x

Sebentar Lagi Dipisah, 3 Momen Bersejarah Kevin Sanjaya/Marcus Gideon

Selasa, 27 Juni 2023 11:09 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, akhirnya dikonfirmasi oleh PBSI memang akan bubar.

FOOTBALL265.COM - Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, akhirnya dikonfirmasi oleh PBSI memang akan bubar.

Cedera tumit kanan yang diderita Marcus rupanya mewajibkan atlet 32 tahun itu harus naik ke meja operasi.

Hal ini membuat duet Kevin/Marcus yang akrab juga disapa The Minions harus absen di Korea Open 2023 dan Japan Open 2023 pada Juli mendatang.

Padahal mereka pun juga sudah mundur dari Indonesia Open 2023 dan membuat podium tertinggi ganda putra dicomot oleh pasangan India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Untuk sekarang belum diketahui siapa yang akan jadi tandem baru Kevin namun pelatih ganda putra Indonesia, Herry IP, memberikan kode jika dalam beberapa pekan ke depan rasa tanda tanya publik akan terjawab.

Baca Juga

Saat ini Kevin tengah sibuk dengan agenda pernikahannya sehingga diskusi dengan PSBI soal calon rekan baru masih belum dapat diselesaikan.

Bukan sesuatu yang mudah memang untuk menemukan pasangan yang tidak hanya padu di dalam maupun luar lapangan.

Baca Juga

Kombinasi Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sangat sulit untuk dilampaui mengingat bagaimana dominasi keduanya di sektor ganda putra bulutangkis saat masih di era emas.

The Minions punya 19 titel BWF World Tour dimana lima di antaranya berlevel Super 1000. Tidak heran jika mereka pun berada di puncak rangking BWF selama 259 pekan dari 28 September 2017 sampai 19 September 2022 yang jadi rekor sampai detik ini.

Untuk itu kebersamaan keduanya patut dikenang. Berikut ini adalah tiga momen paling bersejarah Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Baca Juga

1. 1. All England 2018

Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon usai menerima Trophy All England 2018.

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon tidak akan pernah melupakan momen saat mereka menjadi juara All England 2018 yang menjadi gelar Super 1000 pertama sebagai duet.

Keduanya begitu dominan sepanjang turnamen dengan hanya sekali saja harus menjalani rubber game yakni di babak 16 besar saat menghadapi wakil Malaysia, Ong Ywe Sin/Teo Ee Yi.

Selebihnya jalan The Minions menuju juara terbilang mulus bahkan ketika bersua dengan Mathias Boe/Carsten Mogensen asal Denmark di final yang berkesudahan 21-18 dan 21-17.

2. Asian Games 2018

Medali emas yang diraih Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di ajang ganda putra Asian Games 2018 juga tidak kalah spesial. Pasalnya mereka memperpanjang dinasti mens double Merah-Putih di benua kuning.

Di babak final keduanya menumbangkan calon peringkat satu dunia sekaligus kompatriot mereka, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto 13-21, 21-18, dan 24-22.

Baca Juga

Prestasi ini terasa semakin manis karena Asian Games 2018 dihelat di kandang sendiri yang membuat fans bulutangkis tanah air bisa merasakan euforia maksimal.

Drama di game ketiga dengan sempat terjadinya deuce tiga kali membuat duel Kevin/Marcus vs Fajar/Rian pun kian membuat momen tersebut semakin pantas untuk dikenang.

Baca Juga

3. Indonesia Open 2021

Di 2021 cedera Marcus Gideon semakin sering timbul yang mana kemudian jadi awal penurunan performa duetnya bersama Kevin Sanjaya.

Namun hebatnya meski demikian mereka masih saja sempat pamer DNA juara ketika memenangi Indonesia Open 2021, yang mana juga jadi titel Super 1000 terakhir The Minions.

Berbeda dengan Super 1000 pertama, kali ini Kevin Sanjaya/Marcus Gideon harus berulangkali jatuh bangun dengan banyaknya game panjang. Hanya di semifinal dan final saja mereka bisa menang dua set langsung dengan menyingkirkan Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Baca Juga
Kevin Sanjaya/Marcus GideonBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini