x

Dari Marcus ke Rahmat, Kevin Sanjaya Siap-siap Kubur Mimpi ke Olimpiade 2024?

Kamis, 29 Juni 2023 19:20 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya, mesti bersiap-siap mengubur mimpinya tampil di Olimpiade Paris 2024 usai dipasangkan dengan Rahmat Hidayat.

FOOTBALL265.COM - Pemain ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya, mesti bersiap-siap mengubur mimpinya tampil di Olimpiade Paris 2024 usai dipasangkan dengan Rahmat Hidayat.

Perombakan besar terjadi di nomor ganda putra Indonesia menyusul operasi cedera yang akan dijalani oleh Marcus Fernaldi Gideon.

Pasangan Marcus, Kevin Sanjaya Sukamuljo, mau tidak mau mesti mencari partner baru. Pemain ini akan menjadi pasangan anyar Kevin, setidaknya hingga Marcus benar-benar pulih.

Pilihan telah dijatuhkan pada Rahmat Hidayat. Menurut perhitungan poin, kedua pasangan akan melakoni debut sebagai pasangan nomor 41 dunia.

Rahmat Hidayat sendiri dikenal sebagai pemain spesialis ganda putra. Sebelumnya, ia juga pernah dipasangkan dengan Pramudya Kusumawardana saat Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan mesti absen akibat cedera.

Baca Juga

Bagaimanapun, pergantian pasangan ini dirasa kurang ideal. Pasalnya para pemain tengah disibukkan dengan kualifikasi menuju Olimpiade Paris 2024.

Seperti diketahui, kualifikasi Olimpiade Paris 2024 telah dimulai sejak Mei lalu. Berdasarkan regulasi, setiap negara hanya mampu mengirimkan maksimal dua wakil untuk masing-masing nomor, itu pun jika syarat masuk 16 besar Race to Paris terpenuhi.

Baca Juga

Dalam kualifikasi Race to Paris terbaru, Indonesia memiliki tiga pasangan ganda putra yang masuk urutan 16 besar.

Mereka adalah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (ranking 6), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ranking 11), dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (ranking 15).

Lantas, bagaimana peluang Kevin Sanjaya lolos ke Olimpiade Paris 2024, baik dengan Marcus Fernaldi Gideon atau pun dengan Rahmat Hidayat?

Baca Juga

1. Lebih Besar dengan Marcus

Pebulutangkis Indonesia, Rahmat Hidayat, menjadi pasangan baru untuk Kevin Sanjaya.

Harus diakui, peluang Kevin untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024 lebih besar dengan Marcus Fernaldi Gideon. Hal ini dikarenakan kedua pemain sudah mengoleksi poin dalam kualifikasi Race to Paris.

Namun, semuanya akan tergantung pada seberapa cepat Marcus bisa kembali bertanding. Hal ini, sayangnya, belum dapat dipastikan, bahkan oleh pelatih ganda putra, Herry Iman Pierngadi.

"Saya tidak bisa kasih keterangan, mestinya konsultasi dengan dokter dulu yang jawab, kapan jadinya," ujar Herry IP menjelaskan.

Sejauh ini, Marcus dan Kevin telah dipastikan tak tampil di Korea Open, Japan Open, dan Australia Open 2023. 

Padahal, ketiganya merupakan turnamen dengan level cukup tinggi, dan menawarkan peluang meraup poin lebih banyak. Korea Open merupakan ajang Super 500, Japan Open Super 750, sedangkan Australia Open Super 500.

Baca Juga

Sementara, jika melihat peluang Kevin lolos dengan Rahmat Hidayat, rasanya cukup sulit karena saat ini keduanya belum merebut satu pun poin Race to Paris 2024.

Apalagi, anggota Dewan BWF, Bambang Roedyanto, sempat memberi bocoran jika pasangan Kevin/Rahmat baru akan menjalani debut pada bulan September mendatang.

Baca Juga

Turnamen bulutangkis di bulan September sangat padat, mulai dari level paling rendah hingga level tertinggi Super 1000. Pasangan Kevin/Rahmat harus selektif memilih ajang debut mereka.

Mengingat Kevin/Rahmat tidak mungkin mengikuti China Open Super 1000, maka di waktu yang sama, mereka bisa debut dan pemanasan di Indonesia Masters 2023 level Super 100. Selanjutnya, Kevin/Rahmat bisa memilih mengikuti Hong Kong Open Super 500 dan Vietnam Open Super 100.

Selain ditentukan performa sendiri, kelolosan Kevin Sanjaya ke Olimpiade Paris 2024 juga akan ditentukan penampilan ganda putra Indonesia lainnya. Meski secara matematis belum tertutup, harus diakui, peluang suami Valencia Tanoe lolos ke Olimpiade Paris 2024 sangat kecil.

Baca Juga
Kevin SanjayaRahmat HidayatMarcus Fernaldi GideonBulutangkisBerita BulutangkisOlimpiade Paris 2024

Berita Terkini