x

Lee Zii Jia Mantap Hiatus, Kepulangan Eks Pelatih PBSI ke Malaysia Jadi Sia-sia?

Kamis, 15 Juni 2023 17:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Keputusan tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, beristirahat dari bulutangkis bisa jadi akan membuat kepulangan mantan pelatih pelatnas PBSI, Wong Tat Meng, sia-sia.

FOOTBALL265.COM - Keputusan tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, beristirahat dari bulutangkis bisa jadi akan membuat kepulangan mantan pelatih pelatnas PBSI, Wong Tat Meng, sia-sia.

Wong Tat Meng beberapa waktu lalu resmi diumumkan sebagai pelatih baru tunggal putra independen Malaysia, Lee Zii Jia, yang berpisah dengan Indra Wijaya enam bulan lalu.

Tat Meng rela pulang ke negara asalnya setelah tujuh tahun merantau ke luar negeri demi mewujudkan meraih medali emas Negeri Jiran di Olimpiade Paris 2024.

Diketahui, Lee Zii Jia memang menjadi bagian dari atlet program Road to Gold Malaysia untuk pesta multi-olahraga terbesar di dunia tersebut tahun depan.

Wong Tat Meng sendiri sejatinya masih terikat kontrak dengan Asosiasi Bulutangkis Hong Kong (HKBA) yang akan habis pada 30 Juni mendatang.

Baca Juga

Sebelum merantau ke Hong Kong, Tat Meng menghabiskan waktu empat tahun menjadi pelatih di tim bulutangkis Korea selatan.

Di bawah tangan dinginnyalah, dia melahirkan pemain tunggal putri Korea, An Se-young yang saat ini menjadi pemain nomor 2 ranking BWF sekaligus membantu Korea juara Piala Uber 2022.

Baca Juga

Sebelumnya, Tat Meng juga pernah melatih skuat bulutangkis Indonesia pada 2012 silam, lalu Malaysia (2013 hingga 2016) dan Skotlandia (2016 hingga 2018).

Melansir dari BHarian, Wong Tat Meng akan memulai tugasnya pada Juli mendatang. Dirinya optimistis bahwa Lee Zii Jia adalah pemain yang berpotensi meraih emas Olimpiade Paris.

Akan tetapi, sebelum memulai tugasnya tersebut, Wong Tat Meng malah dikejutkan dengan keputusan Lee Zii Jia yang akan rehat dari bulutangkis sampai waktu yang tidak diketahui.

Baca Juga

1. Misi Wong Tat Meng Pertajam Lee Zii Jia Lagi

Wong Tat Meng memiliki misi khusus untuk Lee Zii Jia alih-alih Olimpiade Paris 2024

Keputusan tersebut diambil tak lama setelah Lee Zii Jia tersingkir awal di Indonesia Open 2023 usai dikalahkan wakil India Lakshya Sen dua set langsung 21-17 21-13, Rabu (14/06/23) di Istora Senayan.

“Saya pikir untuk saat ini saya mungkin akan berhenti sementara dari bulutangkis. Saya tidak tahu berapa lama saya akan istirahat, tapi saya akan berhenti dari bulutangkis untuk sementara, sampai saya mendapatkan motivasi lagi. Aku akan istirahat sebentar,” ujar Lee Zii Jia kepada media BWF.

Lee Zii Jia menambahkan bahwa sebenarnya rencananya untuk hiatus dari bulutangkis sudah terbersit sejak lama. Namun Indonesia Open tampaknya telah menjadi puncaknya.

Mantan jawara Badminton Asia Championships 2022 tersebut mengatakan dirinya ingin menemukan kembali hasratnya bermain seperti yang sempat dia tunjukkan di Piala Sudirman pada Mei lalu.

Dengan Lee Zii Jia sendiri tidak yakini akan bisa tampil di Olimpiade Paris tahun depan, Wong Tat Meng mungkin akan sedikit mengubah tujuannya saat memulai tugasnya pada Juli mendatang.

Baca Juga

Hal tersebut persis seperti yang dia ungkapkan baru-baru ini, bahwa dirinya akan membantu Lee Zii Jia menemukan dan membangun kembali performa dan kepercayaan diri sang pemain.

Apalagi, Wong Tat Meng juga melihat tunggal putra ranking 11 tersebut memiliki potensi untuk mencapai prestasi yang lebih hebat dari sebelumnya.

“Misi utama saya adalah menemukan atau membangun kembali performa dan kepercayaan diri Zii Jia. Olimpiade Paris adalah target setiap atlet elite Malaysia bukan hanya Lee Zii Jia,” kata Wong Tat Meng.

Baca Juga

“Tujuan meraih medali emas adalah harapan semua warga Malaysia dan ini tentu akan menjadi tantangan bagi kami di tim LZJ (Lee Zii Jia).”

“Secara pribadi, saya melihat Zii Jia sebagai pemain yang sangat bertalenta yang memiliki potensi untuk mencapai prestasi hebat.”

"Namun, dia perlu bekerja keras dalam latihan untuk membutikan potensi sebenarnya," ungkapnya.

Lee Zii Jia tercatat selalu kalah di babak pertama dalam dua turnamen terakhir di Singapore Open dan Indonesai Open. Pencapaian terbaiknya musim ini hanyalah semifinal All England dan Swiss Open 2023. 

Baca Juga
Indonesia OpenBulutangkisLee Zii JiaBerita BulutangkisWong Tat Meng

Berita Terkini