x

Hong Kong Tunjuk Eks Direktur BAM Wong Choong Hann Jadi Pelatih, Balas Lee Zii Jia?

Senin, 3 Juli 2023 15:49 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Mantan direktur kepelatihan Malaysia (BAM), Wong Choong Hann, resmi ditunjuk sebagai pelatih untuk sektor tunggal putra tim bulutangkis Hong Kong.

FOOTBALL265.COM - Mantan direktur kepelatihan Malaysia (BAM), Wong Choong Hann, resmi ditunjuk sebagai pelatih untuk sektor tunggal putra tim bulutangkis Hong Kong.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh akun Sportsroad.hk melalui Instagram yang mengumumkan bahwa Hong Kong kini sudah memiliki pelatih kepala tunggal putra baru.

Wong Choong Hann dilaporkan akan tiba di Hong Kong pada Jumat (07/07/23) mendatang. Sang pelatih juga akan meneken kontrak setelah Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Disebutkan oleh media tersebut, Wong Choong Hann akan menggantikan Wong Tat Meng yang resmi hengkang bulan lalu karena menerima tawaran melatih tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Sejak kepergian Wong Tat Meng, sektor tunggal putra Hong Kong bagaikan anak ayam kehilangan induknya.

Baca Juga

Ng Ka Long Angus hingga Lee Cheuk Yiu sempat berjuang tanpa pelatih sampai akhirnya pelatih ganda campuran Hong Kong asal Indonesia, Flandy Limpele, turun tangan untuk melatih.

Beberapa waktu lalu Hong Kong juga merekrut mantan pebulutangkisnya, Wong Wing Ki Vincent, untuk membimbing Ka Long Angus dan kawan-kawan sampai pelatih permanen di temukan.

Baca Juga

Kini Wong Choong Hann pun akhirnya resmi direkrut bulutangkis Hong Kong guna membantu Ng Ka Long Angus cs berjuang menembus Olimpiade Paris 2024.

Wong Choong Hann sendiri belum lama ini memutuskan mundur dari jabatanya sebagai direktur kepelatihan sektor tunggal BAM.

Surat pengunduran diri Wong Choong Hann diberikan pada awal Juni lalu sebelum dimulainya Indonesia Open 2023, tetapi BAM baru mengumumkannya pada Jumat (16/06/23).

Baca Juga

1. Wong Choong Hann Siap Menerima Tantangan Baru

Pebulutangkis asal Malaysia, Wong Choong Hann.

Melansir dari The Star, Wong Choong Hann juga mengonfirmasi penunjukkan dirinya menjadi pelatih tunggal putra Hong Kong.

Pekerjaan barunya ini membuat runner-up Kejuaraan Dunia 2003 tersebut merasa tertantang. Apalagi, dia memiliki modal melatih bulutangkis Malaysia selama empat tahun sebelumnya.

“Ini akan menjadi tugas kepelatihan pertama saya di luar Malaysia dan saya menyambutnya dengan antusias,” kata Choong Hann.

“Saya memiliki pengalaman melatih di Malaysia selama lebih dari empat tahun, ini akan membantu saya dalam membimbing pemain tunggal di Hong Kong,” jelasnya.

Wong Choong Hann juga mengonfirmasi bahwa pekerjaan ini diterimanya setelah dirinya resmi mundur dari jabatannya di BAM.

Baca Juga

“Hong Kong menawari saya begitu mereka mendengar bahwa saya telah mengundurkan diri di sini. Saya senang memulai perjalanan baru bersama mereka,” tambahnya.

Dengan Wong Choong Hann sendiri sudah mendapatkan pekerjaan baru di Hong Kong, BAM justru kini berkeringat dingin mencari sosok penggantinya.

Baca Juga

Kabarnya sejumlah nama sudah dikantongi BAM, termasuk peraih medali perak tiga kali Olimpiade Lee Chong Wei.

Lee Chong Wei dianggap menjadi sosok yang tepat untuk menggantikan Choong Hann menurut Tan Boon Heong selaku legenda ganda putra Malaysia.

Namun Lee Chong Wei sudah mengatakan dirinya belum tertarik terjun ke dunia kepelatihan meski ilmu dan pengalamannya sangat diperlukan oleh negaranya.

Sementara itu, Lee Zii Jia yang dianggap ‘merebut’ Wong Tat Meng dari Hong Kong dilaporkan akan meresmikan pelatih barunya itu pada Selasa besok sebelum comeback di Korea Open 2023.

Baca Juga
Jawa BaratHong KongBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Berita BulutangkisWong Choong Hann

Berita Terkini