x

Lee Zii Jia Dihujat BL Usai Kalah Nyelekit dari Non Unggulan di Korea Open 2023

Kamis, 20 Juli 2023 14:53 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia mendapatkan hujatan usai kalah dari pemain non unggulan di babak pertama turnamen bulutangkis Korea Open 2023.

FOOTBALL265.COM – Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia mendapatkan hujatan usai kalah dari pemain non unggulan di babak pertama turnamen bulutangkis Korea Open 2023.

Lee Zii Jia harus menelan pil pahit di momen comeback-nya karena kalah dari pemain non unggulan asal Hong Kong, Ng Ka Long Angus di babak 32 besar Korea Open 2023, Rabu (19/7/23).

Tunggal putra berstatus unggulan kedelapan itu takluk dalam tiga gim dengan skor 15-21, 21-18 dan 17-21 atas Ng Ka Long Angus.

Kekalahan ini pun langsung menuai pro dan kontra di media sosial. Banyak yang memberikan pembelaan terhadap Lee Zii Jia.

Sejumlah Badminton Lovers (BL) dan netizen Negeri Jiran masih memaklumi kekalahannya, mengingat dirinya baru comeback setelah sempat umumkan rehat sejenak dari dunia bulutangkis.

Baca Juga

Namun ada juga sebagaian BL dan netizen Malaysia yang memberikan kritik pedas terhadap tunggal putra nomor satu di negaranya tersebut.

“Permulaan yang baik untuk LZJ secara perlahan kembali ke prestasi semula. Apapun hasilnya kita tunggu dengan sabar” @ib*****

Baca Juga

“LZJ yg kita kenal sangat agresif dalam gelanggang..penguasan permainan & smash tajam adalah senjatanya. dari segi fizikal tiada yg kurang. tak ada injury besar. coach sudah ada.sudah independent.. sponsorship sudah ada.. kena improve mental game.. itu saja! Paris 24 menanti.” dr*****

“Positif komen: Lee Zii Jia sangat KONSISTEN di Round 1!” @fo*****

“I am positive he won't reach the top anymore...” @na*****

Baca Juga

“Letih lah harus selalu berucap ‘comeback stronger’” @al****

Kritik pedas yang diucapkan oleh BL dan netizen Malaysia tentu tanpa alasan. Pasalnya, performa Lee Zii Jia memang terus menurun jauh sebelum Korea Open 2023.


1. Performa Jeblok Lee Zii Jia

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Sebagaimana diketahui, Lee Zii Jia memang tengah mengalami jebloknya performa terutama sepanjang musim 2023 ini.

Pencapaian terbainya ialah menjadi semifinalis di ajang All England dan Swiss Open 2023 lalu, kemudian empat kali tersingkir di babak kedua alias 16 besar.

Sisanya ialah empat kali terhenti di babak pertama atau 32 besar, ini berarti Lee Zii Jia hanya dua kali menembus babak semifinal sepanjang musim ini.

Hal buruk ini juga membuat Lee Zii Jia yang awalnya konsisten di top 10, kini merosot ke peringkat ke-17 dalam ranking BWF.

Hasil tersebut juga sempat membuat pebulutangkis berusia 25 tahun itu memutuskan untuk rehat sejenak dari dunia bulutangkis.

Baca Juga

“Saya pikir untuk saat ini saya mungkin akan berhenti sementara dari bulutangkis,” kata Lee Zii Jia dilansir dari situs BWF.

"Saya tidak tahu berapa lama saya akan rehat, namun saya akan rehat dari bulutangkis untuk sementara sampai saya mendapatkan motivasi lagi. Saya akan istirahat sejenak," ungkapnya.

Baca Juga

Namun setelah itu Lee Zii Jia memutuskan untuk comeback setelah berlatih dengan pelatih anyarnya yakni Wong Tat Meng asal Hong Kong.

Wong Tat Meng di bawa oleh Lee Zii Jia untuk membantu menyesuaikan program latihan untuk memperbaiki performanya jelang Olimpiade 2024.

“Tugas untuk Tat Meng adalah menyesuaikan program yang akan membantu Zii Jia mencapai performa yang konsisten, memperbaiki peringkatnya dan lolos ke Olimpiade 2024,” tambah pernyataan Lee Zii Jia.

Baca Juga

Sekadar informasi, Wong Tat Meng merupakan salah satu sosok yang memiliki sepak terjang yang apik sebagai seorang pelatih bulutangkis.

Wong Tat Meng pernah bertugas dua kali bertugas di Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) dari 2003-2011 dan 2013-2016.
 

MalaysiaBulutangkisLee Zii JiaBerita BulutangkisKorea Open

Berita Terkini