x

Malaysia Gelar Turnamen AirBadminton, 2 Member Klan Mainaky Ikut Turun Gunung

Selasa, 20 Juni 2023 21:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Tujuh negara dipastikan tampil di kualifikasi AirBadminton World Beach Games di Malaysia pekan depan. Dua legenda klan Mainaky juga akan ambil bagian. Foto: instagram/bwf.official.

FOOTBALL265.COM - Tujuh negara dipastikan tampil di kualifikasi AirBadminton World Beach Games di Malaysia pekan depan. Dua legenda klan Mainaky juga akan ambil bagian.

Melansir dari BWF News, selain tuan rumah Malaysia, China, Hong Kong, Indonesia, Korea Selatan, Mongolia dan Thailand akan mengikuti turnamen yang berlangsung 23 sampai 25 Juni 2023 tersebut.

Sejumlah pebulutangkis internasional dipastikan ambil bagian di acara AirBadminton di Malaysia pekan ini. Di antaranya deretan pebulutangkis dari Indonesia

Mereka adalah legenda Rionny Mainaky dan deretan eks pemain pelatnas PBSI, Sabar Karyawan Gutama, Moh Reza Pahlevi Isfahani, Marsheilla Gischa Islami, dan Zachariah Josiahno Sumanti, Tryola Nadia, dan Putri Syaikah.

Selain itu, untuk sektor putri, Indonesia diwakili oleh putri Rionny Mainaky yakni Lyanny Alessandra Mainaky yang akan ditemani Marsheilla Gisha Islami, Tryola Nadia, dan Putri Syaikah.

Baca Juga

Selain itu juga ada Wong Wing Ki Vincent dan Chan Tsz Ka (Hong Kong China), serta serta Siti Nurshuhain, Joanne Quay dan Yap Cheng Wen (Malaysia).

Kehadiran Rionny Mainak tentunya bisa meningkatkan derajat Indonesia di kancah AirBadminton di Malaysia. Pasalnya, Rionny dikenal sebagai salah satu legenda terbaik tanah air.

Baca Juga

Rionny Mainaky merupakan Kepala Bidang Pembinaan dan Presiasi PBSI periode 2020-2024. Terlepas dari itu, Rionny Mainaky dikenal sebagai salah satu legenda terbaik Tanah Air.

Rionny merupakan peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996, emas Kejuaraan Dunia 1995, tiga kali Juara Dunia (1993, 1995, 1997), dan empat kali juara Piala Thomas (juara 1994, 1996, 1998, 2000).

Kiprahnya di dunia kepelatihan juga tak kalah mentereng. Rionny pernah membawa Jepang berjaya di sektor ganda putra, termasuk melejitkan prestasi Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Baca Juga

1. AirBadminton Jelang World Beach Games 2023

Coach Rionny Mainaky, selepas latihan Timnas bulutangkis Indonesia Jelang All England 2023, Selasa (07/03/23).

Adapun Lyanny Alessandra Mainaky diketahui memang sudah lama mentas dari dunia bulutangkis. Kabar terbaru, dirinya sudah menikah dengan aktor tampan Joshua Otay.

Tak kalah berprestasi, terjun mengikuti karier sang ayah, Lyanny Alessandra Mainaky juga malang-melintang ke berbagai turnamen badminton.

Sementara itu, Tujuh negara tersebut di atas akan bertanding di Beach Soccer Ground Putrajaya, Kuala Lumpur, dalam format beregu campuran dan 3x3 putra dan putri atau Triple Badminton.

Pemenang dari event Triple Badminton ini akan mendapatkan tempat di turnamen 3x3 untuk World Beach Games tahun ini di Bali.

World Beach Games 2023 sendiri diselenggarakan oleh Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) di Bali pada bulan Agustus mendatang.

Baca Juga

Indonensia, selaku tuan rumah, bersama China, Korea Selatan dan Malaysia yang melalui jalur peringkat tim dunia sudah dipastikan lolos ke World Beach Games.

Dengan demikian, dua tempat tersisa tersebut nantinya akan diperebutkan negara-negara non-unggulan di luar negara tersebut seperti Mongolia dan Thailand.

Baca Juga

Pada nomor beregu campuran, unggulan teratas China, Indonesia, dan Thailand berada di Grup A, sedangkan unggulan kedua Korea, Malaysia, Hongkong, China, dan Mongolia berada di Grup B.

Dua tim teratas dari masing-masing grup akan lolos ke babak semifinal. Triple Badminton putra dan putri akan dilangsungkan setelah berakhirnya beregu campuran.

Sekedar informasi, AirBadminton ANOC World Beach Games di Bali 2023 akan menampilkan 72 atlet (36 putra dan 36 putri) untuk empat sektor, triple putra, triple putri, ganda campuran, dan beregu campuran.

Baca Juga
BulutangkisBerita BulutangkisRionny MainakyAirBadmintonWorld Beach Games

Berita Terkini