x

Gregoria dan Putri KW Rontok di Indonesia Open, Begini Evaluasi Coach Indra Wijaya

Kamis, 15 Juni 2023 17:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih tunggal putri PBSI, Indra Wijaya, memberikan evaluasi soal penampilan Gregoria Mariska dan Putri Kusuma Wardani usai tersingkir dari Indonesia Open 2023.

FOOTBALL265.COM - Pelatih tunggal putri PBSI, Indra Wijaya, memberikan evaluasi soal penampilan Gregoria Mariska dan Putri Kusuma Wardani usai tersingkir dari  turnamen bulutangkis Indonesia Open 2023.

Wakil Indonesia di sektor tunggal putri habis tak tersisa setelah Putri Kusuma Wardani kalah dari unggulan Jepang, Akane Yamaguchi, di babak 16 besar Indonesia Open.

Bertanding di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (15/06/23), Putri KW tak kuasa menahan serangan demi serangan Akane Yamaguchi hingga akhirnya menyerah dua gim langsung 15-21, 11-21.

Sebelumnya, Gregoria Mariska Tunjung lebih dulu terhenti di babak 32 besar Indonesia Open 2023 usai dikalahkan wakil India, PV Sindhu.

Gregoria yang dua kali beruntun mengalahkan Sindhu di Spain Masters dan Malaysia Masters kali ini harus mengakui keunggulan Sindhu secara dua gim langsung 19-21, 15-21.

Baca Juga

Coach Indra Wijaya mengaku kecewa dengan hasil yang diraih anak didiknya. Kekecewaan tersebut khususnya ditujukan pada Gregoria Mariska.

“Untuk Grego kemarin saya kurang puas, dalam arti penampilannya tidak yang terbaik,” ujar Indra Wijaya.

Baca Juga

“Konsistensinya perlu dijaga,” tambah Indra Wijaya.

Sementara itu, Indra Wijaya sangat mengapresiasi perjuangan Putri KW saat berusaha lolos ke babak 16 besar Indonesia Open  2023 kemarin.

Di babak 32 besar, Putri Kusuma Wardani memastikan kemenangan dramatis atas wakil Amerika, Irish Wang, secara rubber set 15-21, 22-20, dan 23-21.

Baca Juga

1. Indra Wijaya Apresiasi Pejuangan Putri KW

Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Dewi dikalahkan Tunggal Jepang, Akane Yamaguchi pada babak 16 besar Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Kamis (15/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Menurut Indra Wijaya, kemenangan tersebut sudah cukup untuk membuktikan Putri KW tampil all out sekaligus membuktikan tanggung jawabnya sebagai atlet nasional.

“Untuk Putri mungkin kemarin main sampai all out meskipun kita jangan lihat itu dari USA, oh itu pemain bagus, kadang-kadang kita lihat oh dari USA dari Kanada (meremehkan),” sambung Indra Wijaya.

“Sekarang badminton itu hampir rata. Kalau kita lihat fighting Putri kemarin luar biasa, itu tanggung jawab kamu untuk membuktikan. Jadi saya rasa overall cukup lumayan untuk Putri,” pungkas Indra.

Terhentinya dua srikandi Indonesia tentu menjadi sorotan, karena Gregoria Mariska dan Putri KW menjadi tulang punggung Indonesia di nomor tunggal putri.

Dari keduanya, hanya Gregoria Mariska yang berada di 10 besar ranking BWF. Meski ada di ranking 9 dunia, pebulu tangkis berusia 23 tahun itu tak masuk daftar unggulan.

Baca Juga

Sedangkan Putri Kusuma Wardani berada di ranking BWF ke-38, sehingga Gregoria Mariska pun akan dibebani ekspektasi berlebih di kandangnya sendiri.

Sejak era Susi Susanti dan era Ellen Melina, tak pernah ada tunggal putri Indonesia yang bisa menjadi juara di kandang sendiri.

Baca Juga

Terakhir kali tunggal putri menjuarai Indonesia Open pada 2001 atau 22 tahun silam, saat Ellen Melina merengkuh juara atas wakil China, Wang Chen.

Bahkan mirisnya lagi, sejak Indonesia Open 2002 hingga 2022 hanya ada satu tunggal putri tuan rumah yang bisa mencapai final, yakni Maria Kristin pada 2008 silam.

Dari catatan itu, tunggal putri pun menjadi sorotan karena belum melahirkan juara-juara baru di Indonesia Open sejak Ellen Melina pada 2001.

Baca Juga
Gregoria MariskaIndonesia OpenIndra WijayaBulutangkisPutri Kusuma WardaniBerita Bulutangkis

Berita Terkini