x

Di Ambang Pensiun, 3 Mantan Raja Tunggal Putra Dunia yang Kariernya Meredup

Rabu, 14 Juni 2023 20:05 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Terdapat tiga pemain top tunggal putra yang kariernya meredup dan diambang pensiun, menyusul kabar mengejutkan dari Lee Zii Jia.

FOOTBALL265.COM – Terdapat tiga pemain top tunggal putra yang kariernya meredup dan diambang pensiun, menyusul kabar mengejutkan dari Lee Zii Jia.

Baru-baru ini Badminton Lovers (BL) dibuat khawatir dengan kabar bahwa Lee Zii Jia memutuskan untuk rehat dari dunia bulutangkis.

Lee Zii Jia yang menjadi unggulan kedelapan dipaksa tersingkir lebih cepat usai kalah di babak pertama Indonesia Open 2023.

Lee Zii Jia gagal memenuhi ekspektasi karena kalah dari Lakshya Sen (India) lewat dua gim langsung dengan skor 17-21 dan 13-21 hanya dalam 33 menit.

Tunggal putra andalan Malaysia itu kemudian mengatakan bahwa dirinya kemungkinan akan rehat hingga kembali menemukan performa terbaiknya.

Baca Juga

“Saya pikir untuk saat ini saya mungkin akan berhenti sementara dari bulutangkis,” ucap Lee Zii Jia dilansir dari situs BWF.

"Saya tidak tahu berapa lama saya akan rehat, namun saya akan rehat dari bulutangkis untuk sementara sampai saya mendapatkan motivasi lagi. Saya akan istirahat sejenak," cetusnya.

Selain itu, Lee Zii Jia secara blak-blakan mengatakan bahwa dirinya juga belum memikirkan kualifikasi Olimpiade Paris 2024, namun ia hanya ingin fokus untuk rehat sejenak.

Baca Juga

“Mungkin saya akan berhenti tampil turnamen, saya tidak tahu untuk berapa lama. Saya telah mempertimbangkan ini cukup lama. Ini terlalu berat bagi saya di lapangan, saya tidak bisa berkonsentrasi 100 persen,”

“Ini akan baik bagi saya untuk istirahat. Prioritas saya adalah menemukan passion saya di lapangan. Saya melakukannya dengan baik di Piala Sudirman, tetapi saya tidak melakukan banyak perubahan setelah itu.” jelasnya.

Lee Zii Jia sendiri memang tengah mengalami tahun yang penuh pesakitan, sehingga ia menjadi salah satu dari tiga pemain top tunggal putra yang mulai meredup dan bahkan diisukan pensiun.

Baca Juga

1. Tunggal Putra yang Kian Meredup

Pebulutangkis tunggal putra China, Shi Yuqi

1.  Lee Zii Jia

Lee Zii Jia menjadi salah satu pemain top di tunggal putra dunia, bahkan ia pernah menduduki peringkat kedua di ranking BWF.

Zii Jia menduduki peringkat kedua pada 25 Oktober 2023, namun posisi tersebut tak bertahan lama karena tercatat dari data BWF, posisinya mulai lengser ke peringkat keempat pada 23 Januari 2023 lalu.

Mulai memasuki bulan Mei 2023, rankingnya terus merosot mengikuti performanya yang memang terus menurun hingga kini berada di peringkat ke-11 di ranking BWF.

Pada musim 2022, Lee Zii Jia memang tak terlalu buruk dengan menjadi semifinalis di German Open, All England, Indonesia Open 2022. Kemudian menjadi runner-up di Denmark Open dan juara di Badminton Asia Championship, dan Thailand Open.

Baca Juga

Namun performanya tidak bisa ia pertahankan di tahun 2023, di mana performannya terbilang jeblok dan pencapaian terbaiknya adalah menjadi semifinalis di All England dan Swiss Open, serta sisanya didominasi berakhir di babak pertama dan kedua.

Hal ini pun membuat Lee Zii Jia merasa frustrasi hingga memutuskan untuk berhenti untuk sementara waktu dari dunia bulutangkis.

Baca Juga

2. Shi Yuqi

Shi Yuqi menjadi salah satu pemain top tunggal putra yang meredup dan bahkan dikabarkan bakal pensiun. Sama seperti Lee Zii Jia, pemain asal China ini juga pernah menduduki peringkat kedua sejak tahun 2017

Ranking BWF tersebut kemudian mulai jeblok pada awal 2022. Penurunan performa ini juga tak lepas karena beberapa kali mengalami cedera salah satunya adalah saat cedera pergelangan kaki di Indonesia Open 2019.

Kemudian ia sempat hukuman dilarang bertanding usai penampilan kontroversialnya di Piala Thomas 2020, karena retired pada match poin kala melawan Kento Momota.

Baca Juga

Belum lama ini juga tersiar kabar bahwa Shi Yuqi bakal pensiun selepas Olimpiade Paris 2024, dan merebak di kalangan para Badminton Lovers (BL) yang langsung ketar-ketir.

Pensiunnya Shi Yuqi juga dikabarkan karena beberapa faktor salah satunya ialah karena usia yang hampir menginjak umur 30 tahun dan inkonsisten meski saat ini tengah mencoba mengembalikan performanya.


2. 3. Kento Momota

Tunggal Putra Jepang, Kento Momota.

Kento Momota merupakan mantan raja di tunggal putra bahkan namanya cukup melegenda hingga mencetak rekor Guiness Book of World Records sebagai tunggal putra terlama yang menduduki peringkat satu dalam semusim.

Momota sempat berada di peringkat satu di ranking BWF pada 27 September 2018 sebelum akhirnya lengser di akhir tahun 2021 oleh pebulutangkis Denmark, Viktor Axelsen.

Menurunnya performa Momota karena beberapa hal termasuk masalah mental karena menjadi terlibat kecelakaan di Malaysia pada 2020 dan menewaskan satu orang.

Setelah kecelakaan tersebut, performanya terus memburuk hingga saat ini, dan ia belum mampu mengatasi mentalnya karena hampir selalu tersingkir di babak awal di berbagai turnamen.

Terhitung tiga tahun sudah, Momota yang belum membaik sempat dikabarkan pensiun dini setelah Momota blak-blakan mengatakan bahwa dirinya sudah kehilangan kepercayaan dirinya saat diwawancarai oleh Yahoo Jepang.

Walau demikian, Momota juga sempat mengatakan dirinya belum menunjukkan tanda-tanda bakal pensiun dan memilih untuk memaksimalkan performanya.

“Sejujurnya, saya tidak berpikir karir saya sebagai pemain akan lama sejak saya berusia 28 tahun, jadi saya ingin Anda melihat saya benar-benar memainkan peran aktif sekali lagi,” ucapnya.

Meski sudah memberikan kode belum mau pensiun pada 2022 lalu, namun isu Momota bakal pensiun dini hingga saat ini masih merebak hingga membuat BL ikut ketar-ketir.

Setelah lengsernya Lee Zii Jia, Shi Yuqi dan Kento Momota, dominasi tunggal putra masih dipegang oleh Viktor Axelsen.

Selain itu para pemain muda juga mulai menunjukan tajinya dan siap meramaikan persaingan di nomor tunggal putra.

Kento MomotaBulutangkisLee Zii JiaShi YuqiRanking BWFIndepth

Berita Terkini