x

Malaysia Krisis Tunggal Putra, Lee Chong Wei Ultimatum Lee Zii Jia dan Ng Tze Yong

Senin, 19 Juni 2023 19:19 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, mengultimatum Lee Zii Jia dan Ng Tze Yong untuk segera bangkit di tengah krisis yang dialami sektor tunggal putra

FOOTBALL265.COM  - Legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, mengultimatum Lee Zii Jia dan Ng Tze Yong untuk segera bangkit di tengah krisis yang dialami sektor tunggal putra negaranya.

Tunggal putra Malaysia memang sedang tidak baik-baik saja. Pemain independen Lee Zii Jia dan andalan nasional Ng Tze Yong belakangan dalam performa jeblok.

Terbaru di turnamen Indonesia Open 2023 pekan lalu, kedua pemain tersebut sama-sama tersingkir dari babak pertama.

Ng Tze Yong tersingkir cepat dari turnamen BWF Super 1000 tersebut usai dikalahkan andalan China, Shi Yu Qi secara tiga set dengan skor 7-21, 21-17, dan 13-21.

Sementara Lee Zii Jia juga kandas di babak 32 besar seteah ditaklukkan pemain India, Lakshya Sen, dua set langsung 17-21, 13-21.

Baca Juga

Buntut dari kekalahan tersebut, mantan tunggal putra Top 2 ranking BWF tersebut memutuskan hiatus atau istirahat dari bulutangkis hingga waktu yang tidak ditentukan.

Kabar ini bak petir di siang bolong. Bagaimana tidak. Lee Zii Jia merupakan salah satu atlet yang diandalkan meraih emas Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga

Namun dengan Lee Zii Jia memutuskan hiatus, Ng Tze Yong pun kini dimasukkan ke dalam proyek Olimpiade Negeri Jiran tersebut meski performanya terbilang belum stabil.

Situasi ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi peraih tiga kali medali perak Olimpiade, Lee Chong Wei. Legenda Malaysia tersebut menaruh harapan besar Lee Zii Jia bisa kembali ke jalurnya.

Salah satu caranya yakni menunggu gebrakan dari pelatih baru Lee Zii Jia yang baru akan bertugas pada awal Juli 2023 mendatang.

Baca Juga

1. Lee Chong Wei Prihatin dengan Tunggal Putra Malaysia

Lee Chong Wei di penghargaan Hall of Fame BWF. (Foto: REUTERS/Hasnoor Hussain)

“Kita harus memberi Zii Jia waktu dan menunggu kedatangan Wong Tat Meng. Saya yakin Tat Meng memiliki pengalaman untuk membantu meningkatkan performanya,” ujar Lee Chong Wei dilansir dari Mingguan Malaysia.

Lee Chong Wei pun memaklumi keputusan Lee Zii Jia memilih beristirahat dari bulutangkis. Apalagi, ini dia lakukan setelah dirinya kerap tersingkir di tahap awal hingga merosot ke peringkat 11 dunia.

Namun, sang legenda tidak mau membiarkan hal ini berlalu terlalu lama. Lee Chong Wei ingin Lee Zii Jia kembali secepatnya untuk bersaing di Kualifikasi Olimpiade Paris.

“Tidak apa-apa jika dia ingin beristirahat tetapi seperti yang saya katakan sebelumnya, dia harus segera kembali ke lapangan karena proses kualifikasi Olimpiade sedang berlangsung,” tambah Chong Wei.

Sementara itu, Lee Chong Wei juga mengharapkan Ng Tze Yong bisa cepat menemukan ritme permainan untuk meningkatkan level permainannya.

Baca Juga

Ng Tze Yong pernah menjadi sorotan saat dirinya mampu menaklukkan sang raja dunia, Viktor Axelsen, di All England 2023. Namun setelah itu sinarnya kembali tenggelam.

“Untuk Ng Tze Yong, saya harap dia cepat menemukan ritme dan meningkatkan permainannya. Dia harus juga bermain lebih banyak turnamen (World Tour) untuk mendapatkan pengalaman karena kami tahu dia belum mencapai level yang diinginkan,” kata Lee Chong Wei.

Baca Juga

Situasi krisis tunggal putra Malaysia sendiri mencapai puncaknya ketika Wong Choong Hann memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih kepala bulutangkis BAM.

Legenda Malaysia lainnya, Tan Boon Heong, menilai Lee Chong Wei menjadi sosok yang paling layak menggantikan posisi Wong Choong Hann.

Namun baru-baru ini Lee Chong Wei mengaku dirinya belum siap mendapatkan kepercayaan tersebut . Meski demikian, dirinya bersedia menjadi penasihat untuk meningkatkan atlet bulutangkis negaranya di timnas Malaysia.

Baca Juga
Lee Chong WeiMalaysiaBulutangkisLee Zii JiaNg Tze YongBerita BulutangkisOlimpiade Paris 2024

Berita Terkini