x

Makin Merosot! Media China Soroti Kehancuran Ganda Putra Indonesia

Selasa, 20 Juni 2023 22:06 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
Media China, Sohu, soroti kehancuran ganda putra Tanah Air yang makin merosot usai bergulirnya turnamen bulutangkis, Indonesia Open 2023.

FOOTBALL265.COM – Media China, Sohu, soroti kehancuran ganda putra Tanah Air yang makin merosot usai bergulirnya turnamen bulutangkis, Indonesia Open 2023.

Seperti diketahui, ganda putra Indonesia kembali mencatatkan hasil kurang positif di turnamen bulutangkis level super 1000 itu yang dihelat di Istora Senayan, Jakarta.

Ganda putra sendiri menurunkan pemain terbaiknya di Indonesia Open 2023 kali ini seperti Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto hingga Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Sayangnya, meski menguasai daftar pemain unggulan, Fajar/Rian dkk malah gagal total dengan paling jauh melaju hanya sampai semifinal Indonesia Open 2023.

Satu-satunya wakil ganda putra di semifinal yakni Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan, meski pada akhirnya terhenti oleh wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Baca Juga

Hasil ini turut memperpanjang rekor buruk ganda putra Indonesia yang terakhir kali meraih gelar juara di All England 2023 yang kala itu diraih Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Dengan catatan ini, salah satu media China, Sohu, menyoroti ganda putra Indonesia yang diperkuat Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin itu, dikenal digdaya namun perlahan mulai hancur.

Baca Juga

“Ganda putra Indonesia secara bersamaan mulai terpuruk (di Indonesia Open),” tulis media China.

Benar saja, meski Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kokoh di posisi puncak ranking BWF, penampilan mereka kurang memuaskan di turnamen bulutangkis usai Tur Eropa.

Sekadar informasi, Fajar/Rian sendiri gagal naik podium tertinggi di Indonesia Open 2023 usai langkahnya terhenti di babak perempat final dari wakil India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Baca Juga

1. Ganda Putra Kurang Maksimal

Ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin pada babak pertama Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Selasa (13/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Bukan rahasia lagi jika ganda putra menguasai persaingan di beberapa turnamen bulutangkis, termasuk di gelaran Indonesia Open 2023.

Sebelumnya, mantan pebulutangkis peringkat 1 di ranking BWF yakni Kevin Sanjaya/Marcus Gideon pernah merajai Indonesia Open dengan menyabet juara di tiga edisi.

Namun, usai performa Kevin/Marcus melorot, ganda putra yang saat ini berada di top 10 ranking BWF seperti Fajar/Rian hingga Leo/Daniel terbukti belum mampu untuk naik podium.

Selain Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga terhenti di babak perempat final Indonesia Open dari Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

Lalu, ganda putra Indonesia lainnya juga tak mampu melaju lebih jauh seperti Bagas/Fikri terhenti di babak pertama dari Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Baca Juga

Sementara Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga harus mengakui keunggulan rekan senegara, Pramudya/Yeremia di babak 16 besar Indonesia Open.

Namun, yang menjadi sorotan adalah penampilan ganda putra Indonesia yang semakin merosot sebelum berlaga di Indonesia Open 2023.

Baca Juga

Hanya ada satu ganda putra yang mampu naik podium, yakni Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang keluar sebagai runner-up di Thailand Open 2023.

Selebihnya, podium juara didominasi oleh wakil China, Jepang hingga Korea Selatan yang tampil gemilang di turnamen bulutangkis pertengahan musim 2023.

Padahal, ganda putra Indonesia sempat mendominasi gelar juara di awal musim. Yakni ada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang juara di Malaysia Open dan All England.

Sementara Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga tampil menjanjikan di awal musim dengan menyabet dua gelar beruntun di Indonesia Masters dan Thailand Masters.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoIndonesia OpenBulutangkisLeo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Berita Terkini