x

Daftar Negara Tersukses di Taipei Open, Indonesia di Urutan Berapa?

Selasa, 20 Juni 2023 21:36 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Isman Fadil
Tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo dikalahkakan tunggal putra Singapur, Loh Kean Yew pada babak 32 besar Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Rabu (14/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

FOOTBALL265.COM - Indonesia ternyata tercatat sebagai negara tersukses sepanjang sejarah penyelenggaraan Taipei Open.

Ajang Taipei Open 2023 akan digelar pada pekan ini di Arena Tian-Mu, Universitas Taipei, Taiwan.

Tim bulu tangkis Indonesia mengirimkan 17 wakil untuk berlaga di turnamen berlevel Super 300 tersebut, yang didominasi oleh pemain-pemain pelapis.

Turnamen berhadiah total Rp3,1 miliar tersebut telah melangsungkan pertandingan hari pertama pada hari ini, Selasa (20/06/23).

Usut punya usut, Skuat Merah Putih ternyata memiliki sejarah manis di ajang Taipei Open dengan menyabet total 47 gelar sejak pertama kali digelar pada 1980 silam.

Torehan tersebut menjadikan Indonesia negara tersukses sepanjang sejarah penyelenggaraan Taipei Open.

Baca Juga

Gelar-gelar Indonesia di Taipei Open pun berasal dari disiplin beragam. Tunggal putra menjadi penyumbang titel terbanyak dengan 15 gelar, disusul ganda putra dengan 12 gelar.

Sementara itu, ganda campuran menyumbang 9 gelar, disusul tunggal putri dan ganda putri, masing-masing dengan 6 dan 5 gelar.

Baca Juga

Di peringkat kedua negara dengan gelar Taipei Open terbanyak, ada Korea Selatan dengan torehan 28 gelar, disusul Denmark dengan 22 gelar.

Tuan rumah Taiwan sendiri ada di posisi keempat dengan koleksi 19,5 gelar. Hal ini dikarenakan gelar ganda campuran di Taipei Open 2005 diraih oleh pasangan gado-gado Amerika Serikat-Taiwan, Tony Gunawan/Cheng Wen-hsing.

Sedangkan di peringkat kelima ada China, yang telah mengoleksi 16 gelar sejak ajang Taipei Open pertama kali digelar.

Baca Juga

1. Indonesia Tanpa Ganda Putra

Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dikalahkan oleh pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashinonpada babak 8 besar Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Jumat (16/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Lantas, mampukah Indonesia mempertahankan dominasinya pada Taipei Open tahun ini? Peluang tersebut tentu saja terbuka lebar.

Meski menurunkan pemain pelapis, beberapa nama masih berpeluang mempersembahkan gelar untuk Tim Merah Putih. Di antaranya, pemain tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Sayang, peluang Indonesia mencuri gelar dari nomor ganda putra praktis tertutup. Tak satu pun pasangan dari nomor andalan Indonesia ini dikirim ke Taipei.

Hingga kini, pihak PBSI belum memberikan alasan mengapa Indonesia tak mengirim wakil ganda putra ke Taipei Open 2023.

Hanya saja, spekulasi sudah terlanjur liar. Kebanyakan penggemar bulu tangkis Indonesia memperkirakan hal ini terjadi karena atlet ganda putra tengah "dikeramasi" pelatih Herry Iman Pierngadi.

Baca Juga

Hal ini dikarenakan ganda putra belakangan gagal mendapatkan gelar di dua kompetisi belakangan, tepatnya Singapore Open 2023 dan Indonesia Open 2023.

"Ganda putra ke mana ya min?" tulis seorang warganet.

"ganda putra mungkin diospek dulu sama coach karena gagal bawa gelar terus," jawab salah seorang warganet.

"lagi pada dikeramasin?" imbuh warganet lainnya

Baca Juga

Dalam dua kompetisi beruntun, yaitu Taipei Open 2023 dan Canada Open 2023, ganda putra Indonesia untuk kontingen pelatnas memang tak akan turun berlaga.

Hanya Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang akan turun dalam Canada Open 2023 nanti dan sudah sempat terungkap di salah satu wawancara selepas Indonesia Open 2023.

Baca Juga
Berita BulutangkisTaipei Open

Berita Terkini