x

Profil dan Agama Gita Wirjawan, Eks Ketum PBSI yang Diminta Selamatkan Bulutangkis Indonesia

Rabu, 21 Juni 2023 12:17 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Mantan Ketua Umum PBSI, Gita Wirjawan.

FOOTBALL265.COM - Profil dan agama Gita Wirjawan, mantan Ketua Umum PBSI yang kini diminta selamatkan nasib bulutangkis Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Anthony Ginting lolos ke final Indonesia Open 2023, dan menuai pujian dari mantan Ketua Umum PBSI, Gita Irawan Wirjawan.

"Setiap ayunan dan tembakan (smash), Anthony Ginting membuat lawan terjepit. Pemain Indonesia pertama yang mampu mencapai final tunggal putra di Indonesia Open setelah 11 tahun!" cuit Gita Wirjawan di Twitter.

Ungkapan ini kemudian viral di media sosial, dan banyak Badminton Lovers (BL) yang meminta agar Gita Wirjawan kembali ke PBSI untuk menyelamatkan bulutangkis Indonesia.

Siapa sebenarnya Gita Wirjawan, dan apa kontribusinya untuk bulutangkis Indonesia? Berikut ulasan INDOSPORT untuk Anda.

Baca Juga

Gita Irawan Wirjawan adalah sosok kelahiran Jakarta, 21 September 1965. Ia merupakan anak dari pasangan Wirjawan Djojosoegito dan Paula Warokka Wirjawan.

Masa remaja Gita Wirjawan dihabiskan di India dan Bangladesh, karena sang ayah adalah dokter yang ditugaskan sebagai perwakilan Indonesia di badan kesehatan dunia WHO.

Baca Juga

Gita Wirjawan menempuh pendidikan tinggi di University of Texas, Amerika Serikat, dan melanjutkan kuliah S2 di Baylor University, lulus pada 1989.

Pada tahun 1999, Gita mengambil lagi kuliah S2 jurusan Public Administration di Harvard University. Ia menamatkan pendidikannya hanya satu tahun, pada tahun 2000.

Sepanjang 2000 hingga 2010-an, Gita Wirjawan merintis karier dari nol, mulai dari bekerja di Citibank hingga JP Morgan, lalu kemudian ia merintis bisnis sendiri.

Baca Juga

1. Kiprah Gita Wirjawan di PBSI

Gita Wirjawan saat mendukung bulutangkis Indonesia.

Nama Gita Wirjawan semakin dikenal saat ia ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi kepala BKPM atau Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Kemudian pada 2011, Gita diangkat menjadi Menteri Perdagangan di Kabinet Indonesia Bersatu II. Lalu pada Desember 2012, ia terpilih sebagai Ketua Umum PBSI periode 2012-2016.

Gita Wirjawan mengusung misi untuk mengembalikan kejayaan Indonesia di kancah bulutangkis dunia, seperti saat era 1970an dan 1980an.

Agar mimpi itu terwujud, ia mengundang para legenda bulutangkis seperti Susi Susanti, Rexy Mainaky, Rudy Hartono, dan Tan Yoe Hok untuk terlibat aktif di PBSI.

Selama kepemimpinannya, Indonesia bisa mencetak beberapa gelar juara di ajang bergengsi, seperti dua medali emas di Kejuaraan Dunia 2013, dua gelar juara All England di tahun 2013 dan 2014, kemudian juara umum di SEA Games 2013 dan 2015.

Baca Juga

Tak sampai di situ, cabor bulutangkis juga berhasil meraih dua medali emas di Asian Games 2014. Puncaknya, yakni medali emas di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro Brasil.

Melihat berbagai terobosan yang dilakukan Gita Wirjawan dan prestasi yang ditorehkan, tak heran jika BL berharap ia bisa kembali menjabat di PBSI dan menyelamatkan bulutangkis Indonesia.

Baca Juga

Belakangan, prestasi bulutangkis Indonesia mulai menurun, banyak pemain yang gugur di babak awal turnamen BWF. Skuad Merah Putih juga tanpa gelar di dua edisi terakhir Indonesia Open.

Profil Gita Wirjawan

Nama lengkap: Gita Irawan Wirjawan

Profesi: YouTuber, Investor, Pengusaha

TTL: Jakarta, 21 September 1965

Agama: Islam

Orang tua: Wirjawan Djojoseogito (alm.) dan Paula Warokka Wirjawan

Pasangan: Yasmin Stamboel Wirjawan

Anak: Gian Putra Wirjawan, Gibran Putra Wirjawan, Gia Putri Wirjawan

Baca Juga
PBSIGita WiryawanGita WirjawanIn Depth SportsprofilBulutangkisIndepth

Berita Terkini