x

Hancur Lebur di Indonesia Open, Lee Zii Jia Beri Sinyal Pensiun Dini dari Bulutangkis?

Rabu, 14 Juni 2023 17:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putra Malaysia Lee Zii Jia mengaku tidak memiliki gairah lagi dalam dunia bulutangkis dan ingin berhenti usai menelan kekalahan prematur di Indonesia Open 2023.

FOOTBALL265.COM - Tunggal putra Malaysia Lee Zii Jia mengaku tidak memiliki gairah lagi dalam dunia bulutangkis dan ingin berhenti usai menelan kekalahan prematur di Indonesia Open 2023.

Lee Zii Jia harus menelan pil pahit usai takluk dengan mudah dari wakil India Lakshya Sen dua set langsung 21-17 21-13 dalam waktu 33 menit, Rabu (14/06/23) di Istora Senayan.

Hasil ini membuat Lee Zii Jia tersingkir dari Indonesia Open 2023, sekaligus menjadi kekalahan beruntun sang pemain di babak pertama dalam dua turnamen terakhir.

Pebulutangkis yang jadi semifinalis All England dan Swiss Open 2023 tersebut tentunya sangat terpukul dengan hasil tersebut.

Dipahami. Indonesia Open menjadi turnamen bergengsi yang menawarkan poin tinggi untuk mendongkrak ranking BWF sekaligus poin Race to Olympic Paris.

Baca Juga

Namun dengan kalah di babak pertama turnamen, asa Lee Zii Jia untuk bisa mewakili Malaysia di Olimpiade Paris 2024 menjadi buyar seketika.

Tak ayal. Usai pertandingan tersebut, tunggal putra peringkat 11 ranking BWF tersebut mengatakan bahwa dirinya ingin beristirahat  dari dunia bulutangkis.

Baca Juga

Lee Zii Jia mengatakan dia ingin beristirahat sampai waktu yang belum diketahui. Menurutnya, dia perlu rehat sejenak sampai menemukan hasrat bermain bulutangkis lagi di waktu mendatang.

“Lakshya bermain sangat baik hari in. Saya pikir untuk saat ini saya mungkin akan berhenti sementara dari bulutangkis,” kata Lee yang terlihat putus asa melansir dari laman resmi BWF.

“Saya tidak tahu berapa lama saya akan istirahat, tapi saya akan berhenti dari bulutangkis untuk sementara, sampai saya mendapatkan motivasi lagi. Aku akan istirahat sebentar,” lanjutnya.

Baca Juga

1. Lepas Kans Lolos Olimpiade Paris?

Lee Zii Jia

Pernyataan Lee Zii Jia tersebut terbilang sangat mengejutkan. Apalagi, sang pemain baru-baru ini sudah memiliki pelatih baru untuk membantu meningkatkan performanya.

Pelatih baru Lee Zii Jia tersebut adalah Wong Tat Meng, yang sebelumnya menangangi sektor tunggal putra Hong Kong sekelas Ng Ka Long Angus.

Lee Zii Jia menambahkan bahwa sebenarnya rencananya untuk hiatus dari bulutangkis sudah terbersit sejak lama. Namun Indonesia Open tampaknya telah menjadi puncaknya.

Mantan jawara Badminton Asia Championships 2022 tersebut mengatakan dirinya ingin menemukan kembali hasratnya bermain seperti yang sempat dia tunjukkan di Piala Sudirman pada Mei lalu.

“Mungkin saya akan berhenti bermain turnamen, saya tidak tahu untuk berapa lama,” sambung Lee Zii Jia.

Baca Juga

“Saya telah mempertimbangkan ini cukup lama. Terlalu banyak bagi saya di lapangan, saya tidak bisa berkonsentrasi 100 persen. Jadi lebih baik saya beristirahat.”

“Prioritas saya adalah menemukan passion saya di lapangan. Saya melakukannya dengan baik di Piala Sudirman, tetapi saya tidak melakukan banyak perubahan setelah itu,” pungkasnya.

Baca Juga

Selanjutnya, menurut laman BWF, Lee Zii Jia tercatat belum akan mengikuti turnamen apa pun setelah mengikuti Indonesia Open 2023.

Keputusan Lee Zii Jia ini hampir sama dengan yang pernah dilakukan pemain Jepang, Kento Momota. Tahun lalu, mantan raja bulutangkis tersebut memilih istirahat usai kandas di sejumlah turnamen secara beruntun.

Momota akhirnya comeback di India Open 2023 dan mengikuti enam turnamen setelahnya meski hasilnya belum menunjukkan perbaikan secara signifikan.

Baca Juga
MalaysiaIndonesia OpenBulutangkisLee Zii JiaBerita Bulutangkis

Berita Terkini