x

Bobby Setiabudi Comeback di Turnamen Bulutangkis, Fix Terdegradasi PBSI?

Sabtu, 8 Juli 2023 01:52 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Bintang tunggal putra, Bobby Setiabudi, comeback di turnamen bulutangkis salah satunya di Indonesia International Challenge. Apakah pertanda didegradasi PBSI?

FOOTBALL265.COM – Bintang tunggal putra, Bobby Setiabudi, comeback di turnamen bulutangkis salah satunya di Indonesia International Challenge. Apakah pertanda ia didegradasi PBSI?

Seperti diketahui, Bobby Setiabudi menjadi tunggal putra Indonesia yang menjadi sorotan bakal menjadi korban degradasi PBSI selanjutnya.

Mengingat pada April 2023 lalu, tunggal putra utama yakni Yonathan Ramlie yang diisukan terdegradasi PBSI karena penurunan performa.

Namun, badminton lovers menduga tak hanya Yonathan Ramlie yang angkat kaki dari Pelatnas Cipayung. Melainkan ada nama tambahan yakni Bobby Setiabudi.

Tak ada pengumuman resmi dari PBSI, baru-baru ini ramai di media sosial, Bobby Setiabudi comeback di turnamen bulutangkis namun di bawah naungan klubnya, PB Djarum.

Baca Juga

Sebagaimana diinformasikan oleh laman resmi PBSI, tunggal putra yang pernah menjadi bagian kesuksesan tim junior memboyong Piala Suhandinata itu ikut serta di Indonesia International Challenge.

Tak hanya Bobby, tunggal putra degradasi PBSI lainnya seperti Ikhsan Leonardo Rumbay terpantau juga terdaftar namanya di Indonesia International Challenge.

Baca Juga

Tentu, comeback-nya Bobby di Indonesia International Challenge di bawah PB Djarum menuai sorotan terkait dengan posisinya di Pelatnas PBSI.

Pasalnya, dilansir dari laman resmi PBSI, nama Bobby di database telah ditulis sebagai atlet mandiri dan bukan merupkan anggota dari atlet nasional.

Bukan tanpa sebab, performa Bobby Setiabudi yang semakin menurun bisa menjadi pertimbangan PBSI untuk mengambil langkah tegas untuk mendegradasi.

Baca Juga

1. Bobby Layak Didegradasi?

Pebulutangkis Indonesia, Bobby Setiabudi

Seperti diketahui, Bobby Setiabudi namanya melambung usai menjadi pahlawan tim junior yang berhasil meraih gelar juara di Piala Suhandinata 2019.

Kala itu, Bobby menjadi pahlawan kemenangan Indonesia melawan Thailand di babak semifinal usai mengalahkan Kunlavut Vitidsarn.

Usai menjadi bagian tim junior Indonesia di Piala Suhandinata, Bobby Setiabudi tampil cukup menjanjikan di beberapa kejuaraan bulutangkis.

Pada musim 2019, Bobby sukses menyabet satu gelar juara di Malaysia Junior International Challenge serta dua runners-up di Pembangunan Jaya Raya Junior Grand Prix dan BTY Junior International Challenge.

Namun, penampilannya bisa terbilang naik turun di beberapa turnamen bulutangkis usai musim 2019. Pada 2020, tunggal putra PBSI itu sama sekali tak mampu untuk naik podium.

Baca Juga

Ia baru kembali merasakan podium kembali pada musim 2021 dengan menyabet gelar juara di Bahrain International Series usai mengalahkan wakil Hong Kong, Chan Yik Chan.

Akan tetapi, usai naik podium di Bahrain International Challenge performa tunggal yang diisukan didegradasi PBSI itu semakin menurun dan hingga terus melorot di ranking BWF.

Baca Juga

Pebulutangkis jebolan PB Djarum itu saat ini menduduki peringkat 145 ranking BWF itu kalah jauh dari rekan seangkatan, Christian Adinata yang sukses melejit tembus top 50.

Usai performanya yang tak kunjung meningkat sementara Christian Adinata sendiri tampil mengesankan usai meraih emas SEA Games 2023.

Oleh sebab itu, bukan hal yang mengejutkan jika Bobby Setiabudi didegradasi PBSI menilik performanya yang semakin menurun di beberapa turnamen bulutangkis.

Baca Juga
PBSIJawa BaratBulutangkisBerita BulutangkisBobby Setiabudi

Berita Terkini