x

Chico Aura Juara Taipei Open, 3 Tunggal Putra Indonesia Bikin PBSI Full Senyum

Senin, 26 Juni 2023 10:28 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo. Foto: PBSI.

FOOTBALL265.COM - Tiga tunggal putra Indonesia, termasuk Chico Aura Dwi Wardoyo yang baru saja meraih gelar juara Taipei Open 2023, bikin PBSI full senyum.

Kemarin, penghuni peringkat 23 ranking BWF, Chico Aura Dwi Wardoyo, menjadi satu-satunya penyumbang gelar Indonesia di Taipei Open 2023.

Ia menekuk wakil tuan rumah, Su Li Yang, lewat dua gim 23-21, 21-15, di Tian-Mu Arena, Minggu (25/06/23).

Sementara itu, pasangan ganda putri, Febriani Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, gagal meraih gelar usai ditaklukkan Lee Yu-lim/Shin Seung-chan asal Korea Selatan.

Namun terlepas dari hasil tim Indonesia yang hanya menggondol satu gelar dari Taipei Open 2023, rapor tiga tunggal putra termasuk Chico Aura tahun ini bisa membuat PBSI tersenyum.

Baca Juga

Pasalnya, Chico Aura Dwi Wardoyo bersama Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie masing-masing sudah naik podium tahun ini.

Chico Aura mencatatkan podium pertamanya di Indonesia Masters pada Januari lalu, di mana ia juga berstatus finalis.

Pebulu tangkis asal Papua tersebut berhadapan dengan Jonatan Christie di final dan kalah 15-21, 13-21, menjadikannya juara kedua di ajang S500 itu.

Baca Juga

Setelah itu, perburuan gelar Chico Aura pun berlanjut ke turnamen-turnamen berikutnya seperti All England, Swiss Open, Malaysia Masters, Thailand Open, dan Indonesia Open.

Saayang, langkahnya selalu terhenti kalau tidak di 32 besar ya 16 besar, hingga akhirnya menjuarai Taipei Open 2023 pada bulan Juni ini.

Dengan kemenangan di Taipei Open 2023, Chico Aura pun diprediksi masuk 20 besar ranking BWF tunggal putra di pemeringkatan selanjutnya.

Baca Juga

1. Trio Tunggal Putra Bikin PBSI Full Senyum

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Sementara itu, Anthony Sinisuka Ginting juga tidak kalah on fire. Tahun 2023 ini, ia sudah naik podium dua kali.

Dari dua turnamen teranyarnya, ia berhasil naik podium juara di Singapore Open 2023 usai menekuk tunggal putra Denmark, Anders Antonsen, 21-16, 21-13.

Kemudian di Indonesia Open, ia menjadi runner-up Indonesia Open 2023 karena takluk di tangan wakil Denmark lainnya, Viktor Axelsen, 14-21, 13-21.

Saat ini, Anthony Sinisuka Ginting berada di peringkat 2 ranking BWF tunggal putra dengan 89.811 poin dan diprediksi akan tetap mempertahankan posisi tersebut.

Namun tentu saja, bukan hanya Chico Aura dan Anthony Ginting yang bisa membuat PBSI full senyum tahun ini di sektor tunggal putra.

Baca Juga

Masih ada Jonatan Christie, yang juga naik podium tahun ini saat memenangkan Indonesia Masters 2023.

Gelar Indonesia Masters 2023 Jonatan Christie sendiri mendarat di pelukannya usai meraih hasil yang cukup lumayan sejak turnamen awal tahun dimulai.

Baca Juga

Jojo, sapaan akrabnya, mengawali tahun 2023 dengan berpartisipasi di Malaysia Open dan mencapai 16 besar.

Setelah itu, ia tampil di India Open dan menggondol tempat ketiga usai kalah dari Viktor Axelsen di semifinal. Hingga akhirnya, gelar di Indonesia Masters berhasil diraih.

Saat ini, Jonatan Christie bertengger di peringkat 5 ranking BWF tunggal putra dengan 70.921 poin. Sama seperti Anthony Sinisuka Ginting, ia diprediksi akan mempertahankan posisinya.

Baca Juga

2. Bekal untuk Piala Thomas

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Dengan rapor positif tiga tunggal putra Indonesia ini, PBSI bisa mulai tersenyum dalam menyongsong gelaran Piala Thomas edisi selanjutnya di China.

Sebelumnya, tim Piala Thomas Indonesia hanya tinggal selangkah lagi menuju gelar juara andaikata India tidak tampil menggebrak dengan skuad bersejarah mereka.

Ya, India berhasil menjadi juara Piala Thomas 2022 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, dengan menekuk Indonesia 3-0 di final.

Kala itu, tim Piala Thomas Indonesia diperkuat oleh tiga tinggal putra yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito.

Dua nama pertama, menjadi tumpuan Indonesia di tiga pertandingan awal, masing-masing melawan Lakshya Sen dan Srikanth Kidambi.

Namun sayang, baik Ginting maupun Jojo gagal memetik kemenangan. Ditambah lagi, Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya juga kandas dari Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Meski begitu, Indonesia masih memiliki kesempatan membenahi diri jelang Piala Thomas 2024, yang kabarnya akan digelar di Chengdu, China.

Sejauh ini, Indonesia masih menjadi negara tersukses dengan raihan gelar terbanyak di Piala Thomas, yakni 14 kali juara dan 7 kali runner-up.

Yang teranyar, tim Piala Thomas Indonesia berhasil menjadi juara di edisi 2020 di Aarhus, Denmark, usai memukul telak China dengan kedudukan 3-0.

Saat itu, Anthony Ginting dan Jonatan Christie juga turut berpartisipasi dan menyumbang angka usai masing-masing menekuk Lu Guangzu dan Li Shifeng.

Kini di Piala Thomas 2024, apakah saatnya Chico Aura Dwi Wardoyo untuk ikut unjuk gigi? 

PBSIAnthony Sinisuka GintingJonatan ChristieChico Aura Dwi WardoyoBulutangkisBerita BulutangkisIndepthTaipei Open 2023

Berita Terkini