x

Apa Kabar Bang Soo-hyun, Rival Abadi Susy Susanti yang Selalu Apes di Final

Sabtu, 12 Agustus 2023 13:29 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Menilik kabar terkini Bang Soo-hyun selaku rival abadi legenda bulutangkis Indonesia, Susy Susanti di masa lalu.

FOOTBALL265.COM – Menilik kabar terkini Bang Soo-hyun selaku rival abadi legenda bulutangkis Indonesia, Susy Susanti di masa lalu.

Siapa yang tak kenal dengan sosok Bang Soo-hyun, salah satu tunggal putri terbaik yang pernah dimiliki oleh Korea Selatan.

Baca Juga

Bang Soo-hyun sendiri merupakan tunggal putri saingan Susy Susanti beserta Ye Zhaoying (China) di era keemasan pada tahun 90-an.

Sama seperti kedua rivalnya, Bang Soo-hyun juga memutuskan untuk pensiun muda yakni pada umur 24 tahun atau setelah Olimpiade Atlanta 1996.

Pasca pensiun, dirinya sempat tampil di layar kaca sebagai komentator dan penyiar di salah satu program bulutangkis di Korea Selatan.

Selain itu, ia juga sempat ditunjuk menjadi salah satu dewan BWF pada periode 2005-2009, serta bergabung dalam BWF Hall of Fame sebelum akhirnya fokus dengan kehidupan pribadinya.

Baca Juga

Meski sudah tak begitu aktif, namun kiprah kariernya di dunia bulutangkis pada nomor tunggal putra tentu tidak bisa dilupakan begitu saja.

Sederet prestasi bergengsi tentu sudah dicapai oleh pemain kelahiran 13 September 1972 yang pernah menduduki peringkat satu di ranking BWF.

Apalagi persaingannya dengan Susy Susanti pada era 90-an selalu dikenang, memingat keduanya memang merupakan musuh bebuyutan.

Namun Bang Soo-hyun juga bisa disebut terbilang apes karena beberapa kali kalah dari Susy Susanti di partai final pada beberapa ajang bulutangkis bergengsi.

Baca Juga

1. Bang Soo-hyun Selalu Apes di Partai Final

Bang Soo-hyun saat memenangkan kejuaraan bulutangkis di tahun 1996

Bang Soo-hyun tercatat telah memenangkan banyak turnamen dan telah membantu Korea Selatan menjuarai sejumlah ajang bergengsi.

Namun ia beberapa kali harus mengakui keunggulan lawannya termasuk Susy Susanti di berbagai final ajang bulutangkis.

Baca Juga

Salah satu yang paling dikenang ialah persaingan antara Bang Soo-hyun vs Susy Susanti di Olimpiade Barcelona 1992 silam.

Saat itu Soo-hyun memaksa Susy bahkan harus bermain hingga babak rubber game untuk memastikan medali emas bagi Indonesia.

Namun di laga krusial tersebut, lagi-lagi Susy Susanti berhasil memenangkan pertandingan lewat rubber game dengan skor 11-5, 5-11, 3-11.

Momen kekalahan Soo-hyun juga sempat terjadi saat di Piala Sudirman 1991, yang mana kala itu Soo-hyun harus mengakui keunggulan Susy Susanti dengan rubber game 11-2, 6-11, dan 6-11.

Baca Juga

Meskipun kalah, namun Soo-hyun bersama tim Korea Selatan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-2. Ia juga membantu timnya meraih kemenangan di Piala Sudirman pada 1991 dan 1993.

Kekalahan lainnya yang dialami oleh Bang Soo-hyun dari Susy Susanti ialah saat ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 1993.

Lalu di ajang World Tour ia juga hanya mampu meraih runner-up di kompetisi Thailand Open 1992, All England 1993, Indonesia Open 1994 dan lainnya.

Namun ia juga beberapa kali mampu mengalahkan Susy Susanti yakni pada ajang Hong Kong Open 1992, dan Korea Open 1993.

Baca Juga

Pasca berhasil mencatatkan prestasi gemilang, Bang Soo Hyun memutuskan gantung raket dari dunia bulutangkis usai meraih medali emas di Olimpiade Atalanta 1996.

Saat itu, Bang Soo-hyun mengalahkan wakil Indonesia, yakni Mia Audina di partai final dengan skor 11-6, 11-7 untuk memastikan medali emas bagi Korea Selatan.

Susy SusantiBulutangkisBang Soo-hyunIndepth

Berita Terkini