x

Rinov/Pitha Ungkap Kunci Bungkam Praveen/Melati di Singapore Open 2023

Rabu, 7 Juni 2023 16:14 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Rinov Rivaldi/Pitha Haningtyas Mentari mengungkapkan kunci kemenangan saat melawan Praveen Jordan/Melati Daeva meski sempat diuntungkan di Singapore Open 2023. (Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM - Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldi/Pitha Haningtyas Mentari, mengungkapkan kunci kemenangan saat melawan Praveen Jordan/Melati Daeva meski sempat diuntungkan di Singapore Open 2023.

Bertanding di Singapore Indoor Stadium, Rabu (07/06/23), Rinov/Pitha berhasil mengalahkan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti tiga gim, dengan skor akhir 21-17, 19-21, 21-16.

“Alhamdulillah bisa main baik dan diberi kemenangan. Mungkin dalam pertandingan tadi kami lebih siap saja,” ucap Rinov Rivaldy dalam keterangan resmi PBSI.

“Meski senang, saya juga merasa sedih karena harus ketemu pemain senior di babak pertama. Tapi ini kompetisi, jadi ya mau tidak mau harus tampil sebaik dan sesiap mungkin,” tambah Rinov.

Selain itu, Rinov/Pitha meminta maaf kepada mantan pasangan no. 5 ranking BWF tersebut karena beberapa poin yang mereka didapat karena diuntungkan keputusan penjaga garis.

Baca Juga

“Saya juga minta maaf ke Praveen/Melati karena saya merasa lebih diuntungkan oleh beberapa kali keputusan penjaga garis,” lanjutnya.

Secara head to head, Rinov/Pitha memang unggul atas Praveen/Melati. Ganda Pelatnas PBSI itu pernah menang di Malaysia Open 2019 dan Indonesia Masters 2022.

Baca Juga

Namun saat membuka pertandingan match pertama Singapore Open 2023, Rinov/Pitha harus bersaing sengit untuk bisa meraih kemenangan.

Rinov/Pitha mampu meraih kemenangan pada gim pertama. Namun pada gim kedua, Praveen/Melati berhasil membalas.

“Di gim kedua, ketika berpindah lapangan memang berpengaruh. Kami kalah angin dan kurang siap dengan pola permainan kami sendiri,” ungkap pasangan main Pitha Haningtyas Mentari tersebut.

Baca Juga

1. Persiapan Rinov/Pitha Hadapi Unggulan Jepang

Pasangan ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di Swiss Open 2023. (Foto: PBSI)

Pada gim terakhir, pertarungan sengit kembali terjadi antara Rinov/Pitha dan Praveen/Melati. Rinov/Pitha hampir tertinggal saat interval gim ketiga 10-11.

Namun Praveen kerap lakukan error saat servis  sehingga Rinov/Pitha bisa mengimbangi 14-14. Rinov coba memanfaatkan kesempatan itu untuk mengulur waktu.

Benar saja, Rinov/Pitha bisa kembali mengasah fokus dan unggul 17-14. Rally panjang membawa mereka memimpin 18-14, dan akhirnya mencapai match point 20-15.

Pitha sempat meminta perawatan medis paska tergelincir di lapangan. Pukulan Praveen membentur net, skor akhir 21-16 untuk kemenangan Rinov/Pitha di Singapore Open 2023.

“Kunci kemenangan tadi, saya memang harus percaya kepada partner. Kami dari awal juga yakin dengan pola yang kami kembangkan,” ungkap Pitha Haningtyas Mentari.

Baca Juga

“Menghadapi pemain berpengalaman, kami memang harus yakin. Tidak boleh panik. Selain itu harus tidak gampang mati sendiri,” tambahnya.

Selanjutnya di babak kedua Singapore Open 2023, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari akan menghadapi unggulan dari Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Baca Juga

Di atas kertas, Rinov/Pitha belum pernah satu pun berhasil mengalahkan Yuta/Arisa dari empat pertemuan sebelumnya. Terakhir kali mereka berjumpa di French Open 2021.

Meski demikian, Pitha menegaskan bahwa dirinya dan Rinov akan tetap fokus mempersiapkan pertandingan, serta menjaga kondisi fisik dan saling mendukung satu sama lain.

“Untuk menghadapi babak selanjutnya, kami harus fokus ke satu pertandingan dulu. Kami harus bisa menjaga fokus, menjaga kondisi, dan saling suport pasangan di lapangan,” tandas Pitha.

Baca Juga
Praveen Jordan/Melati DaevaBulutangkisSingapore OpenRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasBerita Bulutangkis

Berita Terkini