen Qingchen/Jia Yifan di turnamen bulutangkis, Malaysia Open 2022.

Sementara Apriyani Rahayu berulang kali mengalahkan Chen/Jia kala masih berpasangan dengan Greysia Polii. Tentu, dengan ini, bukan hal yang mustahil bagi Indonesia untuk mengalahkan China di Piala Sudirman 2023.

Baca Juga

Sumber: Instagram Debby Susanto

ChinaDebby SusantoPiala SudirmanBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini