x

Sepak Terjang Kevin Sanjaya dengan 9 Partner Berbeda sebelum Rahmat Hidayat

Jumat, 30 Juni 2023 17:19 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Sebelum Rahmat Hidayat, Kevin Sanjaya Sukamuljo sudah pernah bermain bersama banyak pasangan berbeda di sektor ganda putra bulutangkis. Foto: PBSI.

INDSPORT.COM - Sebelum Rahmat Hidayat, Kevin Sanjaya Sukamuljo sudah pernah bermain bersama banyak pasangan berbeda di sektor ganda putra bulutangkis.

Kevin Sanjaya Sukamuljo merupakan salah satu pebulu tangkis papan atas Indonesia yang mengawali kariernya dari klub lokal di Banyuwangi, PB Sari Agung.

Ia lalu menantang dirinya untuk terus mengembangkan diri dengan mengikuti seleksi PB Djarum pada 2006, namun ternyata gagal lolos.

Meski begitu, Kevin tidak menyerah. Ia pada akhirnya berhasil mendapat tempat di PB Djarum pada 2007 dan dari sinilah sejarah dimulai.

Kevin melanjutkan kariernya sampai ke Pelatnas hingga kini dikenal sebagai salah satu pemain andal bulutangkis Indonesia.

Baca Juga

Sederet prestasi dan penghargaan pun berhasil diraihnya, termasuk bertengger di peringkat 1 ranking BWF selama 100 pekan lebih.

Dari hari ke hari, Kevin juga tidak pernah berhenti mematangkan kemampuan dan mengumpulkan banyak pengalaman di dunia tepok bulu.

Baca Juga

Sederet pemain pun sempat tercatat sebagai pasangan mainnya, entah itu di sektor ganda campuran maupun ganda putra.

Sebelum berpasangan dengan Rahmat Hidayat, Kevin diketahui pernah berpasangan dengan sejumlah pemain di sektor ganda putra.

Termasuk Marcus Fernaldi Gideon, Kevin sudah beberapa kali mengalami bongkar pasang partner di sektor ganda putra, dan berikut sepak terjangnya bersama pemain-pemain tersebut.

Baca Juga

1. Dimulai dari Lukhi Apri Nugroho

Sebelum Rahmat Hidayat, Kevin Sanjaya Sukamuljo sudah pernah bermain bersama banyak pasangan berbeda di sektor ganda putra bulutangkis. Foto: PBSI.

Lukhi Apri Nugroho

Lukhi Apri Nugroho merupakan saksi hidup awal karier Kevin Sanjaya Sukamuljo. Mereka berpasangan saat masih sama-sama berada di PB Djarum.

Pada waktu itu, Kevin masih berusia belasan tahun. Bermain bersama, keduanya sempat membawa pulang gelar runner-up di Singapore International Series 2011.

Mereka tampil di partai puncak setelah menumbangkan pasangan ganda putra Muhammad Ulinnuha/ Ricky Karanda Suwardi di semifinal.

Uniknya, di final turnamen International Series ini, Kevin bersua salah satu pasangan masa depannya, Marcus Gideon.

Kevin pun harus menyerah di tangan Marcus, yang saat itu masih berpasangan dengan Agripina Prima Rahmanto Putra, 17-21, 9-21.

Baca Juga

Bersama Lukhi Apri Nugroho, Kevin Sanjaya Sukamuljo meraih ranking BWF tertinggi di peringkat 175.

Felix Kinasal

Meski prestasi dengan Lukhi terbilang lumayan, Kevin kemudian berganti partner ke Felix pada 2012. Pasangan baru ini berhasil mencapai final Dutch Junior.

Baca Juga

Sebelum berganti pasangan lagi, Kevin mencapai ranking BWF tertinggi bersama Felix di tangga ke-511.

Rafiddias Akhdan Nugroho

Kevin dipasangkan dengan Rafiddias tidak lama bercerai dengan Felix. Ranking BWF terbaik mereka saat bersama adalah 137.

Lucunya, saat dipasangkan dengan Rafiddias, Kevin sempat bermain dengan Alfian Eko Prasetya, saat berkompetisi di Asia Youth U-19 Championship 2012.

Baca Juga

2. Kevin Sanjaya dan 6 Pemain Lainnya

Sebelum Rahmat Hidayat, Kevin Sanjaya Sukamuljo sudah pernah bermain bersama banyak pasangan berbeda di sektor ganda putra bulutangkis. Foto: PBSI.

Arya Maulana

Kevin Sanjaya Sukamuljo pun bertahan dengan Rafiddias Akhdan Nugroho hingga pertengahan 2013, sebelum berduet dengan Arya Maulana.

Keduanya bertarung bersama di ajang  Asian Junior Badminton Championships 2013. Sayang, langkah mereka terhenti di semifinal oleh Li Junhui/Liu Yuchen.

Bersama Arya, Kevin meraih ranking BWF terbaiknya di angka 224.

Selvanus Geh

Dengan usia yang makin dewasa, Kevin mendapat lebih banyak kesempatan main dengan pasangan senior, terutama Selvanus.

Keduanya pun berhasil meraih gelar di Vietnam International 2014, New Zealand Open 2014, serta Bulgaria International 2014.

Mulai menggondol sejumlah gelar internasional, Kevin pun mencatatkan peringkat 32 sebagai ranking BWF tertingginya bersama Selvanus.

Marcus Gideon

Tidak usah ditanya lagi, Marcus merupakan partner terbaik Kevin yang bertahan cukup lama, bahkan keduanya sempat tidak terkalahkan sebagai ganda putra nomor satu dunia.

Bersama Marcus, Kevin meraih gelar pertama di ajang Chinese Taipei Grand Prix 2015 usai menekuk pasangan China, Fu Haifeng/Zhang Nan, 21-13, 21-8.

Selama bermain bersama, pasangan Kevin/Marcus telah membawa pulang banyak prestasi, termasuk 19 gelar BWF World Tour dan 10 BWF Super Series.

Lalu tidak ketinggalan pula BWF Grand Prix dan medali emas Asian Games 2018, dan prestasi-prestasi lainnya.

Pasangan Lainnya (3 Pemain)

Selain nama-nama di atas, Kevin Sanjaya Sukamuljo juga pernah berpasangan singkat dengan Wahyu Nayaka di Indonesia Masters 2016.

Tidak ketinggalan, Bagas Maulana dan Mohammad Ahsan di Piala Thomas 2022. Indonesia sendiri meraih medali perak di ajang ini usai tumbang dari India. 

Kevin SanjayaJawa BaratRahmat HidayatRafiddias Akhdan NugrohoKevin Sanjaya/Wahyu NayakaMarcus Fernaldi GideonBulutangkisSelvanus GehBerita BulutangkisArya MaulanaIndepth

Berita Terkini