x

Flandy Limpele Tak Lagi Double Job, Hong Kong Resmi Gaet Pelatih Tunggal Putra Baru

Jumat, 30 Juni 2023 12:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Timnas bulutangkis Hong Kong akhirnya merekrut pelatih tunggal putra baru mengakhiri tugas ganda pelatih asal Indonesia, Flandy Limpele.

FOOTBALL265.COM - Timnas bulutangkis Hong Kong akhirnya merekrut pelatih tunggal putra baru mengakhiri tugas ganda pelatih asal Indonesia, Flandy Limpele.

Flandy Limpele yang sedianya melatih sektor ganda campuran tim nasional bulutangkis Hong Kong sempat merangkap jabatan melatih sektor tunggal putra.

Hal ini dikarenakan Wong Tat Meng, pelatih sektor yang diperkut Ng Ka Long Angus dan Lee Cheuk Yiu tersebut, hengkang usai menerima tawaran melatih Lee Zii Jia.

Ini jadi tugas yang sangat berat diembang oleh Flandy Limpele, mengingat dirinya baru gabung Hong Kong awal tahun lalu demi memajukan sektor ganda campuran.

Flandy tetap harus memprioritaskan murid-muridnya sehingga membuat Ka Long Angus dan kolega harus bermain tanpa didampingi pelatih saat bersamaan.

Baca Juga

Namun kini Flandy Limpele sedikit bernafas lega karena Hong Kong akhirnya merekrut pelatih sementara sampai pelatih permanen ditemukan untuk sektor tunggal putra.

Pelatih sementara yang direkrut untuk menangangi sektor tunggal putra Hong Kong tersebut yaitu Wong Wing Ki Vincent, sebagaimana dilansir dari Aiyuke.

Baca Juga

Wong Wing Ki merupakan mantan pemain tunggal putra Hong Kong top 10 ranking BWF. Dia resmi gantung raket usia tampil di Kejuaraan Bulutangkis di Tokyo pada Agustus 2022 silam.

Kepastian Wong Wing Ki menjadi pelatih sementara tunggal putra Hong Kong diumumkan langsung sang pelatih melalui unggahan di akun Instagram pribadinya.

Wong Wing Ki menyebutkan bahwa dia menerima tawaran tersebut usai mendapatkan pesan pribadi dari Ng Ka Long Angus untuk melatih para pemain tunggal putra Hong Kong.

Baca Juga

1. Wong Wing Ki Jadi Pelatih Interim Tunggal Putra Hong Kong

Pebulutangkis Hong Kong keturunan Indonesia Vincent Wong Wing Ki.

Canada Open 2023 akan menjadi pekerjaan pertama pelatih keturunan Jawa tersebut dalam membawa Ng Ka Long Angus dan rekan-rekannya mengincar gelar juara.

“Kepergian pelatih kepala tunggal putra menjadi tantangan tersendiri bagi tim bulu tangkis Hong Kong,” tulis Wong Wing Ki Vincent pada hari Rabu (28/06/23) kemarin.

“Dua minggu lalu, saya menerima pesan dari Angus Ng Ka Long, menanyakan apakah saya punya waktu untuk melatihnya dan Lee Cheuk Yiu untuk turnamen mendatang di Kanada. Tanpa pikir panjang, saya menerima tawaran ini,” lanjut Wong.

“Sampai pelatih baru tiba, saya akan membantu pelatihan dan kompetisi tunggal putra HK, memungkinkan mereka untuk fokus menerapkan rencana awal mereka untuk meraih kejuaraan,” lanjutnya.

“Saya menghargai kepercayaan mereka kepada saya dan berharap pengalaman saya dapat membantu dua atlet Hong Kong yang luar biasa ini,” tutup Wong Wong Ki.

Baca Juga

Pencapaian terbarik Wong Wing Ki Vincent adalah memenangkan gelar Vietnam Open 2016 dan medali perunggu Badminton Asia Junior pada 2008 silam.

Meski prestasinya kurang mentereng di kancah bulutangkis, namun Wong Wing Ki pernah dikenal sebagai salah satu penghancur legenda China, Lin Dan.

Ini terjadi di ajang Denmark Open 2011 silam, yang merupakan pertemuan pertama Wong Wing Ki dengan Lin Dan. Setelah itu, Lin Dan selalu menang di lima pertemuan atas Wong Wing Ki (5-1).

Baca Juga

Dengan kehadiran Wong Wing Ki, para pemain tunggal putra Hong Kong setidaknya memiliki motivasi kembali untuk bertanding di turnamen yang akan datang.

Nyantanya tanpa pelatih, Ng Ka Long Angus mengalami performa naik turun selama periode Kualiifkasi Olimpiade Paris 2024 yang dimulai sejak Malaysia Masters 2023.

Usai kandas di perempat final Malaysia Masters, Ka Long Angus selalu gugur di babak 16 besar Thailand Open, babak 32 besar Singapore Open,  16 besar Indonesia Open, dan semifinal Taipei Open.

Baca Juga
Hong KongFlandy LimpeleBulutangkisNg Ka Long AngusWong Wing Ki VincentBerita Bulutangkis

Berita Terkini