x

Comeback atas Toma Junior Popov, Jonatan Christie Melaju Perempat Final Indonesia Open

Kamis, 15 Juni 2023 18:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Jonatan Chrsitie berhasil melaju ke babak perempat final turnamen bulutangkis Indonesia Open 2023 usai mengalahkan Toma Junior Popov, Kamis (15/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

FOOTBALL265.COM - Tunggal putra tuan rumah, Jonatan Chrsitie, berhasil melaju ke babak perempat final turnamen bulutangkis Indonesia Open 2023 usai mengalahkan Toma Junior Popov, Kamis (15/06/23).

Bertanding di Istora Senayan, Jonatan Christie butuh waktu 64 menit untuk merebut kemenangan atas Toma Popov Junior, lewat permainan tiga set 19-21, 21-11, 21-11.

Jonatan Christie sejatinya punya kesempatan menyudahi permainan tersebut dalam dua set saja setelah sempat unggul di intervalgim pertama 11-7.  

Namun konsentrasi Jonatan Christie sempat buyar sehingga perolehan poinnya disalip Toma Junior Popov yang akhirnya mampu memenangkan .

Toma memimpin perolehan beberapa poin untuk mengunci matchpoint terlebuh dulu. Jonatan sejatinya mampu mengejar tiga angka beruntun tetapi set pertama direbut oleh Toma dengan skor 19-21.

Baca Juga

Lanjut pada gim kedua, Jonatan juga memulainya dengan baik hingga mampu unggul 7-3. Namun Toma Junior bisa mengejar meski Jonatan bisa unggul di interval 11-8.

Toma Junior masih berusaha mengejar perolehan angka, tetapi pada angka  17-11 Jonatan bisa meraih empat angka beruntun untuk menangi gim pertama 21-11.

Baca Juga

Pada set ketiga, Jonatan Christie akhirnya mampu mendominasi seluruh permainan hingga netting tipis menyilang Jonatan memastikan kemenangan di set ketiga 21-11.

Kemenangan atas Toma Popov Junior tersebut memastikan Jonatan Christie melaju ke babak perempat final turnamen BWF Super 1000 tersebut.

Hasil ini sekaligus memperlebar rekor head-to-head Jonatan Christie yang tidak terkalahkan dalam tiga pertemuan melawan wakil Prancis tersebut.

Baca Juga

1. Berpotensi Hadapi Ginting atau Wakil India?

Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting pada babak 32 besar Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Rabu (14/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Selanjutnya, pebulu tangkis peringkat 11 dunia tersebut berpotensi jumpa rekan senegara Anthony Sinisuka Ginting yang akan menghadapi Priyanshu Rajawat dari India pada babak 16 besar.

Hingga berita ini diturunkan, Anthony Sinisuka Ginting masih berjuang menghadapi Priyanshu Rajawat yang sebelumnya mendapt tiket emas lolos ke 16 besar karena Kunlavut Vitidsarn retired.

Tunggal putra asal Thailand tersebut memutuskan retired lantaran cedera bahu yang dialaminya sejak tampil di semifinal Singapore Open 2023.

Jika Jonatan berjumpa dengan Anthony Ginting, ini akan memastikan Indonesia mengantongi satu tiket ke semifinal Indonesia Open siapa pun pemenangnya nanti.

Namun terlepas dari hal tersebut, pertemuan antara Jonatan Christie dan Anthony Ginting bakal menjadi hiburan tersendiri bagi seluruh penonton Istora.

Baca Juga

Hal ini karena head=to-head kedua pemain yang cukup sering bertemu di turnamen internasional. Namun, Ginting masih unggul atas Jonatan dengan rekor 5-3.

Pertemuan terakhir Jonatan dan Ginting terjadi di babak semifinal BWF World Tour Finals 2022 di mana Ginting mampu mengalahkan Jonatan secara rubber set.

Ini menjadikan Jonatan kalah tiga kali beruntun dari tunggal putra peringkat dua ranking BWF tersebut dalam tiga pertemuan terakhir.

Baca Juga

Sementara itu, keberhasilan Jonatan Christie lolos ke babak perempat final Indonesia Open 2023 menambah daftar tuan rumah ke babak 8 besar besok.

Sebelumnya, ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari lebih dulu lolos usai mengalahkan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dari Malaysia.

Selain itu, juga ada ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang berhasil mengalahkan unggulan 8 dari Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Wei di Indonesia Open. 

Baca Juga
Jonatan ChristieIndonesia OpenBulutangkisBerita BulutangkisToma Junior Popov

Berita Terkini